Mengganti Brake Pad (Kampas Rem) depan Nmax Non ABS

5:09:00 PM

Bunyi gesekan yang cukup keras mulai terdengar pada bagian depan motor  pada saat melakukan pengereman di motor Nmax. Saya berpikir itu hanya batu yang terselip di kampas rem depan dan akan hilang dengan sendirinya. Akan tetapi bunyi ini malah makin sering intensitasnya dan mulai bertambah keras. Saya mulai berpikir ini bukan karena batu terselip, akan tetapi disebabkan oleh brake pad (kampas rem) depan motor saya yang sudah habis. Akibatnya yang bergesek sekarang adalah antara besi dari piringan rem (brake disc) dengan kampas rem (brake pad).

Dengan berbekal pengalaman mengganti sendiri kampas rem si Chelsea (motor saya terdahulu). Saya membeli kampas rem buat motor kami sekarang ini (Nmax Non ABS). Di sebuah toko spare part motor langganan saya di daerah Malaka, Jakarta Timur.  Disana untuk kampas rem original Spare Part YAMAHA harga 52rb rupiah dan 17rb untuk yang non original.  Saya memilih kampas rem yang original.

Sebagai bahan perbandingan untuk mengganti di bengkel resmi Yamaha, harga komponen dari kampas rem adalah 75rb dan belum termasuk ongkos pasang.  Biasanya kalau saya membeli komponen di bengkel resmi YAMAHA (Flag Ship Cempaka Putih) pasti diberikan harga HET (Harga Eceran Tertinggi) tidak pernah didiskon.  Berhubung untuk menghemat (hehe) dan juga sekalian menambah ilmu maka saya memutuskan untuk melakukan penggantian kampas rem ini sendiri.
Untuk proses penggantian kampas re mini dibutuhkan peralatan sebagai berikut:
  • Kunci T-50 (alias kunci berbentuk bintang) beserta handlenya
T-50
  • Long nose plier alias tang lancip alias berhidung
Long Nose Plier
  • Kain untuk membersihkan kotoran caliper


Sedangkan untuk proses penggantiannya kampas rem depan Yamaha Nmax adalah:

Gambar komponen rem (Sumber Yamaha Spare Part)
  • Lepaskan dua buah baut (no. 15) pada gambar diatas. Dan kemudian tarik kebelakang caliper assy (3) ke arah belakang motor sehingga caliper assy (3) lepas dari brake disc (10).
Lepas dua baut ini
  • Lepaskan dua buah pin ( 10) dengan menggunakan obeng atau  tang lancip kemudian pin (12) dengan cara menarik keluar.
  • Kemudian kampas rem (brake pad) (9) bisa dilepaskan
  • Setelah kampas rem lama dilepaskan bersihkan semua kotoran yang ada di caliper assy (3) termasuk yang berada di belakang pad support (11). Biasanya dibelakang itu bersemayam banyak kotoran.
Posisi Pad Support
  • Sebelum pemasangan kampas tekan kebelakang piston caliper assy (4) sehingga bisa menyelipkan diantara cakram rem nantinya .
Piston Caliper
  • Pasang kampas rem satu persatu, dimulai dengan yang berlubang satu dan kemudian dilanjutkan dengan yang berbang dua pada caliper assy (1).
Pad satu lubang

Pad dua lubang
  • Kemudian pasangkan pin (12), jangan lupa pin ini harus melewati kedua lobang dari kampas rem dan kemudian pasang kembali clip (10).
Pasang Pin

Pasang kembali clip
Setelah terpasang kemudian pasangkan kembali caliper assy (1) yang sudah diganti kampas remnya dan kemudian pasang kembali baut (15) dan pekerjaanpun selesai.

Pada saat pelepasan pertama kali bagi yang belum biasa membongkar dan memasang kampas rem, tolong perhatikan dengan saksama posisi dari komponen. Soalnya kadang lupa dimana posisi awal komponen tersebut. Semoga berhasil dengan penggantian kampas remnya.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images