Membuat Sumur Bor baru

1:25:00 PM

Akhirnya yang kami takutkan itu datang. Pompa air dirumah kami tidak lagi mengeluarkan air lagi, kalaupun keluar debit airnya sangat kecil sekali. Sebenarnya sudah lama kami ingin membuat sumur bor yang baru, tapi keinginan itu selalu batal entah karena musim hujan datang sehingga jumlah air yang didikirimkan oleh pompa air kami yang lama normal kembali atau karena kondisi keuangan kami yang lagi cekak hehehe.

Hampir selama seminggu pompa air dirumah hidup lebih dari 3 jam sekali hidup dipagi hari dan jumlah air yang dikumpulkan hanya sebanyak 2 ember, sehingga kami harus sangat sangat berhemat dalam menggunakan air. Bahkan yang membantu kami dalam mencuci pakaian harus membawa pakaian kotor kami kerumahnya dan dicuci disana dan kadang anak-anak kami harus menumpang mandi dirumah si mbak.

Akhirnya kami berdua membulatkan tekad untuk membuat sumur bor yang baru dirumah kami. Sebenarnya saya ingin kalau pengeboran dilakukan ditempat yang sama dengan lokasi pompa air kami sekarang. Akan tetapi sepertinya luas tempatnya kurang memungkinkan dilakukan disana, maka diputuskan kalau lokasi pengeboran dilakukan didepan rumah seperti tetangga yang lain. Kalau tetangga yang lain kadang melakukan pengeboran di lapangan didepan rumahnya. Berhubung didepan rumah kami adalah rumah tetangga yang lain maka pengeboran terpaksa dilakukan di dalam halaman rumah kami.

Pada pertengahan bulan November 2014, kami mulai mencari-cari tukang bor yang akan kami gunakan nantinya untuk melakukan pengeboran sumur yang baru. Disekitar rumah kami terdapat beberapa tukang bor sumur. Kami ingin bertanya sebanyak mungkin mengenai informasi yang mungkin kami dapatkan mengenai membuat sumur bur ini. Saya pun juga mencari tukang sumur bor ini di Internet. Siapa tahu kalau sekarang tukang sumur bor juga melek internet (semua orang pasti ingin maju). Total ada 4 tukang sumur bor yang kami seleksi (mungkin bisa lebih banyak kalau nyarinya lebih santai). Dua tukang yang berada di dekat rumah saya dan dua lainnya yang saya dapatkan dari internet tapi masih disekitaran Bekasi (yang kata orang di planet lain). Kalau untuk urusan “jubir” saya menyerahkan urusan tersebut kepada bunda yang selalu setia menjadi ujung tombak dalam menghadapi orang lain hehehe. Pada saat menanyakan kepada Tukang A (saya sengaja menyimpan informasi detail tukang bor air untuk menjaga nama baik dari tukang) yang lokasi tokonya berada didekat rumah saya kalau disekitar rumah saya itu kalau ingin mendapatkan air bersih penggalian harus dulakukan sedalam 60 meter (60 m). Ok, sejak itu kami putuskan kalau nantinya kami akan melakukan pengeboran sedalam 60 mter. Ada dua alasan kami melakukan pengeboran sedalam itu, satu karena biar mendapatkan air bersih dan supaya nantinya pada musim kemarau masih mendapatkan air bersih.


Dari proses Tanya jawab kami dengan semua para tukang sumur (marketing) tukang gali itu didapatlah perbandingan informasi sebagai berikut:
 
Perbandingan tukang sumur bor air di Bekasi
Untuk Tukang A dan C adalah para tukang yang mempunyai toko disekitaran rumah kami, sedangkan untuk Tukang B dan D adalah tukang yang saya cari  dan dapatkan melalui internet. Akhirnya setelah berdiskusi dengan bunda akhirnya kami memutuskan kalau kami akan menggunakan jasa tukang bor D yang harganya lebih murah dan lama pengerjaan lebih cepat dan yang paling penting adalah kedalam pengeboran yang akan dimasukkan casing 4” (inch). Casing 4 inch dimana nantinya diletakkan mata jet. Semakin dalam semakin bagus karena pada musim kering nantinya mata jet pump akan terus terendam air karena ketinggian air akan turun. Kalau hanya 3 buah casing 4 inchi yang digunakan dan pada saat musim kemarau air tanah ketinggiannya turun dan mata jet tidak digenang oleh air maka dipastikan kalau pompa tidak bisa menghisap air. Tentu saja kalau meletakkan mata jet sedalam 40 meter diperlukan juga pompa yang prima yang daya hisapnya juga bisa menghisap air dari kedalaman yang jauh.

Untuk pompa sendiri saya membeli sendiri pompanya di Gloodok dengan harapan mendapatkan harga murah. Pilihannya jatuh ke merk “WASSER” yang tipe PC 380 EA. Untuk ceritanya akan saya ceritakan lebih lanjut di sini (Membeli pompa air baru).

Pada tanggal 21 November 2014, kami menelpon tukang sumur bor yang akan kami gunakan jasanya nanti untuk melakukan survey lokasi (maksud hati kami). Kami ingin bertanya apakah kami bisa ketempat dia dan ingin bertanya beberapa hal terlebih dahulu sebelum kami memakai jasa dia. Akan tetapi dia sedang berada diluar dan tidak bisa ditemui. Kami berdua akhirnya memutuskan tetap memakai jasa tukang bor ini walaupun belum mengetahui dan bertemu sama sekali. Kami meminta tukang bor ini datang kerumah untuk melakukan survey lokasi pengeboran dan membicarakan kapada dilakukan pengeboran tersebut. Tukang bor bisa datang siang hari, sedangkan kami sedang keluar kota  company trip yang diadakan oleh perusahaan bunda (ceritanya disini). Jadi saya akan infokan kapan bisa mereka datang kerumah kami untuk melakukan survey.

Sesampainya kami dirumah setelah pulang dari company tripnya kantor bunda, saya langsung sms Pak reza untuk meninformasikan bahwa kami telah dirumah dan bisa dilakukan survey. Dia akan datang kerumah diatas jam 8 malam ternyata. Ya udah kami tunggu saja. Kamipun tertidur karena kecapaian pulang dari Hambalang Bogor.

Sekitar Jam 8.30 malam pak reza menelpon saya kalau dia sudah berada didekat rumah saya. Tidak beberapa lama kemudian diapun sampai dirumah kami dengan kedua teman (atau siapun itu). Saya mempersilahkan mereka masuk dan ternyata mereka semua ahli hisap semua (alias merokok hahaha). Lumayan ada teman hehehe.

Dalam percakapan ini kami akhirnya hanya menggunakan jasa pengeboran saja. Untuk pembelian material akan dilakukan oleh kami sendiri, nanti pada saat dilakukan pemasangan pipa tukang akan menuliskan apa saja kebututuhan yang mereka butuhkan. Hari pengeboran pun telah kami tetapkan yaitu pada hari 26 dan 27 November 2014. Waduhhhhhh itu hari kerja yah. Terpaksa ambil cuti lagi. Pak Reza (selaku marketing) akan kembali menelpon saya sehari sebelum pengeboran dilakukan untuk memastikan kalau pengeboran bisa dilakukan.

Ada satu masalah besar lagi yang mengganjal untuk melaksanakan pengeboran tersebut, yaitu harus tersedianya air dalam jumlah yang banyak. Saya bertanya berapa banyak air yang dibutuhkan untuk melakukan pengeboran. Pihak pengebor mengatakan untuk melakukan pengeboran saya minimal dibutuhkan 3 gentong air (drum limbah yang berwarna biru). Sedangkan untuk mengurasnya akan membutuhkan air yang lebih banyak. Woalahahhhhhhh. Saya ini melakukan pengeboran karena kesulitan air kok minta air banyak….. weleh-weleh. Ampun bener dah. Ini menambah beban lagi. Pak Reza memberikan masukan kalau mereka bisa mencari air ke kali yang terdekat untuk pengeboran, karena pengeboran bisa menggunakan air kotor. Sedangkan untuk pengurasan harus menggunakan air bersih. Saya berpikir untuk membeli air keliling dengan gerobak, tapi berapa banyak uang yang mesti saya sediakan. Awalnya kami tidak ingin memberatkan tetangga untuk meminta air kepada mereka. Akhirnya kami meminta datang kerumah tetangga kami Pak Dayat. Kami sekeluarga termasuk Azra dan Nabil datang ke sana untuk meminta ijin meminta air. Dengan tangan terbuka mereka bersedia memberikan airnya kepada kami. Alhamdulillah, satu masalah selesai. Kami tidak mungkin meminta bantuan ketetangga sebelah kami yang lain karena satu dan lain hal hehehehe……

Tepat pada hari H pengeboran sumur bor yaitu tanggal 26 November 2014, saya tetap mendapatkan tugas wajib untuk mengantarkan bunda kerja ke kantor (walaupun cuti huhuhuhu). Saya menunggu para pekerja dahulu sebelum berangkat mengantarkan Bunda. Sebelumnya jam 6.30 saya juga harus mengantar Azra ke sekolah dan meminta untuk dijemput dari sekolah mumpung ayahnya cuti (waduhhhh). Pada jam 7.30 pagi para pekerja yang akan membuat sumur datang kerumah kami dengan terlebih dahulu bertanya ke warga sekitar rumah saya.

Saya menunjukkan kepada salah seorang dari 5 orang yang akan bekerja dirumah untuk mengebor sumur. Awalnya saya kaget juga banyak banget nih orang kerjanya, mana kemaren belum ditanya makan siang siapa yang nyediain Selesai saya menunjukkan tempatnya saya langsung tinggalkan karena harus mengantarkan bunda kekantor (sudah telat banget soalnya). Sebelum saya pergi saya mengeluarkan mobil dahulu dari garasi supaya para pekerja lebih lega bekerja dirumah kami, secara rumah kami tidak terlalu besar.

Saya memacu motor dengan cepat dengan harapan saya bisa melihat bagaimana proses pengeboran itu sendiri. Sekitar jam 10an saya sampai kembali ke rumah (kemana aja euyyy). Saya harus mengurus keperluan ini itu dan lain-lainya (sok sibuk)…….

Beberapa ratus meter mendekati rumah saya masih tenang soalnya saya tidak mendengar kebisingan akibat pengeboran. Akan tetapi tidak jauh dari rumah saya saya mendengan suara mesin generator dihidupkan dan saya terkejut ternyata ada banyak mesin yang mereka bawa kerumah total ada 4 mesin yang mereka bawa.

Adapun peralatannya yang digunakan adalah:
1.        Mesin Generator Utama
Berfungsi untuk mensuplai pasokan listrik ke mesin Bor sumur.
Generator
2.     Mesin pompa 1
Berfungsi untuk mengirimkan air kebawah/ ke mata bor dan menghisap air dalam penampungan.

Pompa Air
3.       Mesin Bor dan  penyangga.
Berfungsi untuk melakukan pengeboran. Mesin bor ini digerakkan oleh sebuah motor besar yang listriknya disuplai oleh generator. Motor ini bisa berputar berlawan arah tergantung keinginan dari operator yang bisa memindahkan switch. Dengan menggunakan belt motor tadi dihubungkan dengan shaft yang berhubungan dengan reduction gear. Kemudian disambung dengan pipa pengeboran.
Mesin Bor
4.       Mesin Pompa 2
Mesin ini tadinya berfungsi untuk mencari air kalau persediaan air dirumah saya tidak mencukupi. Tadinya saya heran kenapa air comberan dirumah kering ternyata dihisap oleh pompa ini untuk proses pengeboran. Terakhir digunakan juga untuk menguras air kotor di dalam sumur bor dengan cara menginjeksikan air bersih kedalam lobang.

5.       Pipa Pengeboran
Berfungsi untuk memperpanjang mata bor masuk kedalam tanah. Panjangnya tergantung dari sipembuat. Pada tukang bor kami panjang pipa yang digunakan adalah  1,6 meter.
Pipa bor
 6.       Drum/ Gentong air
Berfungsi unutk menampung air bersih dan air lumpur yang keluar akibat pengeboran. Untuk air bersih digunakan 3 gentong sedangkan air kotor/ lumpur digunakan 1 buah gentong.
Penampungan Air

7.       Saringan
Berfungsi untuk menyarik tanah dan bebatuan akibat pengeboran.


8.       Peralatan Pendukung lainnya
Seperti ember, rokok, kunci pipa, dll.

Adapun proses pengeboran terbagi atas 2 tahapan besar.

  •              Pengeboran dengan menggunakan mata bor besar.

Pengeboran ini direncakanan sampai kedalam 40 meter untuk memasukkan 10 buah pipa diameter 4 inch.  Sampai kedalam inilah mata jet bisa direndam.

  •           Pengeboran dengan menggunakan mata bor kecil

Pengeboran ini merupakan kelanjutan dari pengeboran sebelumnya. Pengeboran dilakukan sampai kedalaman 60 meter sehingga bisa memasukkan casing 2 inch sebanyak 5 buah. Pada pengeboran tahap ini mata bor diganti dengan mata bor yang lebih kecil.

1.       Pengeboran dengan menggunakan mata bor besar.
Sebelum melakukan pengeboran mereka akan membuat lubang dengan ukuran sekitar 60cm x 60 cm x 30 cm didekat titik pengeboran dan kemudian membuat saluran air dari titik pengeboran ke lubang tersebut. Guna dari lubang tadi adalah untuk menampung air yang keluar dari titik pengeboran akibat disuntik oleh pompa air . Biasanya air yang keluar membawa material pasir, lumpur atau kadang kerikil. Pompa air yang menyuntikkan air ke mata bor juga mngeambil air di bak penampungan ini. Kadang kalau airnya sudah kotor dan banyak mengandung lumpur maka akan diganti dengan yang baru.

Mesin bor yang langsung digerakkan oleh mesin kecil

Saya melihat mesin yang mereka gunakan ini berbeda dengan mesin tukang bor yang pernah saya lihat. Saya pernah melihat pengeboran didekat rumah saya kalau mereka tidak menggunakan generator tapi langsung menggunakan mesin pompa yang ditempel diatas mesin bor. Operator mesin bor jenis itu tenaganya kecil dan kalau menghantam batu akan susah sekali berbeda dengan yang mereka gunakan. Biasanya kalau mesin bor jenis itu mereka akan mengebor kecil dahulu sampai 60 meter dan kemudian dilanjutkan untuk menggunakan mata bor yang besar.
Proses pengeboran berlangsung

Dalam bekerja sepertinya mereka sudah ada pembagian tugas. Ada yang bertugas memantau mesin dan kondisi pengeboran. Ada yang bertugas mengangkat kotoran atau pasir atau tanah yang mengendap dengan menggunakan saringan. Ada yang bertugas menambah air kedalam bak penampungan. Dan bertugas membuang tanah atau pasir kedalam karung plastik. Oh… iya saya lupa kalau jangan lupa mempersiapkan karung plastik yang banyak jika lokasi pengeboran tidak terdapat tempat untuk membuang pasr atau tanah yang keluar akibat pengeboran.

Pada jam 11an operator meminta saya membeli barang-barang yang mereka butuhkan pas pemasangan casing 4” , karena sebelum menggebor dengan diameter 2 inch mereka ingin memasang pipa casing terlebih dahulu supaya pasirnya tidak jatuh. Adapun daftar barang yang saya beli adalah sebagai berikut:


Bon Belanja Pipa dkk 1

Bon Belanja Pipa dkk 2
Bon Belanja Pipa dkk 3


Sekitar jam 1 siang saya pergi ke toko material didepan komplek rumah saya untuk berbelanja. Sabernarnya ada satu toko lagi yang diinformasikan paling murah se-Jabodetabek (kata Pak Reza) menjual pipa-pipa ini tapi sayangnya mereka tidak mau mengirimkan ke area rumah saya padahal jaraknya tidak terlalu jauh. Kalau si engkohnya minta tambahan transport saya kasih tapi malah belagu gitu.. ya udah deh saya beli didepan komplek saja.

Tidak lama berselang saya kembali kerumah, total belanja saya hari ini saya 3,7 lebih juta hanya untuk membeli pipa dan kawan-kawan (diluar pompa yah). Untuk Pipa sendiri saya pilih “WAVIN AW” yang dibawah “RUCIKA” dan untuk sambungan pipa saya pilih merk “RUCIKA”. Untuk Katup keluar saya memilih ukuran ¾ inch lebih besar dari yang disarankan dan saya membeli yang berbahan tembaga yang harganya lebih mahal (huhuhuhu…….) dengan harapan lebih tahan lama. Sedangkan katup bawah yang berfungsi menahan air supaya tidak jatuh hanya ada merk “ONDA” padahal operator menyarankan merk “YORK”. Katanya bahannya lebih bagus.

Beberapa menit berselang pengantar material pun datang mengantarkan pipa dan kawan-kawanya. Terjadi salah pengiriman untuk pipa hisap yang seharusnya berukuran 1 ¼ Inch tetapi yang dikirim ukurannya 1 ½ Inch. Terpaksa mereka bawa kembali untuk menukar dengan pipa yang benar.

Awan tebal bergelayut di langit Bekasi dan tidak beberapa lama hujan turun dengan derasnya. Pekerjaan tetap dilanjutkan dengan menutup mesin dengan terpal. Akan tetapi pengeboran dipaksa berhenti total  karena petir bersahut-sahutan diatas langit Bekasi. Dengan sigap operator mematika mesin generator dan kemudian berhenti bekerja. Saya bertanya “Pak kenapa mereka berhenti bekerja?”. Si bapak menjawab “Takut tersengat listrik pak. Soalnya pernah saat ada petir. Ada aliran listrik yang seperti sinar menjalar di kabel”. Ngeri juga nih pekerjaan.

Selang 30 menit kemudian pekerjaan dilanjutkan dengan pengeboran sembari operator memperhatikan lapisan tanah yang keluar dari pengeboran. Air bersih terus disuplai dari rumah Pak Dayat (terima kasih banyak Pak Dayat). Sepertinya untuk pengeboran ini lebih dari 12 Gentong air berukuran besar itu dibutuhkan.

Kondisi depan rumah kami saat itu sangat sangat berantakan, kotor dan berisik. Untung saja tetangga sebelah kanan tidak protes, biasanya sih dia rajin protes mulu. Ini itulah, sudah terkenal sih.
Sampai suatu waktu kepala proyek pengeboran (hehehe) menginstruksikan kalau sudah mencapai kedalaman yang diinginkan. Dia meminta rekannya untuk mempersiapkan pipa paralon yang ukuran 4 inchi untuk dimasukkan kedalam bekas pengeboran. Tapi terlebih dahulu mereka mengangkat pipa besi yang digunakan untuk mengebor, karena jumlah pipa banyak maka untuk beberapa pipa pertama masih menggunakan Crane. Sedangkan sisanya karena sudah lumayan ringan menggunakan beberapa kunci pipa untuk menggangkat .

Pengangkatan Pipa Bor
Pemasangan Pipa Paralon 4 Inchi

Setelah selesai mengangkat pipa besi dan mata bor. Pipa paralon 4 inchi langsung dimasukkan dan tidak lupa diberikan lem paralon. Berhubung paralon 4 inchi lumayan berat dibutuhkan lebih dari 2 orang untuk mengangkat dan memasang pipa tersebut.

2.       Pengeboran dengan menggunakan mata bor kecil
Waktu hampir menunjukkan jam 4 sore ketika para pekerja selesai memasukkan pipa paralon yang 4 inchi kedalam lubang pengeboran. Pekerjaan diteruskan dengan penggantian mata bor dengan yang lebih kecil dan kemudian memasukkan mata bor tersebut kedalam lubang dan juga memasukkan pipa besi sampai pipa besi bisa disambungkan kembali dengan mesin. Sampai kondisi itu kemudian para pekerja berhenti bekerja dan kemudian mempersiapkan diri untuk pulang. Semua peralatan mereka tinggal dirumah kami dan disusun dengan rapi didepan rumah saya. Tidak lupa mereka membersihkan lantai rumah saya yang kotor walaupun alakadarnya. Yah paling tidak ada niat lah mereka. Generator, pompa air, mesin bor, pipa besi bor dan semua peralatan lainnya mereka ditinggal. Setelah itu mereka membersihkan diri mereka dan mengganti baju dan kemudian pamit pulang.

Malamnya badan kok jadi pegel-pegel banget ya. Padahal yang mengebor kan mereka kenapa saya yang kecapaian? Hahaha.. baru ingat kalau dari pagi saya memperhatikan mereka bekerja dengan berdiri. Tidak berapa lama ngobrol dengan bunda saya langsung tidak sadarkan diri.
Keesokan  harinya saya agak pagian mengantarkan bunda ke kantor dengan harapan bisa melihat mereka bekerja. Jam 9.30 pagi saya sudah berada kembali dirumah dan para pekerja pengeboran sudah berada dirumah dan melanjutkan pekerjaan mereka.

Pekerjaan hari ini adalah melanjutkan pengeboran yang menggunakan mata bor yang lebih kecil. Pada beberapa batang pertama mereka sepertinya menemukan tanah yang keras, soalnya masuknya pipa pengeboran kadang lambat sekali kadang diulang naik turun. Sampai suatu waktu air yang keluar dari dalam tanah itu seperti susu. Pipa pengeboran bisa masuk dengan mudahnya.
Pada hari ini ada tambahan 2 orang pekerja yang datang ke rumah, saya pikir mereka hanya melihat saja tapi ternyata mereka ini adalah yang kana merakit pipa yang tersisa dan juga merakit pompa air yang telah saya beli di Glodok beberapa waktu yang lalu.  

Pipa pengeboran  terus ditambah sampai semua pipa besi yang berada diluar habis dimasukkan kedalam tanah. Sampai itu pula para pekerja berhenti bekerja dan mulai mengangkat pipa besi untuk keluar dari dalam tanah. Cara pengerjaan sama seperti dengan kemarin. Pertama di angkat menggunakan crane karena jumlah pipa besinya lebih dari 30 buah.

Mereka bergantian menarik crane untuk mengangkat pipa besi dibutuhkan 5 orang dan 1 orang menahan pipa besi agar tidak jatuh dengan menggunakan kunci pipa.
Pengangkatan pipa lagi

Pemasangan pipa tekan dan pipa hisap
Pekerjaan kemudian dilanjutkan dengan menguras air kotor yang berada didalam pipa paralon. Penguran dilakukan dengan menyuntikkan air bersih yang telah dipersiapkan sebelumnya pada 4 buah gentong yang telah diisi air dari rumah Pak Dayat. Penyuntikkan dilakukan dengan menggunakan pompa yang kecil kemudian air yang keluar dari dalam lobang ditambung di bak yang telah dibuat sebelumnya. Air dalam bak ini kemudian dikirim lagi ke selokan depan rumah saya dengan menggunakan pompa yang lain. Jadi ada 2 pompa yang hidup secara bersamaan. Setelah air yang keluar dari dalam tanah itu agak benik kemudian penyuntikan dihentikan.

Kemudian pekerjaan dilanjutkan dengan pemasangan atau memasukkan pipa 2 inchi kedalam lobang pengeboran. Setelah pipa 2 inchi dimasukkan kedalam lubang, kemudian pipa kecil. Kemudian mata jet dipasang kemudian dipasang juga pipa 1 ¼ inchi untuk pipa hisap dan pipa 1 inchi unutk pipa tekan (CMIIW). Setelah itu pipa dipasngkan ke pompa air yang telah saya beli dan dirakit sebelumnya. Untuk pemasangan pipa hisap dan pipa tekan dihubungkan dengan sambungan ulir bukan dilem seperti pada casing 4 inchi dan 2 inchi.

Sekitar jam 4an semua pekerjaan telah selesai dan para pekerja pun mulai bersiap-siap pulang. Semua peralatan siangkut keatas mobil bak terbuka yang mereka bawa. Saya ditelpon oleh pak reza agar memberika uang jasa pengeboran  kepada pak winata. Sayapun mengajak pak winata kedalam rumah untuk memberikan uang jasa pengeboran tersebut. Setelah Pak Winata selesai menghitung kemudian dia dan pekerja pamit pulang.
Air yang keluar pertama kali
Saya terus menguras atau mengeluarkan air dari dalam tanah dengan menggunakan pompa saya. Cukup lama saya membuka keran sampai air dirumah agak bening. Kata para pnegebor sekiatr dua hari kalau dikuras terus air akan bersih. Saya menguras paling hanya 1 jam paling lama kemudian saya hentikan dan malam saya lanjutkan lagi. Akan tetapi keesokan harinya air didalam pompa habis jadi pompa tidak mengeluarkan air. Saya mencoba untuk memancing dan saya masih beripikiran positif kalau tidak ada masalah. Keesokan harinya saya juga tetap harus memancing air sebelum dikuras. Pada tanggal 30 November 2014, saya kemudian menelpon Pak reza unutk menceritakan kronologisnya. Dia menjanjikan kalau senin akan diperbaiki dan saya diminta untuk membeli Katup atau yang lebih dikenal tessen klep merk “YORK” Karena dicurigai komponen itu yang bocor.

Senin terpaksa lagi saya mengambil cuti dadakan dikantor karena harus menunggu para tukang yang akan membenarkan saluran pipa. Paginya saya mesti berkeliling Jatiasih untuk mencari komponen tersebut. Karena di toko material komponen tersebut dijual yang berbeda merk sedangkan yang merk “YORK” hanya dijual di toko tukang bor sumur. Tidak lupa pula saya membeli tambahan seal tape untuk mengganti atau menambah tape pada sambungan pipa.

Tidak beberapa lama saya sampai dirumah para tukang pun sampai dan langsung bekerja. Mereka dating 3 orang. Mereka mengangkat semua pipa dari dalam sumur dan juga mengganti tessen klen dengan yang telah saya beli tadi, juga mereka menambahkan pemasangan seal tape pada tiap sambungan. Setelah semua dipasang kebocoran tidak lagi terjadi. Alhamdulillah.

Adapun total pengeluaran saya dalam melakukan pengeboran ini adalah sebagai berikut:

  •  Biaya Jasa penegboran                  Rp. 6.000.000,-
  •  Beli Matrial Pipa                            Rp. 3.900.000,-
  •  Beli Pompa Jet Pump                     Rp. 1.560.000,-
  • Tips pengantar pipa                       
  • Beli Snack untuk 2 hari                   Rp. 100.000,-
  • Beli Tessen klep merk “YORK”     Rp. 100.000,-
  • Tips perbaikan pipa                        Rp. 50.000,-
Total Pengeluaran                        Rp. 11.710.000,-

Dari cerita saya diatas saya ingin memberikan masukan kepada para pembaca semua (mudah-mudah berguna):
  •  Kalau ingin melakukan pengeboran sumur bor carilah yang terdekat dahulu untuk bertanya-tanya sampai kedalaman berapa meter air bersih didapat. Kalau informasi telah kita dapatkan pengeboran bisa dilakukan oleh pengebor yang lain hehehe. Buat perbandingan satu tukang dengan yang lain.
  • Usahakan kalau menggunakan jet pump pemasangan casing 4  inchi semakin banyak semakin bagus, karena nanti kalau kita ingin mengganti dengan pompa yang lebih kuta tidak masalah. Karena mata jet harus tetap terendam air, nah kalau casing 4 incinya Cuma sedikit dan pada musim kemarau mata jet tidak terendam air dipastikan air akan tidak keluar.
  • Buat perjanjian dengan  tukang bor nantinya sampai mendapatkan air bersih.
  • Kalau untuk keperluan sendiri gunakanlah pipa yang kualitasnya bagus seperti Rucika atau Wavin AW jangan yang biasa saja. Juga perhunakan katup Tessen klep yang merk “YORK”.
  • Kalau bisa perhatikan mereka sedang bekerja karena biar kita tidak ditipu (kalau mau sih).
  • Sediakan Karung plastik kalau tiada ada tempat pembuangan tanah hasil pengeboran disekitar rumah.
  • Pastikan kalau total pengeboran sesuai dengan perjanjian.
  • Survey beberapa toko material untuk mendapatkan ahrga material yang murah.
  • dll

You Might Also Like

193 komentar

  1. terima kasih pa, infonya sangat panjang lebar dan membantu sekali, saya juga baru saja mengebor di depan rumah, cuma sekarng iarnya agak kecil dan bealum bersih jernih, saya masih menunggu janji tukang bor yg akan datang lagi untuk memperbaiki keadaan,s esuai dengan keinginan saya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau baru saja ngebor air ternyata airnya kecil itu perlu di komplen tuh pak. Jadi peranjian awal anatara kita dengan penyedia jasa perlu dipegang dan ditepati. Saya kemaren masalah juga dengan perpipaannya. Saya menelpon si tukang bor dan besoknya mereka datang untuk memperbaiki dan hasil air bagus. Kalau air sekarang sudah jernih tapi kadang masih bawa endapan gitu. Mudah-mudahan sebenatr lagi endapanya hilang.
      Semoga air dirumah bapak lancar dan bersih sesuai dengan harapan bapak.

      Delete
  2. Halo Ayah Azra,

    Apakah bisa info no. tlponnya Pak Reza ?

    Terima kasih,
    Salam,
    Adit

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Silahkan om cuba telp di 0852181xxxxx... Yang penting tekankan sesuai dengan perjanjian.

      Delete
  3. Informasinya sangat detil dan lengkap, bisa dibantu no.telpon masing masing pihak pengeboran, Dan tukang bor yg dipilih. Nabil.hilabi@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan om cuba telp di 0852181xxxxx... Yang penting tekankan sesuai dengan perjanjian.

      Delete
  4. Informasinya sangat detil dan lengkap, bisa dibantu no.telpon masing masing pihak pengeboran, Dan tukang bor yg dipilih. Nabil.hilabi@yahoo.com

    ReplyDelete
  5. pak, boleh nanya untuk pipa 2', pipa 11/4', pipa 1' dan pipa 1/2' yang ada di kuitansi buat apa aja ya?
    dan bagaimana instalasi pipa2 tersebut. Penjelasan lainnya sudah jelas, maklum sedang bikin RAB..hehehe...
    salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pipa 2" buat sambungan pipa yang 4". karena pipa 4 inch masuk cuma 10 batang dan disambung pipa 2 incgi 5 batang ke bawah. jadi ini sebagai casing aja buat pipa peyedot. Kalau pipa 1 " dan 1 1/4" buat pipa hisap dan pipa tekan pompa air. sedangkan pipa 1/2 " buat instalasi ke rumah

      Delete
    2. pak pipa 2" tadi berarti di cemplungkan saja tanpa menyambung ke pipa 4". karena pipa 4" berada di kedalaman 40 meter sudah dipasangkan dulu dan baru dilakukan pemboran 2" sedalam 20 meter atau setara 5 btg pipa pvc 2" (4 btg+ 1btg diambil dari nota bapak di atas).
      Pak kalo baleh tau ini maksudnya apa "Setelah pipa 2 inchi dimasukkan kedalam lubang, kemudian pipa kecil",.
      pipa kecil itu pipa yang mana? dan mata jet di pasang pada ketinggian berapa?.
      Oh iya pak, pada saat sebelum memasukan pipa casing 4" itu, pipa casing 4" nya disayat dengan gergaji??
      Terima kasih atas penjelasan diatas.

      Delete
  6. masih keruh. Dan di hari ke 2, baru bisa mendapatkan air jernih, setelah jetpump nyala selama 2 jam-an. Tp setelah saya rest 1 jam lalu start lg, ternyata ait kembali keruh lg. Apa memang masih demikian?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang gitu kok pak normal itu. Ditempat saya dulu malah lebih dari seminggu. Sampai semua tanah atau kotoran yang dibawah terangkat semua. Kadang setelah beberapa lama dipakai air bersih kemudian dimatikan, seteah dihidupkan kembali air kembali keruh. Bersabar aja dulu pak. Biasanya air sudah bisa digunakan walau belum jernih.

      Delete
    2. Ooh begitu pak. Info sangat membantu sekali pak. Thanks ya

      Delete
    3. Iyapak yang penting rajin aja airny dikuras (dihidupkan) nanti dengan sendirinya air menjadi bersih, akrena kotoran yang dibawah yang terjadi akibat pengeboran akan terangkat. Sampai naninya hanyaair bersih yang keluar.

      Delete
  7. Selamat pagi pak azra. Terimakasih artikel bapak sangat membantu saya mengetahui informasi tentang sumur pompa jetpump. Saya ingin bertanya pak. Saya telah menggunakan pompa jetpump dan sumurnya yang telah berusia sekitar 15 tahun. Selama 15 tahun itu tidak pernah ada kendala. Air selalu keluar dengan lancar. Namum dalam seminggu terakhir ini airnya tidak keluar. Dipancing pun airnya ga keluar bahkan ketika dipancing airnya tidak bisa penuh walaupun sudah di pancing sama beberapa ember air. Apakah itu gejala karena air tanah kami habis karna musim kemarau atau karena tessen klepnya yang bocor seperti yang bapak alami pertama kali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bapak lebih baik periksa dulu tetangga sebelah apakah mengalami hal yang sama dan kedalam pengeboran yang sama yah. kalau iya mungkin sedang kering. Tapi kalau tetangga tidak ada masalah maka yang masalah di pompa atau di perpipaan. Jadi konsultasi dengan tukang sumur pak. Soalnya air tidak keluar ada banyak penyebab. Seomoga bisa membantu.

      Delete
    2. ternyata tessen klepnya yang bocor setelah di cek oleh tukang sumur bor. terimakasih pak :D

      Delete
    3. Saya juga kadang ada aja masalahnya.... sebaiknya tessen pakai yang bagus sekalian. soalnya kalau sumur dalam ini ngangkat pipanya susah banget....

      Delete
  8. Air ditempat saya masih kotor sudah berhari2 sy nyalakan jet pumpnya. Apakah ada kmngkinan pipa yg ditanamkan kurang dalam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berapa meter ya pak. dari yang saya baca kadang kalau posisinya kurang dalam air yang disedot masih kotor.

      Delete
    2. air kotor / keruh, untuk jetpump, betul kurang dalam; dan juga karena air jetpump adalah air resapan, dan teknik waktu pemasangan pipa juga pengaruh; bila lebih dalam tapi penempatan pipa casing tidak sesuai tetap saja air kotor dan berbau bisa saja masuk. ..www.sumurborindonesia.com

      Delete
  9. waduh... saya ngebor sumur mata bornya patah didalem , gimana nih? Udah keluar air sih, tapi pipa besi sama mata bor ketinggalan didalam sumur, bisa bau ga ya airnya????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mata bor patah didalam ya biarin aja pak dan ibu, sepertinya susah diangkat besi ukuran segitu yang signifikan membuat bau.

      Delete
    2. Itulah kenapa tukang bor, bila disuruh untuk mendalamkan lubang bor yang sudah ada, tidak mau karena dikhawatirkan adanya pipa besi yang ada di dalam sumur tersebut. www.sumurborindonesia.com

      Delete
  10. Alhamdulillah lengkap banget....terima kasih sudah mau share pak.

    ReplyDelete
  11. waaah... ok banget nih info nya... rumah saya juga pompanya baru dibenerin, sudah 10 tahun tidak pernah ada masalah, baru kali ini. dan memang pipa Wavin kuat banget yaa... pipa yang saya gunakan pipa standard sih tapi kuat juga.. boleh juga nih info nya pipa AW ya... tadi saya cek website nya banyak juga macemnya ternyata! malah ada facebook sama twitternya juga... thanks mba Azra

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baru tau kalau wavin itu banyak tipenya pas liat di webnya. tapi biasanya kalau yang aneh-aneh itu jarang dijual. Paling bagus kayanya ya AW yang rada tebel CMIIW.

      Delete
  12. selamat siang buk..terima kasih artikel yang sangat lengkap dan jelas..
    saya mau tanya..sayasudah melakukan pengeboran kedalaman 70 meter..tapi airnya tidak keluar sama sekali?bgaiman ya buk solusinya..
    tukang bor saya hubungin dan bilang katanya gak ada airnya,padahal saya sudah habis banyak..total hampir 22juta..

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaAllah...... Sebelum pengeboran sebaiknya dibuatkan perjanjian dengan tukang bornya sampai mendapatkan air bersih. Jadi kita ga usah bayar kalau belum juga dapat air pak/ibu.

      Delete
  13. terimakasih penjelasannya bagus dan lengkap,

    kalau sumur bor saya kering, sedangkan tretangga sebelah saya dengen kedalaman yang sama, tidak mengalami kekeringan, itu kenapa ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalur air tanah dibawah berbeda-beda pak (setau saya). kadang tetangga kita masih banyak air kita sudah kehabisan.

      Delete
  14. Bu Azra pake pompa wasser dgn kapasitas hisap 40m apakah memadai utk galian 60m. Sedangkan di rmh saya ada pompa jetpump grundfos jd basic 3 dgn kapasitas hisap 30m apakah bisa dipakai untuk kedalaman 60m??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya pakai yang 60m saja sehingga daya hisapnya masih kuat kalau sedang musim kemarau. Kemungkinan musim kemarau air tanah tinggi akan turun sehingga kalau mesin tidak kuat daya hisapnya air tidak bisa naik. Semoga bisa membantu

      Delete
  15. Pak mau tanya saya baru bor jet pump ke dlman nya 20 meter trs air kenceng tapi msh keruh...
    Pertanyaan saya kira2 klw melebihi 20 meter ada dampak nya ga ya...sbb rumah tanah bekas kebon kangkung...
    Tapi 20 meter itu udh dasar nemu titik pasir...
    Kta tukang bor udh cukup bagus ga perlu dlm2...tolong jwb pak mksh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau sudah menemukan air pada kedalaman tersebut. Akan tetapi kalau sudah membuat perjanjian 30 m sebaiknya dilaksanakan saja sampai kedalaman sesuai perjanjian. Kadang mereka malas mengebor lagi. Kalau masih baru dibor memang air masih keruh tapi akan menjadi jernih sendirinya. Kalau nanti musim kemarau dan ketinggian air turun tentu juga bisa berpengaruh pada kuantitas air yang keluar. Tanah bekas sawah yang biasanya susah dapat jernihnya.

      Delete
  16. pak Azra saya sdg membuat sumur jg dg kedalaman 60m.
    Mohon infonya, pd sumur yg bpk buat di kedalaman brp meter sp brp meterkah pralon 4" nya disayat dg gergaji?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya tidak ada yang gergaji. Yang digergaji kalau tidak salah yang 2 incinya yang di gergaji. jadi yan diambil itu air yang paling bawah. kalau yang 4 inci itu masih dibawah 40meter. kedalamannya sedangkan yang 2 inci mencaai 60 meter.

      Delete
  17. Betul sekali untuk pipa casing yang digunakan untuk pembuatan sumur bor memang disarankan adalah casing tipe AW, dan hanya merk2 terrtentu yang betul betul kuat walaupun sama sama tipe AW. Pengalaman membuktikan untuk casing AW merk W, R, LG adalah yang paling bagus, dan untuk pipa sedot kami gunakan merk R. Kenapa sih gunakan AW? biasanya dalam memasukkan casing kadang kala lumpurnya masih penuh sedangkan sehingga harus di tekan dengan mesin bor, bila saat ditekan tidak kuat maka bisa patah di bagian bawahnya. www.sumurborindonesia.com

    ReplyDelete
  18. Pak sy tertarik membc ini krn kbtln sy sdg bermasalah dg air
    Sktr 2bln lalu sy sdh melakukan bor sumur tp trnyata hsl air msi keruh dan bau, sumur d kedalaman 25an
    Nah, kmrn kt tkg bor sekalian sj d dalemin untk dpt air bgus tmbh 40mtr lg Jd 60 m

    Pertanyaan sy, apakah dgn kedalaman trsb air pasti bgus pak? Krn sy sdg cr2 artikel trsbt
    Sy takut uda gede biayanya tp ga dpt air bgs lg
    Mhn pencerahanx
    Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya di lobang yag lama cuma kedalaman 11 meter dan airnya jernih tetapi airnya bau kalau dicium, kemudian tukannya menyarankan 60m, akhirnya saya ikutin dan air yang saya dapatkan jernih da tidak berbau. Saran saya coba bapak survey di tukang bor disekitar rumah bapak dulu korek informasi sebanyak-banyaknya pada kedalaman berapa air bersih didaerah bapak didapat. Jangan hanya berpaku pada satu tukang bor cari 3-4 tukang bor di radius 1-5 km rumah bapak. Minta jaminan sampai air bersih dididapat, jangan sampai mereka ingkar janji, semoga bisa membantu.

      Delete
    2. mau nanya pak..bapak pakai jetpum merk apa ya di kedalaman 60mtr? dan berapa harganya pak?

      Delete
  19. Pak mhn infonya, kbtln 2 bln lalu sy bru bor smp kdalaman 24 m tp trnyata smp skrg air sy msi bau dan keruh, sdg tetangga sy cm 20 m ud bgus
    Kmrn kt tkg bor hrus di dlemin sekalian mpe 60 m untk dpt air bgus
    Nah, apakah mmg kdalaman sgt air past bgus? galau jg nant uda keluar bnyk uang tp hsl tetep g bgus
    T4 sy dulu bekas kebun, tanahx agak rendah dan bawahnya jauh ada sungai
    Mhn infonya pak
    Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak semua pada kedalaman yang sama kita bisa mendapatkan air bersih. Karena air bawah tanah itu beda-beda jalurnya. Kadang kita beruntung bisa mendapatka air bersih yang dangkal. Seperti yang diatas saya bilang berkonsultasi dengan tukang bor yang dekat rumah dan jangan mencari informasi dari sedikit tukang bor cari sebanyak-banyak yang ibu bisa. Cari tukang bor yang bisa dipercaya. Minta jaminan sampai mendapatkan air bersih.

      Delete
  20. Pak mhn infonya, kbtln 2 bln lalu sy bru bor smp kdalaman 24 m tp trnyata smp skrg air sy msi bau dan keruh, sdg tetangga sy cm 20 m ud bgus
    Kmrn kt tkg bor hrus di dlemin sekalian mpe 60 m untk dpt air bgus
    Nah, apakah mmg kdalaman sgt air past bgus? galau jg nant uda keluar bnyk uang tp hsl tetep g bgus
    T4 sy dulu bekas kebun, tanahx agak rendah dan bawahnya jauh ada sungai
    Mhn infonya pak
    Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dengan yang diatas yah jawabannya. semua harus dimoderasi dahulu. maaf atas ketidak nyamanannya

      Delete
  21. Mohon infonya pak, kalau biaya jasa untuk gali sumur bor dikedalaman 20-25 meter kira2 berapa ya? Sumur bor lama saya panjang pipa jetpump keseluruhannya 16m, jadi saya perkirakan dalam sumur sekitar 20-25 m. Nah masalahnya airnya sering bau dan kotor banyak pasir ikut tersedot kalau musim hujan. Saya disarankan untuk membuat sumur baru dihalaman depan rumah (yg lama dibelakang) padahal. Tetangga2 sy yg lain airnya bagus2 saja, dgn spec yg sama. Katanya sih krn sumber air saya sudah dicemari air dari saluran got dibelakang rumah.. Mohon saran apakah sebaiknya sumur lama diperdalam saja atau memang harus buat sumur baru ya? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai dengan jawaban dari beberapa pertanyaan diatas. sebaiknya bapak survei ke tukang bor yang berada diradius 1-2 km dari rumah. Biasanya mereka yang lebih tahu di kedalaman berapa air bersih didapatkan. Seperti yang pernah saya lakukan. Kalau dulu saya tanya untuk range 30 meter itu 2 jutaan (itu dulu ya pak). Dulu dirumah saya air jernih bisa saya dapatkan di kedalaman 10m tapi air itu berbau besi. kalau musim kering pompa balan hidup terus selama 2 jam full dan airnya cuma keluar kecil. Setelah saya diskusi dengan beberapa tukang bor mereka menyarankan dikedalaman 60 meter. Maka saya lakukan. memang makin dalam makin bagus airnya. tapi kadang ada juga di kedalaman 20 meter air sudah mencul dengan deras.

      Delete
  22. Pak artikelnya bagus
    Saya mw tanya,jemarin saya sudah ngebor dgn kedalaman 30m, tp sdh 2hr ini airnya agak keruh kekuning2an dan jg berbau besi.
    Apa ad yg salah dgn kedalaman segitu pak?
    Trmh ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya air sudah mulai kering pak akibat kemarau. Seperti yag saya alami dahulu. Air tanah saya berbau besi, akan airnya tetapi jernih. Sepertinya masih kurang dalam pak pengeboran dilakukan. Apakah sebelum mengebor sudah berkonsultasi dengan tukang gali sebelumnya. Maksud saya sebelum pengeboran apakah sudah berkonsultasi ke beberapa tukang bor. Pada kedalaman berapa meter dilingkuman bapak air yang bagus didapat?

      Delete
    2. Iy pak,padahal saya ad sumur kedalaman sekitar 17 mtr dan itu jernih tdk berbau karna musim kemarau ini sumurnya mengering.harus menunggu ada air bru bs di sedot.
      Maka dr itu saya ambil keputusan utk pakai jet pump dan buat titik pengeboran yg tdk jauh dr sumur.tp hasil yg di dapat sudah 2minggu ini air msh kekuningan dan berbau besi.
      Kemarin sy sdh panggil yg ngebor katanya karna musim kering aja harus tunggu sekitar 1-2bln baru bs tdk bau dan kuning.
      Solusinya gmn ya pak.?

      Delete
    3. Iy pak,padahal saya ad sumur kedalaman sekitar 17 mtr dan itu jernih tdk berbau karna musim kemarau ini sumurnya mengering.harus menunggu ada air bru bs di sedot.
      Maka dr itu saya ambil keputusan utk pakai jet pump dan buat titik pengeboran yg tdk jauh dr sumur.tp hasil yg di dapat sudah 2minggu ini air msh kekuningan dan berbau besi.
      Kemarin sy sdh panggil yg ngebor katanya karna musim kering aja harus tunggu sekitar 1-2bln baru bs tdk bau dan kuning.
      Solusinya gmn ya pak.?

      Delete
    4. Musim kemarau yang lama ini memeang mempengaruhi kualitas air yang kita dapatkan. Awalnya saya juga begitu tapi setelah 5 tahun air yang saya dapatkan menjadi bau dan dinding bak mandi cepat hitam. Setau saya kalau bau besi susah hilangnya. Kenapa harus 1 bulan - 2 bulan? Kalau keruh munkin 2 mingguan hilang kalau bau susah hilang. Mungkin dimusyawarahkan lagi dengan pihak pengebornya pak.

      Delete
  23. Perkenankan bu Azra sy menceritakan sedikit pengalaman saya atas pekerjaan Jasa Pratama (Reza & Zul) yg juga pernah dipakai oleh Ibu Azra.

    Tgl 22 Sep 2015 sy melakukan pengeboran di rumah saya daerah Jakarta Barat dan diselesaikan dalam 3 hari. Rencana mau 60m tapi yg tercapai hanya 48m. Tetapi setelah selesai keesokan harinya pompa saya harus dipancing sebanyak 3 gayung setiap harinya. Saya sudah melapor dan sulit sekali ditanggapi oleh Zul dengan alasan tidak ada orang, lokasi jauh, sedang keluar kota dll. 2 minggu kemudian Zul datang dan hanya lihat2 saja ngobrol tanpa membawa orang utk perbaikan dan akhirnya menyarankan saya utk mengecek pompanya dahulu. Sudah saya cek pompa dengan memanggil specialis pompa dan terbukti pompa saya tidak ada bocor sama sekali dan analisa tukang pompa bahwa ada kebocoran halus pada pipa atas sehingga hanya butuh 3 gayung utk memancing. Ketika saya kontak Reza juga tidak menyelesaikan masalah dan menyalahkan klep saya merk KITZ padahal logikanya saya memakai 2 klep yaitu yg pertama di mata jet Shimizu dan di bawah KITZ. Itu juga yang menyarakankan adalah Zul (adik Reza) lebih baik memakai 2 klep jadi tidak mungkin bocor selamanya. Salah satu bocor ada cadangan satunya. Yah sama saja baik Zul & Reza kelihatannya sudah melepas tanggung jawab dengan alasan tidak ada orang, bingung mesin bor juga pada nganggur, mau mencari orang di Aceh, tunggu tukang pompa balik dari kampung dll... Karena sudah lebih dari 1 bulan tidak ada komitmen utk menyelesaikan tanggung jawab kebocoran akhirnya saya putuskan tidak akan menunggu lagi karena mereka memakai jurus mabuk, jurus mengulur waktu, jurus oper dari Zul ke Reza kemudian Reza ke Irwan, jurus jarak kejauhan, jurus tidak ada orang dll.... Bukti SMS masih saya pegang di HP saya. Seharusnya utk Jasa Pratama jika kejauhan jangan diterima order dari saya. Jika sudah terima jalankan bisnis dengan baik.

    Begitulah pengalaman saya untuk pembaca agar dapat mengambil hikmahnya jika melakukan pengeboran kemudian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alasannya hanya 48 meter apa ya bu? Memamng susah mencari pengebor yang bisa dipecaya. Saya memilih pengebor ini karena cuma karena lebih baik penawarannya dibanding yang lain. Itu yang berdasarkan survey yang saya lakukan. Mungkin pelajaran juga bagi yang lain. Terima kasih atas informasinya...

      Delete
    2. Alasan hanya 48 meter tidak jelas bu hanya menjelang sore hari ke 3 mereka sudah stop bor dan mulai memasang casing. Menurut pantauan saya mereka bekerja 3 hari, datang jam 9 sarapan dahulu jam 10 baru mulai kerja, jam 12 istirahat sampai jam 13, kerja lagi sampai jam 16 dan mulai beres2. Jadi dalam 1 hari hanya bekerja 6 jam saja. Saya memang memilih pengebor ini karena memang tidak memiliki pengebor yg dikenal dan tertarik setelah membaca pengalaman dari Ibu Azra yang lengkap. Memang tak kenal maka tak dijamin pekerjaan mulus. Menurut saya ini hanya masalah komitmen yang rendah saja dari pihak owner untuk menyelesaikan masalah. Mungkin mereka tidak terpikir hubungan jangka panjang. Dengan adanya kejadian ini saya tidak berani merekomendasikan kepada beberapa tetangga di komplek rumah saya yang memerlukan jasa pengeboran juga. Padahal sy pernah bicarakan bahwa jika saya puas maka saya akan merekomendasikan mereka tanpa balas jasa apapun. Semoga itu menjadi pengalaman baik untuk saya dan yang lainnya.

      Delete
    3. Mohon maaf kalau cerita saya telah membuat anda terpengaruh menggunakan jasa mereka. Kalau saya baca permasalahannya adalah pemasangan pipa yang kurang bagus jadi sudah seharusnya mereka bertanggung jawab dalam masalah ini. Semoga pembaca bisa mengambil hikmah dari persoalan mbak/mas diatas. Tidak ada itikad dari saya mempengaruhi pembaca semua menggunakan jasa pengeboran tersebut. Saya hanya menceritakan pengalaman kami dalam membuat sumur bor. Dengan ini no telp. dari jasa pengeboran ini saya hapus dari comment blog saya.

      Delete
    4. Tidak apa2 bu Azra.... Sy mengucapkan terima kasih juga krn dengan membaca blog ini saya mendapatkan pengetahuan yg cukup banyak mengenai bor sumur yg sebelumnya saya buta sama sekali. Penjelasan pengalaman bu Azra sangat lengkap. Memang sudah menjadi resiko saya karena tidak ada kenalan tukang bor sumur. Jika saya memakai jasa bor lainnya juga bisa mengalami pengalaman buruk juga kan... Saya hanya membagi pengalaman saya saja di blog ini agar pembaca lain mengerti resiko dan mengambil hikmahnya kemudian.... Terima kasih.

      Delete
  24. Sangat membantu sekali informasinya, mohon tanya kalo ada pipa jatuh ke dalam sumur bor kira2 cara ngambilnya gimana ya, ada saran? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pipa jatuh biasanya yang lebih mengerti caranya ya tukang bor mbak/ mas. Biasanya mereka ada trik khusus. Itu juga yang saya denger dari teman.

      Delete
  25. sangat membantu pak infonya.Pak kalau pengurasan sumur itu cuma mengeluarkan air saja ya pak?sya bru ambil rumah dan disarankan untuk buat sumur bor baru.tpi berhubung belum ada dana sya disarankan untuk menguras sumur yg lama saja pak.Sebaiknya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru mendengar kalau kuras. Biasany buat sumur baru ruh. Airnya diinjeksi kedalam pake pompa untuk membuang air yang kotor didalam. Tapi fungsi diinjeksi pada sumur lama apa pak?

      Delete
  26. Sore Bu Azra....
    Sumur saya baru jdi tgl. 3 nop kmren, smpe skrang (10 Nop) air yang keluar masih keruh dan berpasir. Menurut tukang bor'y "ditunggu sja pak smpai sebulan, mudah2 an air'y bisa jernih, sambil pompa jetpump'y rajin-rajin di hidupin biar terkuras". Kalau menurut ibu gimana ya...?? Kedalaman sumur saya 32m (6 batang cassing 4" dan 2 batang cassing 2"), untuk mata jet di pendam 24 m dan dari mata jet disambung pipa 1"= 6m, jadi masih ada gantung 2m dri dasar sumur.
    tks (ardhi/Depok)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak sampai sebulan kali nguras airnya. Tapi memang seingat saya memang lebih dari seminggu. Kuras saja yang rajin nanti juga bersih sendiri. Coba dibandingkan hasil pertama kali air minggu lalu dan sekarang. Biasanya agak jernih yang sekarang.
      Dulu saya air keluar nya pertamanya keruh setelah tapi setelah beberapa waktu airnya beranjak bersih. Bersabar ya pak.

      Delete
  27. Ada Tip Jitu untuk lebih efisien dalam pembuatan jetpump/semi jetpump:

    1. Niatkan dulu mau Jetpump / Semi Jetpum.
    2. Cari Informasi Mesin...Beli dulu mesin kalau sudah mantab.
    3. Cari Informasi Tukang Jasa Bor.... Harga dan Kedalamam yg akan diBOR
    4. Pelaksanaan Pengeboran ...ini yang akan menentukan Belanja Pipa2
    karena AIR bersih akan ditemukan tergantung Lokasi dan tempat berbeda2.
    ( Kadang 12 meter sudah ketemu sumber air ada yang sampai 22 meter belum ketemu Air..)
    5. Setelah ketemu Air biasanya Tukang akan memberikan apa saja Pipa2 yg perlu dibeli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Poin-poin yang bapak jelaskan diatas hampir sama seperti yang saya laksanakan. Tapi untuk no 1. itu kalau disekitar rumah kita berlimpah air bersihnya. Sedangkan saya disekitar rumah air dangkal sudah berbau besi. Jadi Urutannya pertama saya mencari informasi di Tukang Pompa dekat rumah di kedalaman berapa air bersih didapat dirumah saya. Berdasarkan informasi itulah saya mau memakai Jetpump atau Semi. Jadi Pemilihan penggunaan Jetpump atau tidak bukan saya yang memilih tapi tukang bor.

      Delete
  28. OH YA PERLU SAYA INFORMASIKAN UNTUK MESIN JETPUMP DENGAN MEREK SMZU YANG TERBAIK TYPE 260 ( INI YANG TERBAIK MENURUT TUKANG SERVICE MESIN AIR ....TYPE LAINNYA BANYAK MASALAH )

    UNTUK PENGEBORAN YANG DIBANTU OLEH MESIN LEBIH CEPAT DAN YG BEKERJA PALING BANYAK 3 ORANG
    (1-2 HARI KELAR )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama-tama terima kasih atas komennya, tapi lain kali tolong menulisnya pakai huruf kecil saja. Terima kasih.
      Untuk pemakaian pompa itu terserah pada user akan memakai pompa yang mana, tentu saja user sudah mencari apa kelebihan dan kekurangan pompa yang akan dibelinya. Itu termasuk konsekwensi aftermarket. Banyak pertimbangan yang dipakai orang untuk membeli sebuah barang, harga, kualitas dll. Menurut kita merk A yang bagus sedangkan menurut orang lain belum tentu. Itu kembali kepada selera dan kemampuan seseorang.

      Delete
  29. pak ada no telp tkg ngebornya ga ya kalo ada tlg suruh telp ke pak akin 082213771210 tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin ada yang kecewa dengan memakai jasa pengeboran yang saya pakai. Jadi saya tidak berani lagi menyampaikan atau memberikan no telpon beliau disini. Lebih baik bapak cari yang terdekat saja dahulu. Saya berbagi cerita saja disini bukan untuk mengiklankan si tukan jasa pengeboran. Takutnya ada satu atau banyak hal yang tidak memuaskan dari pembeli jasa, saya merasa tidak enak. Seperti telah diceritakan pada comment diatas.

      Delete
  30. pak mau tanya kalau airnya bau kenapa yaa,,, kedalaman 30 m, sudah saya kuras tapi masih bau. apakah kurang dalam yaa. mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bau apa ya pak? bau besi? yang menguras kemaren siapa ya pak? Sebaiknya bapak cari tukang bor yang lain untuk konsultasi. Yang penting dekat rumah bapak jadi mereka yag lebih tahu dengan kondisi tanah disana. Usahan berkonsultasi lebih dari 1 tukang bor buat informasi yang akurat. Dari hasil diskusi bisa didapat keputusan akhir. Semoga bisa membantu.

      Delete
  31. Wah mantap sekali
    Untuk jasa pengeboran air di depok bekasi
    kontak http://hydocoteknik.com/

    ReplyDelete
  32. Utk mendapatkan kualitas air yg baik, cassing 4" dan 2" sebaik'y dibuatkan lubang/keratan2 atau jangan...??
    Tks (ardhi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk itu tukang bor air lah yang lebih tahu. Setahu saya cuma dibagian yang 2 inci di bagian paling bawah yang dibuat lubah sehingga yang masuk kedlam itu air bersih saja atau air bawah.

      Delete
  33. bagus artikelnya pak tentang pengeboran air

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pak atas kunjungannya ke blog kami.

      Delete
  34. Selamat pagi pak... kalau di tempat saya setelah dilakukan pengeboran debit airnya sangat banyak,bahkan mesin pompa air di hidupkan seharian penuh tanpa mati airnya pun enggak putus, namun sampai sekarang masih saya buang terus menerus karena masih mengandung besi, pertanyaan saya apakah kadar besi tersebut lama kelamaan apa bisa berkurang pak jika airnya di buang terus menerus,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya bau besi yang terdapat ddalam air itu tidak berkurang pak. Seperti yang saya alami. Sudah 8 tahun saya mendiami rumah saya bau besi tidak hilang. Kalau air makin kurang bau besinya kadang makin menyengat. Kemungkinan kedalaman pengeboran yang kurang dalam pak. Coba dicek kembali kedalaman pengeboran dirumah bapak.

      Delete
  35. Artikel yg sangat membantu dan saya jg ingin sedikit berbagi pengalaman, seperti pengalaman ibu/bapak azra, saya pun memutuskan membuat sumur dalam ( 60 m ) kalkulasi bahan2 hampir sama kecuali untuk pompa hisap pakai 1" dan mesin pompa pakai shimizu PC-503 BIT, saat pelaksanaan pengeboran ( sabtu, 28 Nov 2015 jam 8 pagi, urutqn kerja sama dgn pgalaman pak Azra, Minggunya dilanjutkan dengan memasukkan 2 buah pipa, setelah pekerjaan injeksi air, untuk mengeluarkan lumpur, dilanjutkan pemasangan ke pompa air, air keluar bersama lumpur dan selanjutnya pasir berwarna hitam, mesin pompa macet dan turun tekanan di indicator PSI, dcoba pancing lg dan dikocok pompanya tetap air tidak keluar, diputuskan angkat pipa, ternyata di dalam mesin pompa air penur dengan pasir hitam, pompa disemprot air untuk mengwluarkan kotoran sampe bersih, pipa diangkat semua dan dibuka masing2nya yg didalam pipa penuh dengan pasir, setelah semua bersih, dimasukkan lagi semuanya seperti semula, air keluar lagi bersama lumpur dan selanjutnya macet lagi, diangkat lagi semuanya seperti yg pertama, kejadian ini berulang sampai 4 kali, kemudian diputuskan dilanjutkan besok hari, Senin akhirnya tukang memutuskan menggali lobang baru disampingnya dengan urutan kerja yg sama dan kedalaman yg sama ( 60 meter ) karena dari pengalaman yg pertama tukangnya sudah bisa melihat lapisan tanah dan pasirnya maka pada saat memasukkan pipa 2" jaraknya tidak dibawah pipa 4" tp ada sekitar 1meter di atas pipa 4 ", dan airpun berjalan normal dan sangat kencang semburannya, saat ini masih dalam proses mengeluarkan pasir yg tersisa
    Kesimpulan :
    - Pada saat memakai tukang pompa pastikan mengenai jenis pekerjaan yg dia lakukan
    - Jangan memaksakan apabila di lobang pengeboran pertama banyak masalah dan harus dilakukan pengeboran baru di titik yg berbeda
    Demikian pengalaman saya btw ( lokasi di galaksi Bekasi )

    ReplyDelete
  36. Masalahnya kadang tukang bor yang berkeras kalau tetap memakang dilobang yang sama secara dia telah mengeluarkan biaya yang banyak. Berarti cepat juga kerjanya 60m dalam 1 hari.

    ReplyDelete
  37. artikel yg sangat membantu. pak saya mw tanya. saya bru saja selesai melakukan pengeboran sumur baru. kedalaman 41 m. cashing 4" 6 batang + 2 inch 2 batang. pipa hisap + tekanan masing2 1" sebanyak 6 batang. ditambah pipa setelah mata jet 2 batang. jd total 8 pipa. sya sudah 5 jam non stop kuras pakai pompa, airnya masih keruh,kotor dan berbau. memang waktu pengeboran menggunakan air got. yg saya mw tanya apakah msh normal kondisi seperti itu? perlu waktu berapa jam dalam sehari utk menguras dan sampai berapa hari? sya khawatir memang sumber airnya yg tidak bagus.mohon ditanggapi. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih normal pak. Dirumah saya dulu hampir seminggu saya kuras pak. Terus saja kuras pak. Sempat juga saya berpikiran sama dengan Bapak. Sabar aja pak.

      Delete
  38. sebelumnya terimakasih buat sony yang bikin block ini pasti bermanpaat, sekedar saran pompa jet pump yang bagus dan awet tahan lama merek jet pump panasonic 125 lebih hemat listrik yg buat asli oleh jepang bukan hitaci atau buatan indonesia pompa jet pump ucida walau lebih boros listrik sediki tapi semua pompa akan mendapat kan air yang banyak di kedalaman pengeboran 30m sampai 150 meter dan juga supaya air lebih bersih dan higenis langsung di minum dengan membeli alat penyaringan air bersih, wasalam semoga bermampaat hanya banyak tahu

    ReplyDelete
  39. slmt siang pak, gmn caranya ya pipa saya tenggelam atau terlepas ke dlam lubang sumur bor, kedalaman ny 20mtr, bagaimana y pak cara mengakali nya. trm kasih, slam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah liat dulu siapa yang jatuhin. Kalau kita sendiri yang jatuhin memang agak susah.... Tukang Pompa biasanya ngakalin. Bisa juga kita kerjakan sendiri. Misalnya jatuh pas dratnya. Terpaksa kita buat pancingan dari pipa dan diberikan drat pada ujungnya dan diputar-putar sampai pipa terangkat. atau Pipanya patah harus juga kita pancing juga supaya pancingan kita masuk kedalam lobang pipa yang patah. Tapi kalau 20 meter mungkin bisa dikerjakan sendiri tapi yaitu tadi harus sabar. Cara cepat panggil tukang bor sumur. Semoga masalahnya cepat tratasi.

      Delete
    2. terima kasih untuk jwbn nya pak, tapi pipa saya yg tenggelam itu tidak ada drat nya, pipa saya tenggelam bersama sambungan pipa L nya, bagaimana ya pak cara mengakali nya sendiri ? terima kasih

      Delete
    3. o ya yang jatuhin suami saya, saat dy mau lepas pipa dari sanyo / popmpa air tiba2 terlepas lalu tenggelam, apakah harus panggil tukang sumur bor pak? kl tkg sumur bor pasti bisa ya pak mengatasi ny?

      Delete
    4. Langkah pertama tentu saja dikerjakan sendiri dulu. ibu bisa akalin sendiri dengan memakai kawat tembaga yang dibikin cantolan pada ujung kawatnya sehingga bisa mengangkat pipa yang jatuh, kemungkinan pipa jatuh tidak terlalu dalam. Tentu saja dibutuhkan kesabaran dan keuletan. Karena menurut cerita ibu masih ada elbow nya. Kemungkinan masih bisa diangkat sendiri. Kalau udah nyerah ya terpaksa kita serahkan pada ahlinya yaitu tukang gali sumur. Mereka biasanya pinya pengalaman dalam hal ini. Semoga masalha ibu cepat teratasi.

      Delete
  40. Mengamati mslh penggunaan pompa saya sedikit share bahwa untuk pompa sumur itu ada beberapa jenis pompa yaitu utk jenis jetpump 250watt istilah awam nya. Padahal jetpuml tsb memerlukan daya utk menggerakan dinamo pompa nya dibutuhkan daya 450-500watt. Kemampuan hisap jetpump 250 itu hanya sebatas permukaan air 12mtr. Diatas itu kemampuan daya hisapnya akan sangat kurang. Jadi pompa hrs menggunakan pompa 375(daya 700watt) kemampuan hisap dari permukaan air sumur max.18mtr. Diatas 18mtr s/d 25mtr permukaan air sumur harus menggunakan jetpump 500(daya 1.100watt)
    Akan tetapi apabila permukaan air sdh melewati 25mtr sebaiknya menggunakan pompa submersible yg 0,5hp yg mana daya dorong airnya bisa sampai 32mtr.
    Untuk pembuatan sumur bor apabila ingin kedalaman 60mtr sebaik nya pasanglah pipa casing 4"aw full 60mtr (15bt) hal ini akan sangat bermanfaat apabila permukaan air turun kesempatan mengganti pompa dgn menggunakan pompa submersible sangat memungkinan tanpa harus menggali sumur baru.demikian sekilas info

    ReplyDelete
    Replies
    1. pribadi sy lebih baik jet pump semua jenis dari 100 watt ,panasonic jet pump 125 hingga grounfos basic 7 watt 2200, bisa menarik air di tanah dengan sumur bor casing, 4, in 3in atau ,2 in stadart nya mata jet nya. dng kedalaman sumur bor nya 30 meter hingga 80 meter atau 150 meter, semakin dlm biayamahal, itu pribadi tidak pernah kurang air di rmh, memang pakai sumarine pompa satelit ke utungan pompa di tanah suara tidak ada, tapi jett pump juga bila penematan yang kira tersembunyi di kedapkan suara nya , pasti tidak kecewa narik air sebanyak nya dari tanah. langsung minum beli penyaring air minum kaporit yang higinis

      Delete
    2. Sebenarnya sih saya ingin sekali memakai pompa dengan daya tinggi tapi apa daya daya listrik dirumah kurang jadi terpaksalah menggunakan pompa dengan daya yang rendah. Bahkan saya ingin sekali memakai pompa submersible dengan semua memamakai pipa 4 inci, tapi kembali kemasalah finansial yang kurang mendukung. Pompa submersible saja yang merk china aja lebih dari 2jutaan. Apalagi yang Grundfos...

      Delete
  41. memang benar pak sony memakai pompa submersible resiko nya pompa bisa macet terkena pasir ,tanah sama harus ganti baru kurang lebih lima tahunan kalau beruntung kedala sama di pompa jet pump mata jet biasa di sebut klep bawah tanah yang terendam air harus diganti lima tahun kalau beruntung 20 tahunan karena mengalami karat, rusak karena pasir ,tanah atau besi kungannya haus,

    ReplyDelete
  42. memang benar pak sony memakai pompa submersible resiko nya pompa bisa macet terkena pasir ,tanah sama harus ganti baru kurang lebih lima tahunan kalau beruntung kedala sama di pompa jet pump mata jet biasa di sebut klep bawah tanah yang terendam air harus diganti lima tahun kalau beruntung 20 tahunan sampai 50 tahun karena mengalami karat, rusak karena pasir ,tanah atau besi kungannya haus, kita juga bisa menerka air yang keluar dari pompa tanah banyak keluar pasir pertamakalinya bisa juga terus menerus air hasil nya keluar pasir jarang dan sedikit dikit tapi air yang di tarik pompa juga banyak 1500 liter per 35 menit dengan jet pump di sumur bor 30 meter hingga sumur bor 80 meter memang lebih untung pompa jet pump

    ReplyDelete
  43. Saya lebih menghormati tetangga. Dari pada kepentingan sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali pak. Menghormati tetangga itu penting. Kadang yang jadi masalah kita menghormati tetangga, kadang tetangga kita yang kadang tidak menghormati tetangganya sendiri.

      Delete
  44. Assalamualaikum wrwb pak..
    Salam kenal, artikel nya bermanfaat sekali utk sharing ilmu..
    Saya mau tanya kebetulan sudah hari ini baru selesai ngebor air..
    Pertanyaan saya kalau pipa 4 inch 3 batang dan 2 inch 9 batang apakah ini pengeboran 52 meter ?
    Saya habis total 8jt pas dengan jetpump merk DAB 255.s 250 watt (tanpa tabung atas) karena sy tidak salurkan air ke tandon melainkan langsung connect ke pipa di taman..
    Mohon pencerahannya
    Sekian..wassalamualaikum wr.rb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh,
      Terima kasih atas kunjungannya ke Blog saya. Mengenai pertanyaan bapak diatas mengenai jumlah pengeboran ke bawah. Sebenarnya sedehana sekali. Begini pak kalau di jumlahkan 3 batang dan 9 batang total semua casingnya hanya 12 batang. Dimana panjang satu batang pipa hanya 4 meter, jadi total semua pipa hanya 48 meter. Itu juga kalau dipasangnya disambung, kalau pemasangan offset lebih dangkal lagi pengeborannya. Biasanya pada ujung bawah casing diberi sayatan-sayatan supaya air bisa masuk kedalam casing. Disini saya sangat menyayangkan casing 4 inci hanya 3 batang seandainya air tanah turun maka mata jet akan tidak terendam dan air susah naik. Makanya saya mencari pengebor yang bisa memberikan lebih banyak casing 4 inci yang ditanam. Semoga bapak bisa mengerti dengan penjelasan saya.

      Delete
  45. Hai penulis,

    Nice article.

    Ada yang ingin saya tanyakan.
    1. Dengan kedalaman 40 m apakah sudah pastu air banyak dan bersih ? Sebelumnya air kering dgn lubang lama sekitar 1 meter jaraknya.

    2. Apakah dgn lama pengurasan sudah hampir seminggu dgn durasi 4-5 jam perhari. Bisa dipastikan nanti airnya bersih dan tidak berbau besi?

    Ini dikarenakan air masih terlihat kuning dan berbau besi walau sudah terlihat sedikit bening. Yang lebih menghawatirkan lagi. Setelah air di endapkan di bak. Permukaan air terlihat seperti berminyak. Apakah ini normal

    Mohon advice dan kira-kira solusi apa yang harus saya lakukan. Mumpung saya belum bayar ke toko..hehehe.

    Spesifikasi:
    40m dgn otal casing pipa inc 6pc's
    Mesin jetpump sanyo 255a jp dan menggunakan 2 klep. Total 10 jt plus mesin

    Note: tukang pompa tukang pompa mereka hanya manusia biasa. Yang selalu ambil untung. Semoga mereka bisa terus belajar jujur dan profesional.selain tujuan mendapatkan uang dia juga ingin membantu kesulitan orang mendapatkan air.

    Suryognd@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya ke blog kami,

      Saya sendiri melakukan pengeboran dengan kedalaman kurang lebih 60 meter. dengan kedalaman casing juga 60 meter (kombinasi 4 dan 2 inci).
      menjawab pertanyaan bapak diatas:
      1. Sebenarnya belum jaminan mendapatkan air bersih. karena kita tidak tahu dimana titik lokasi air yang jumlahnya banyak, kecuali kita melakukan test dahulu sebelumnya. Pengeboran yang bapak lakukan kenapa hanya 40 meter?
      2. Seingat saya dahulu kurang lebih seminggu air sudah mulai jernih dan tidak berbau besi lagi karena yang diambil air dalam. Ini tergantung lokasi barangkali. ah kalau berminyak saya belum pernah menemukan sewaktu saya telah melakukan pengeboran.

      Pertanyaan saya :
      1. Casingnya terdiri atas pipa ukuran berapa ya?
      2. Berarti bapak melakukan pengeboran ke penjual mesin pompa air ? Bukan ke pengebornya langsung?

      Delete
  46. Kepada Pak Sony Irawan yang saya hormati,
    Terim kasih sekali atas berbagi ilmu dan pengalaman yang sanagt bermanfaat ini. 2 hari ini Saya baru selesai membuat sumur bor dengan kedalaman 33 meter, airnya sudah jernih walaupun jika dibandingkan masih belum sejernih dengan tentangga sebelah rumah saya. sejak selesai pengeboran, saya kuras terus menerus selam dua hari ini, apakah ada harapan airnya semakin jernih Pak Sony? atau masih perlu saya tambahkan dengan tawas? terima kasih atas bantuan konsulnya.Sekian
    Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terma kasih Pak Ifrad atas kunjungannya ke Blog kami. Untuk air kuras terus pak sampai nantinya akan jernih sendiri. Saya sendiri mengurasnya hampir seminggu itupun kadang masih ada kotoran yang terbawa. Nantinya air akan jernih sendiri. Jadi tidak perlu diberi tawas pak.

      Delete
    2. Terima kasih atas saran dan masuknanya Pak Sony
      Wassalam

      Delete
    3. Sama-sama Pak Ifrad, semoga airnya dirumahnya cepat menjadi jernih....

      Delete
  47. Mantap atas share pengalamannya Pak.
    Bila butuh service pompa air murah di jakarta depok bekasi
    http://hydocoteknik.com/servicepompaairjakartadepokbekasimurah/

    ReplyDelete
  48. Pagi Pak Reza .....

    Boleh tolong info nomor telepon yang Bor ....

    Terima kasih / Yosi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya share pak telponya. Ada yang kecewa dengan pelayanannya, jadi saya merasa tidak enak. JAdi mending saya hapus telp nya dari blog ini. Kalau masih mau silahkan sms/wa saya di 08128102524.

      Delete
  49. Assalamualaikum pak,mudah2an selalu dalam rahmat ALLAH swt,mohon share pengetahuan dan pengalamannya pak,saya baru saja ngebor dengan kedalaman 65 meter pak,kemarin dipasang jet pump tidak ngangkat airnya pak,jadi terpaksa memakai kompresor sudah 2 hari dikuras belum bersih pak,kira2 bagaimana pak ya?terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, Amiin ya rabb. Bapak yang telepon kemarin? Gini pak, pada saat para tukang akan selesai melakukan pengeburan akan dilakukan penyuntikan air bersih kedalam sumur gunanya untuk memaksa kotoran yang ada didalam sumur terangkat keatas. Ini menggunakan 2 pompa kalau saya kemarin. Pompa untuk menyuntik air dan pompa untuk membuang keluar. Air yang dimasukkan pun sangat banyak. Nah kalau sudah selesai air tidak langsung otomatis bersih. Masih berwarna coklat seperti susu coklat. Saya terus menguras air sampai lebih seminggu, seminggu juga belum terlalu bersih pak. Terus aja kuras Insya Allah akan bersih dengan sendirinya nanti.
      Sekarang mengenai Jetpump yang tidak keluar air. Mungkin perlu saya tanyakan lagi, tidak keluarnya itu bagaimana pak... . Mungkin dipastikan lagi spesifikasinya dengan kedalaman sumur. Kalau pakai yang dalam maka perhatikan juga apakah mata jet teremdam air atau tidak.

      Delete
  50. kalo klep bocor/tersumbat, maka air yang ada di aliran pipa yang seharusnya kedap akan tersedot ke bawah....ada beberapa trick yang dapt di lakukan: 1. liat batang pipa yang ke dalam tanah, (kalo disemen terpaksa kudu dibobok), ikat pakai tali/tambang pada kedua pipa tersebut, lalu kocok kocok dengan cara tarik lalu turunkan berulang2...kmdn nyalakan mesin pompa, apakah airnya naik???; jika belum coba dipancing..dan lakuan berulang2 sampai airnya naik dan keluar dari keran. 2. liat pipa yang ke toren/tanki, lalu gergaji pipa tersbut, dan pasanglah klep (ingat jangan terbalik), jika air keluar maka klep terbuka dan jika tak ada dorongan dari pompa maka arus klep tersebut menutup. dengan teknik ini maka air dalam pipa menjadi kedap, setelah dipasang lalu dipancing dengan air sampai penuh, lalu nyalakan pompa setelah air keluar, matikan pompa lalu sambung kembali kepada pipa yang mengarah ke toren...jika tidak ada draft sambungan yang jual maka bisa diakali dengan ujung pipa bisa dibakar lalu colokan pada klep tersebut..dan yang pasti siapkan selotip khusus air, dan lem pipa... www.sumurbor.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bisa jadi juga nih Pak Ahmad, Klepnya tersumbat. Mungkin silahkan dicoba dengan cara Bapak Sinjatek. Terima kasih pak Sinjatek atas informasinya.

      Delete
  51. Sy kmarin bor dn sudah beres keluar air berwarna coklat seperti gambar di atas tetapi karena blm mau d tempati dan msh sepi komplek nya sy memutuskan membongkar pompa karena alasan keamanan. Yg sy mau tanya apakah tidak masalah nguras air nya seminggu atau 2 minggu baru dikuras lg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya di kuras dahulu supaya kotoran yang ada dibawah naik semua, baru kemudian ditinggalkan pak. Tapi kalau memang terpaksa sih cara bapak juga tidak apa-apa.

      Delete
  52. As salamu'alaykum pak

    Cluster kami sebagian bekas empang, jadi satu deret air nya bau dan mengadung zat besi atau mangan.
    sudah mencoba mendalami, dan sudah jg beberapa tetangga membuat lubang baru di depan namun masih bau
    beberapa pengebor hanya mampu mengebor 15-18 meter karena keras nya tanah, baik bor tangan atau mesin

    Tetangga mengajak mengebor ke pinggir cluster karena riwayatnya bukan bekas empang. Jarak dari rumah sekitar 15 meter, niatnya membuat sumur bor baru sedalam 30 meter.

    Pertanyaan nya adalah:
    - apakah akan ada kendala jika 1 lubang bor digunakan oleh 2 orang (saya dan tetangga masing2 memakai jet pump sendiri) ?
    - apakah akan ada kendala jika jarak pompa ke lubang sejauh 15 meter horisontal, ditambah kedalaman (vertikal) 30 meter ?

    Terima kasih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumslaam warahmatullahi wabarakatuh.

      Sepengetahuan saya itu berarti penggaliannya kurang dalam. Minimal 60 meter kali pak. Mungkin sudah bagus. Mengenai pertanyaan bapak.
      1. Kendala hanya tergantung debit air yang tersedia dan jenis pompa yang di gunakan masing-masing rumah. Kalau debit air bawah sedikit dan harus dibagi maka air akan kecil dan jika salah satu pompa ada yang besar maka air akan terhisap ke pompa yang besar.
      2. Untuk jarak sepertinya tidak terlalu pengaruh yang lumayan pengaruh kelokan atau penggunaan elbow. Itu lumayan pengaruh

      Semoga membantu

      Delete
  53. Pak, sumur jetpump di rumah saya airnya bau karat dan terkadang keruh. Kedalaman kalo tidak salah hanya 7m. Apa bisa diperdalam di tempat yang sama? Jika diperdalam sampai 30m, pipa dan mesin jetpump apa yang direkomendasikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Pak. Kalau menurut saya kalau masih 7 meter itu masih air permukaan yang cenderung keruh kalau hari hujan dan berbau karat yang disebabkan tigginya zat besi. Sama seperti ynag sama alami dahulu. Tinggi kadar besi dan kadang keruh. Kalau rekomendasi saya, mungkin bapak bisa berkonsultasi dengan tukang bor air terdekat, kalau didaerah bapak di kedalaman berapa meter air bersihnya didapat. Kemudian minta penjelasan detail mengenai poin-poin yang telah saya jelas diatas seperti berapa pipa 4 inci yang masuk dll. Kalau bisa pipa yang 4 inci masuk lebih banyak kedalam. Soalnya mata jet letaknya disanan kalau ata jet tidak terendam maka air akan tidak naik.
      Semoga bisa membantu...

      Delete
  54. Terima kasih atas artikelnya. Karena artikel ini saya menggunakan jasa dari kontraktor yang sama, Pak Reza. Cukup mengagetkan kalau biaya jasa dan bahan bisa 40 persen lebih murah dari beberapa kontraktor dekat rumah. Harga satuan barang-barang sekalipun bisa dikatakan lebih murah, bahkan dengan kedalaman 60 meter biasa jasa dan barang sama dengan total biaya yang penulis artikel ini. Pekerjaan bisa diselesaikan dalam 2 hari dengan kedalaman dan jumlah pipa yang dimasukkan sesuai spesifikasi. Sangat puas dengan jasa dari teamnya Pak Reza dan Pak Irwansyah.

    Ada sedikit kendala karena quotation disebutkan mesin pompa Shimizu PC 503 sementara listrik di rumah tidak memadai untuk kebutuhan listrik mesin ini yang berspesifikasi 5.5A atau 1200 watt ! Alhamdulillah Pak Irwansyah menawarkan tukar mesin dengan daya lebih kecil, PC 375, sehingga bisa beroperasi normal. Salut pada fairness Pak Irwansyah/Reza, karena perubahan mesin pompa saya bisa dapat diskon besar lagi.

    ReplyDelete
  55. Terima kasih atas artikelnya. Karena artikel ini saya menggunakan jasa dari kontraktor yang sama, Pak Reza. Cukup mengagetkan kalau biaya jasa dan bahan bisa 40 persen lebih murah dari beberapa kontraktor dekat rumah. Harga satuan barang-barang sekalipun bisa dikatakan lebih murah, bahkan dengan kedalaman 60 meter biasa jasa dan barang sama dengan total biaya yang penulis artikel ini. Pekerjaan bisa diselesaikan dalam 2 hari dengan kedalaman dan jumlah pipa yang dimasukkan sesuai spesifikasi. Sangat puas dengan jasa dari teamnya Pak Reza dan Pak Irwansyah.

    Ada sedikit kendala karena quotation disebutkan mesin pompa Shimizu PC 503 sementara listrik di rumah tidak memadai untuk kebutuhan listrik mesin ini yang berspesifikasi 5.5A atau 1200 watt ! Alhamdulillah Pak Irwansyah menawarkan tukar mesin dengan daya lebih kecil, PC 375, sehingga bisa beroperasi normal. Salut pada fairness Pak Irwansyah/Reza, karena perubahan mesin pompa saya bisa dapat diskon besar lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artikel ini sangat bermanfaat. Saya pribadi merasa sangat mendapat dukungan dari para pengguna jasa kami. Terima kasih juga kpd Bpk. R. Widiadi karena sudah mempercayai kami untuk melakukan pekerjaan dirumah Bapak. Karena kepuasan Anda merupakan kebahagian bagi kami. Salam sukses. TTd Reza (08119966622-085218171616)

      Delete
  56. terima kasih infonya pak, dari artikel bpk untuk kesimpulanya yang no.2 sebaiknya apabila kedalamnya sumurnya 60 m lebih baik menggunakan semuanya pipa 4" apakah itu maksutnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tujuan casing 4 inch itu adalah untuk mencegah air dari lapisan atas tersedot pompa. Idealnya ujung casing 4 inch ada pada lapisan lempung di bawah lapisan pasiran yang membawa air tidak bagus (bau, mengandung besi, dll). Sumber air yang bagus diharapkan ada di lapisan bawah, di sini tidak perlu casing.

      Delete
    2. Memang tujuan casing 4 inchi mencegah air atas masuk ke bawah. lebih baik lagi kalau semua menggunakan casing 4 inch. Kalau menurut saya mengunakan casing lebih baik untuk melindungi pipa hisap dan tekan dri kotoran.

      Delete
  57. Untuk keterangan lengkap silahkan juga berkunjung ke blog saya : sumurborjakarta.com/ sumur-bor.web.id/ sumur-bor.org/ atau bisa langsung via WA 0813 7718 8899

    ReplyDelete
  58. Assalammualaikum Pak Sony Irawan, semoga Bapak sekeluarga selalu dalam LindunganNYA. Saya sangat berterima kasih sekali dengan adanya artikel ini sungguh menambah pelanggan jasa saya. Entah bagaimana membalas budi Bapak. Dulu waktu survey ke rumah Bapak saya sendiri yg datang pas waktu malam.... Bapak dan Ibu pasti ingat. Sebelum melakukan pekerjaan saya selalu menjelaskan dulu setiap pertanyaan, bagaimana hasil airnya ? secara teori dan paktek tidak jauh beda.Salut untuk Bapak. Salam sukses

    ReplyDelete
  59. Pipa yang 2 " buat apa sih, dan gimana cara masukinnya. 2" kan cuma 5 btg, lebih pendek dari 4" 10 btg yg sdh dipasang sebelumnya. Kyknya gak perlu deh yg 2", karena posisi mata jet sudah di dasar bor casing 4"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pipa 2" untuk menahan tanah supaya tidak jatuh dan masuk kedalam air yang disedot oleh pipa penyedot. Jadi setelah pipa 4" maka pipa 2" masih kerus kebawah lagi.

      Delete
  60. Artikel bahasannya lengkap banget pak. Salut
    Secara perbandingan harga ternyata dak terlalu jauh ya, sekitar 6juta untuk 60 meter. Jumlah pipa juga sama 15. Yg beda adalah ada yang pakai pipa 4" lebih banyak, sedangkan ada yg pipa 2" nya lebih banyak. Yang saya tanyakan adalah bagus mana pakai pipa 4" nya lebih banyak atau 2" nya yang lebih banyak? Mungkin ada yang bisa bantu jawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebagus yang 4 inch lebih banyak pak. Alasannya disini mata jet diposisikan jadi makin ke bawah makin dalam mata jet dan kemungkinan air tidak terangkat di musim kemarau bisa di minimalisir. Pada saat kemarau jumlah air sedikit maka air akan makin dalam didapat dengan dalam mata jet maka air mudah didapat. Mata jet harus selalu terendam air. Semoga bisa menjawab pertanyaan bapak.

      Delete
  61. Lengkap sekali pembahasannya. Mencerahkan sekali. Sukses selalu!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf pak mengganggu sy baru saja buat sumur bor 40m kedalamanny klo tmpat sy/tetangga biasany 40m sdah bnyak aor bersih.. prtanyaan sy brp hari y pak menguras sumur bor baru karna sy baru sehari saja air sudah jernih tpi msih bau lumpur trima ksih pak sony

      Delete
    2. Pokoknya sampai bersih Pak Imam. Kalau semua sudah bersih dan tidak berbau ,ya tidak perlu lagi dikuras lagi. Saya saja kemarin seminggu pak. kalau Bapak cuma sehari berarti airnya bagus.

      Delete
  62. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  63. Kalau hilang bau lumpurny brp hari y pak perkiraan n kira2 brp jam perhari nguras airny smpai tdk berbau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumpur ya pak kta tkang bor ny air ditmpt sy bgus soalny dikedalaman skitr 18m udh ktmu pasir dan batu smpai kdalaman 41m mata bor dah gk kuat lg..,

      Delete
  64. mahal amat ya, di sini(serang banten) borongan komplit =mesin jetpump merk airlux 370 + jasa+ pralon dll.kedalaman 50 meter terima beres Rp.3.400.000 malah kalo yang pake jetpump merk shimizu kena Rp.4.000.000 bisa diangsur 2x pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak tahu jenis paralon yang yang digunakan. Jenis Pompa yang digunakan. Berapa dalam casing 4 inchi yang digunakan. Jadi banyak aspek yang berpengaruh.

      Delete
  65. selamat malam, tanpa sadar saya juga melakukan proses pengeboran sumur. walaupun bukan pak Reza, tetapi yg melakukan pengeboran adalah anggotanya pak Winata.

    cuma saya merasa bingung.
    proses kurang lebih sama. tetapi jumlah pipa berbeda. 4" 9 batang dan 2" 3 batang.
    pipa 1" dan 1-1/4" kurang lebih 9 batang kalau tdk salah ingat.

    melihat kerjaan bapak 4" + 2" = 15 batang = 60 m
    penggalian sumur saya yg 60m hanya 12 batang = 48 m

    apakah akan berpengaruh ga yah kedepannya?
    karena yang dihubungi pd awalnya adalah pak Jamal, sangat sulit ketemuannya sehingga tidak sempat melakukan perjanjian. hasil air sekarang masih bau besi sekali. terpaksa saya masih harus mengakali dengan filter.
    cuma filternya selalu harus saya bersihkan karena hasil air yang masih keruh membuat filter menjadi tersumbat...

    apakah punya bapak juga bau besi? dan bagaimana yah dengan perbedaan pipa yang masuk kedalam tidak sampai 60m itu?

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya saya menuliskan catatan dibawah tulisan saya pak. Soalnya banyak yang kecewa dengan hasil pengeboran tidak sesuai dengan perjanjian. Itu sudah beberapa hari selesai Pak pengeborannya? Coba dikuras dulu saja. Saya sampai seminggu memang belum jernih dan kemudian berangsur-angsur bersih pak.
      Kalau kedalaman tidak sampai 60 meter itu tergantung kedalaman air bersih dirumah bapak. Kadang yang hanya 30 meter sudah dapat air bagus. Kadang ada yang mesti 60 meter.
      Semoga masalahnya cepat terselesaikan.

      Delete
    2. saran buat teman teman disini :
      1. pastikan bikin perjanjian terlebih dahulu baru dikerjakan. ga usa pedulikan jika timnya uda datang dengan bawa alat lengkap tapi belum bikin perjanjian akan dapat air bersih. jika air tetap kotor bagaimana konsekuensinya.
      karena diposisi saya, pengebor uda terima uang maka uda lepas tangan

      usaha pengebornya saya post biar teman teman yg baca disini bisa lebih berhati hati jika ingin menggunakan jasa pengebor satu ini :
      Jasa Utana / JASA UTAMA / JASA TUKANG BOR SUMUR hp 085277968688HP: 085277968688 ; 0831385837455; 081807148286. dikenal dengan nama pak Jamal, Winata, Deni.

      2. pastikan garansinya apa saja dan berapa lama, suruh bikin tanda terima dengan stempel perusahaan.
      3. sewaktu pengerjaan, pastikan dilihat agar tidak ditipu.
      dalam kasus saya :
      a. pengeboran casing 4" dimana harusnya 12 pipa hanya dikerjakan 8.5 pipa dengan alasan sudah dapat pasir bagus
      b. pemasangan casing 2" dipastikan mendekati total kedalaman 60m. ada kalau kurang 1-3m masih tidak apa apa. kasus saya disisakan 12m.
      NB: saya sudah nelpon dengan mengatakan teman saya mengatakan kl pemasangan pipa 12" seharusnya mendekati 60m karena takut masalah longsor atau pergeseran tanah. tapi pihak pengebor siapa temannya suruh nelpon saya.
      padahal teman yg saya maksud sebenarnya beberapa jasa pengebor lainnya yang saya telpon terlebih dahulu untuk sebagai input masukan. ga mungkinlah jasa pengebor lainnya nelpon dia kan?
      c. pengeboran kedalaman 60m maka pipa bor yang dimasukkan ke dalam tanaha adalah sebanyak 38 batang. kemarin kalau tidak dijaga maka akan dimasukkan sebanyak 37 batang saja. untung waktu itu dihitung.
      d. pemasangan tessen klep sebaiknya dipasang dobel. 1 bawaan pompa jetpump, 1 nya lagi merk York. jangan takut dikatakan air akan kecil. di kasus saya, bawaan shimizu dicopot dan cuma dipasangkan YORK, air tetap deras.
      e. jika punya pompa JEtPump, yang selam aini masih berfungsi, baik itu model Shimizu kepala 2xx. coba test terlebih dahulu apakah bisa digunakan atau tidak. karena pihak pengebor mengatakan ga bisa pake, disuruh beli model 378. tetapi buktinya saya menggunakan model lama tetap deras dan aman saja.
      f. masalah pompa JET PUMP, jika dikatakan output jetpump dipasangkan stop kran, memang bagus. tapi jika disuruh buka 1/2 supaya lebih hemat listrik. ini salah besar. saya sudah menguji jika stop kran dibuka full dengan buka 1/2 ataupun 1/3, 3/4 hasilnya bagaimana. tetap buka full mengkonsumsi daya listrik paling kecil. buka 1/2 bisa lebih besar daya yang dibutuhkan hingga 50-80 watt.

      semoga bermanfaat.

      Delete
    3. sudah hampir seminggu, aroma airnya tetap bau banget, sama seperti aroma sumur lama saya yang kedalamannya 12m. padahal uda saya kasih 4 filter (carbon, mangan, ferolite). kalau keruh saya anggap masih seminggu jadi masih butuh waktu.

      Delete
    4. Saya turut berduka dengan kejadian yang bapak alami.
      Disini saya hanya menambahkan sedikit tulisan dari bapak diatas. Benar sekali pastikan perjanjian sesuai dengan perkataan. Kadang mulut penjual jasa manis banget. Makanya perlu dicari penjual jasa yang pernah dipakai oleh krabat. Saya sendiri juga buta mengenai hal ini jadi hanya memakai yang saya temui disekeliling rumah dan nternet. Setelah membuat perbandingan baru memilih tukang bor.
      Untuk jet pump, pemilihan tergantung kedalaman sumur dan ketinggian air. Untuk kedalaman 40 meter memang bagusnya pakai yang seri 3. Kalau air tanaha bapak surut dan makin jauh dari permukaan tanah maka pompa akan susah menaikkan air. Mungkin saat ini air yang ada dirumah masih rendah sehingga dengan menggunakan pompa yang daya kecil masih bisa terangkat.
      Untuk kualitas air sendiri, bagaimana dengan tetangga bapak apakah kualitasnya sama dengan bapak atau lebih baik.
      Kalau kualitas air saya alhamdulillah pertama kali keluar tidak berbau. dan berangsur-angsur menjadi jernih.

      Delete
    5. Sumur semalam itu umumnya sudah bisa dapat air berkualitas baikita, tergantung wilayah. Umumnya air bau ada di lapisan pasir bagian atas. Lapisan pasir bagian bawah biasanya bagus. Air dari dua tingkat lapisan ini tidak boleh bercampur sehingga harus dipasang casing dengan ujung di lapisan lempung impermeable di antara dua lapisan itu. Harus dicek dimana kebocoran terjadi. Paling baik sebelum dilakukan pengeboran tanya tetangga yang berhasil gali sumur dengan kualitas air bagus.

      Delete
  66. Sebulan kemarin saya membuat sumur bor sedalam 75meter ,,, awalnya airnya bersih tdk bau tp skrng jd bau kotor dan keluar pasir . Bagaimana ya solusinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan ada yang bocor di casingnya. sehinga air yang dari atas masuk kedalam sehingga bukan air dalam dihisap oleh pompa. Kalau tidak ada yang pecah seharusnya air bawah yang dihisap oleh pompa.Jadi sebaiknya dipanggil kemabli tukang bornya untuk memeriksanya.

      Delete
  67. thanks artikel yang sangat menarik sekali,
    saya hendak bertanya, beberapa hari yang lalu saya mengalami kasus air yang masuk ke toren kecil, setelah di cek oleh tukang, disarankan untuk mengganti tusen klep (umur pompa dan pipa sudah di atas 15 tahun) maka dilakukan proses angkat pipa untuk penggantian tusen klep (tukang menganjurkan pake YORK). Proses berjalan lancar dan debit air kembai deras. Namun selang 2 hari tiba tiba air menjadi keruh seperti teh, saya lakukan usaha menghidupkan pompa sesering mungkin dan menaburkan tawas. sore hari ini (13/4/2017) air sudah agak bening namun terasa kesat di kulit (jika tangan dicelupkan ke air dan mengepal erat setelah dicelupkan terasa telapak tangan agak lengket).
    1. Apa yang menyebabkan perubahan air tersebut? apakah proses angkat pipa?karena sebelum angkat pipa air sangat jernih
    2. Apa solusi yang harus saya lakukan? saya sudah hubungi tukang itu lagi namun jawabannya kurang memuaskan saya.

    Terima kasih atas atensinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bantu jawab berdasarkan pengalaman saya ya pak.

      1. ada kemungkinan air menjadi keruh krn adanya getaran / hentakan saat pengangkatan pipa yg memyebabkan longsoran di pinggir casing atau di dasar sumur.
      Untuk air yg lengket bisa akibat dari penaburan tawas.

      2. saran sy, lakukan pengurasan air (keruh & lengket) yg ada dlm sumur, dg cara menghidupkan pompa terus menerus sampai air terlihat jernih, bs setengah hari atau seharian.

      Saya sudah pernah melakukan hal seperti ini dan berhasil.

      Semoga bermanfaat.

      Delete
  68. Keren Pak, semuanya didokumentasikan dengan baik. Saya sedang mencari tahu, kenapa air tanah yang diangkat menggunakan pompa "satelit" kotor dan berwarna hitam. Ketemulah artikel bapak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungan ibu. Air akan terus kotor sampai sekitar seminggu setelah pengeborannya.

      Delete
    2. Tapi itu tergantung lama pengurasan air kotornya. Makin lama pengurasan air dilakukan makin cepat air kotornya habis. Sampai air bersihnya keluar stabil.

      Delete
  69. Saya nebeng share pengalaman ngebor sumur, 2 minggu kemarin kami mengebor sumur, soalnya penghuni kontrakan kami protes airnya bau besi dan berminyak, kami konsultasi ke sekuriti yg merangkap mandor buat warga sekitar perihal berapa biayanya dan tetangga yang telah mengebor, sekitar perkiraan 4 juta (pipa klep dan jasa pengeboran), pompa sudah dpt dari developer. Saya tanya ke sekuritinya dapat 4,2 untuk biaya mengawasi kopi dan cemilan pekerjanya. Jumat siang saya transfer jam 2 tukang sudah datang dan mulai mengebor, berhenti saat maghrib dan lanjut sabtu pagi sampai siang, total 22 mtr sudah dapat air bersih, dan bisa langsung digunakan tanpa perlu menunggu semingguan, alhamdulillah sih dan untung2an dapat aliran sungai bwah tanah yang bersih, saya by call sih sudah percaya sekuritinya sebab masang teralis lewat jasanya dan minta jaminan dapat air bersih sesuai kata juragan disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti anda beruntung pak, air bor langsung bersih.

      Delete
  70. sebenernya kalo air bau besi dan kuning disebabkan oleh apa ya pak ? Kemudian solusinya apa ya pak ? Apa perlu pasang PAM ? Apa bpk tau biaya pasang pam daerah bekasi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bau besi kemungkinan disebabkan oleh permukaan air yang dangkal. Jadi air yang diambil oleh pompa air permukaan. Sedangkan untuk air kuning biasanya disebabkan oleh bahwa lokasi berada dibekas persawahan. Apa sudah coba didalamin sumurnya?
      Untuk pemasangan PAM tergantung lokasi. Kalau sudah masuk jaringan PAM maka bisa, kalau belum maka tentu bapak tidak bisa menggunakan PAM.

      Delete
  71. Salam kenal
    Saya baru pindah ke daerah ciapus bogor,,air di rumah saya sampai saat ini (sdh hampir 4 minggu) masih kotor dan bau besi. Pernah kami kuras sampai dapat air yg jernih, lalu besoknya kami nyalakan lagi mesin airnya tp ternyata keluar air coklat lagi. Kami kuras tiap hari dan ternyata setiap kami menyalakan mesin air diawal2 selalu keluar air coklat. Jd bila kami nyalakan pagi itu akan keluar air coklat dan dinyalakan sorenya lagi juga keluar air coklat. Itu kira2 knp ya pak?? Memang sih sepertinya sumurnya dangkal, karna mesin yg dipakai kecil merk sanyo.

    ReplyDelete
  72. Salam kenal
    Saya baru 4 minggu pindah ke ciapus bogor. Tp air tanah di rumah ini tidak bersih2. Pernah saya kuras setengah hari sdh dpt air yg jernih. Namun besoknya sy coba utk kuras lagi ternyata keluar air coklat lagi. Kalau sy perhatikan tiap sy nyalakan mesin air diawal2 nya air keluar coklat. Sampai sekarang masih seperti itu. Jadi kalau sy pagi nyalakan mesin, air diawal akan coklat nanti setelah 1-2 jam lumayan bersih. Tp kalau sore sy nyalakan lagi ya seperti itu lagi. Kira2 bpk tau tdk itu knp??sepertinya sih di rumah sy sumurnya dangkal karna mesin yg digunakan kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tanah dibawah belum stabil jadi setiap ada ada hisapan jadi tanah kotor masih terhisap. coba diterusin aja kurasnya sampai tanah diabawah stabil dan tidak terhisap lagi.

      Delete
  73. Ooh karna tanah blm stabil ya..sy fikir apa karna sumurnya dangkal.. Jd harus sering dikuras ya??
    Kemarin sy kuras +-1.5 jam air mulai terlihat jernih lalu mati lampu sekitar 10 menit (mesin air jadi ikut mati) kemudian nyala lagi (mesin air hidup lagi) air yg keluar jadi coklat lagi dan ada tanahnya.
    Rencananya sy mw pasang filter kalau air di sini tdk jernih2. Gmn mnrt bapak?

    ReplyDelete
  74. Itu pengeborannya berapa meter kebawah ya?..... Soalnya tanah dibawah itu kan bermacam-macam ada yang kuat ada yang kurang kuat jadi ada getaran sedikit aja langsung rontok. Jadi tanah yang rontok ini yang tersedot oleh pompa. Sampai nantinya ketemu tanah yang kokoh baru deh jernih terus...

    ReplyDelete
  75. Kalau tdk salah hanya 9-12 meter. Tetangga sebelah juga kedalaman segitu tp airnya bersih dan tdk bau besi. Rumah tetangga bersebelahan dengan sungai

    ReplyDelete
  76. Pak, terima kasih artikelnya mencerahkan saya yang buta sama sekali dengan sumur bor.

    Saya tinggal di Bandung, dalam 2tahun ini PAM tidak jalan, malah setahun terakhir tidak jalan sama sekali padahal setiap bulan bayar hampir 200rb, setahun 2400rb, kalau dikali 10rb rumah udah berapa itu, entah kemana uang2 masyarakat itu.

    Maaf sedikit melenceng dari topik, hahahaa. agak emosi saya, mikirin kinerja PAM semakin buruk. Saya bayar selalu lancar, taat pajak, namun ini yang saya dapat.

    Karena PAM tidak jalan, alhasil tetangga2 ada yang beberapa pasang sumur bor, dengan spek dan kedalaman yang kira2 sama harganya di Bandung 15jt pak, mahal sekali ya.

    Oiya apakah pemasangan sumur bor memungkinkan di dalam ruangan (tinggi ruangan 3 meter)? karena saya lihat pipa-nya besar dan panjang, di teras rumah saya ada atap soalnya.

    Dan saya ada sumur gali sedalam 10meter air sudah keruh(dulu jernih sekali), menurut bapak apakah sebaiknya saya perdalam sumur gali dan pasang mesin semi jetpump atau buat sumur bor saja?

    Oiya karena kesibukan dan rumah kosong, sepertinya tidak akan ada yang bisa memantau pekerjaan tukang, jadi takut ditipu, disisi lain sangat butuh air... hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut saya sih mending sumur itu yang diperdalam sehinggabisa mendapatkan air bersih. Kalau melkukan pengeboran didalam akan banyak resikonya.
      nah kalau untuk selamapengeboran mending dilakukan diakhir pekan sehingga bapak bisa memantau.

      Delete
  77. Pak, ternyata saya baru tanya2, air tanah di daerah saya jelek karena jaman dahulu kala bekas persawahan, jadi blok sebelah jernih sekali, dan blok saya kuning dan bau besi.

    Tapi ada satu tetangga yang pakai filter jadi bersih sekali, dia pakai pompa celup (entah apa itu saya ngga ngerti), yang lain pakai jet pump mesin atas tapi pada kotor.

    Di musim kemarau pada kering, tapi dalam 3 jam baru keluar air, masih mending daripada tidak ada sama sekali, jadi saya fix minggu depan mau pasang, kebeneran tukangnya orang deket rumah, jadi kemungkinan untuk kena tipu berkurang. hahaha

    Oiya total biaya 12jt, all-in tau beres, kalau pakai filter nambah sekitar 1jt, lama pengerjaan 3-4 hari...

    Mohon doa-nya Pak, agar semua berjalan lancar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bapak bisa mendapatkan air bersih yang bapak idam-idamkan. Dia kayanya memakai submersible pump. Itu bisa menarik air disekelilingnya loh pak....
      Kalau menurut saya mending hanya jasa yang dipakai di tukang bor. Kaau material dari mereka bisa ambil untung dua kali mereka, kecuali bapak sudah kenal dengan tukang bor nya.

      Delete
    2. Iya pak, saya sudah bikin janji sama tukang pompanya, deal harga 5.500, tadinya 6.000 cuma di nego. hahaha.

      Sebenarnya saya ingin tukang semua yang mengurus termasuk beli2 pipa dan pompa, karena saya kenal dengan toko bangunan di dekat rumah, jadi tinggal telepon cek harga, ngga akan ditipu.

      Harga tukang air ini tidak per meter, tapi kata tukangnya dalamnya sampai ketemu air, kalau tetangga2 sih sekitar 30-40 meter.

      Di dekat rumah cuma ada yang jual Shimizu, tipe ngga tau, pokoknya 500W itu 2.9jt, dan grundfos 500W itu 5.000, cuma yang jual Grundfos itu jauh banget sekitar 10km, dan pompa kan bisa lebih dari 10kg ya? jadi saya sepertinya ambil Shimizu aja, bandung sekarang macet, jauh 10km bermacet ria bisa 2jam dijalan, dan budget mepet juga. hahaha

      Nah lalu kondisi listrik rumah saya sama seperti bapak, 1300W, kata tukang airnya menentukan pompa terakhir kalau sudah ketemu air, cuma untuk tetangga saya yang terakhir pasang itu 36m, pakai pompa harus yang 500W katanya, dan listriknya ngga kuat, jadi dia pakai submersible pump, ternyata pompa celup yang 275W doang bisa ngangkat airnya.

      Nah kemungkinan besar saya akan butuh filter, karena rumah bekas sawah.

      Jadi perkiraan total biaya (Biaya pipa hanya perkiraan dari biaya di artikel bapak, terima kasih udah share).
      Tukang 5500
      Pompa Shimizu 2900
      Pipa 4000
      Toren 500L 850
      Filter 10" PVC + media 1000
      Total 14.250.000

      Jadi takut over budget nih... hahaha budget cuma 15jt untuk pasang pompa air ini.

      Butuh banget air soalnya, buat mandi.

      Pak, saya bingung, kenapa bisa submersible pump menyedot air tetangga juga? kan fungsi sama seperti jetpump namun sistem sedot yang berbeda? berarti harusnya kalau lokasi air di rumah kita kering, ya tetap kering kan ngga akan menyedot yang tetangga, kan kedalaman berbeda2.

      Tolong dijawab pak, saya penasaran banget mengenai ini. hahaha

      Terima kasih.

      Delete
  78. Oiya saya lupa bilang, katanya kalau seandainya kita buat 30-40m, saat kedalaman 25m misalnya sudah ada air, makan pengeboran di stop, karena tidak mengejar dalam tapi mengejar air, banyak kejadian di kedalaman lebih dalam justru air malah hilang karena beda lapisan.

    Apakah itu benar pak?

    ReplyDelete
  79. Asalamualikum pa.....saya baru beres buat sumur bor sekitar 3 harian......jasa per meter 130....total kedalaman 32 m....mesin yg saya funakan merk dracos 1/4 pk....nah yg saya mau tanyakan...sudah dua hari saya melakukan pengurasan....apakan normal masih ada pasir2 halus dan sedikit berbau besi tetapi tidak pekat bau nya.....mohon penceraha nya pa

    ReplyDelete
  80. JeNis mesin nya submeraible....dengan pipa wavin 4 inc...untuk chasing...dan 3/4 inc....total biaya 9,5 juta....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berapa lama kurasnya Pak? Silahkan dibandingkan dengan sewaktu awal penguransan dulunya. Ada perubahan atau tidak... Karena memang nunggu tanah stabil dahulu baru basanya airnya bersih...

      Delete
    2. Kurang lebih 15 menit...soal nya kalau terlalu lama yg saya takut kan pasir halus nya masuk ke dalam mesim pompa nya....mudah mudahan sih begitu pa....makasih penjelasanya.....

      Delete
    3. Nah itu sudah wajar kalau pasir masuk kedalam pompa..... tergantung pompanya aja ntar bagus pa ga melawan pasri hehehe. Semoga ga ada masalah berarti....

      Delete
    4. Ok siap ....untung pompa nya kuat...memang sih ga saya paksa kan....tetangga saya pun pada proses pengurasan Butuh waktu 1 mingguan....apakah bau besi nya wajar ato tidak ya pa

      Delete
    5. Pa mau tanya sekali lagi.....kemaren pipa 4 inc yg saya di bagian bawah di sayat sayat tujuan nya buat apa ya.....kurang lebih 2 batang pipayg di sayat2.....dari keseluruhan 32 m

      Delete
    6. Saya aja lebih seminggu pak untuk kuras air menjadi bening. Seharusnya bikin 60meter aja sekalian pak hehehe.... Untuk sayatan sendiri itu adalah untuk jalur masuk air jadi air masuk dari samping2 pipa bukan dari bawa saja.....

      Delete
  81. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  82. Oh begitu toh pa....jadi karakter pompa submersible emang begitu ya.....menyedot air dari segala arah....pantes pasir pasir halus banyak yang terbawa....trimakasih sebelum nya pa atas penjelasan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama pak. Kalau untuk kita memang bagus pompanjenis ini tapi kalau untuk tetangga mah ga bagus.

      Delete
  83. Bapak ibu mhn info no telpon tkg jasa bor untuk wilayah jatiluhur jatiasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tukang jasa bor seharusnya coba dibandingkan tukang jasa bor disekeliling dahulu soalnya mereka yang lebih mengerti daerah. Nah kalau masih tidak percaya di Internet banyak kok bisa ditemukan jasa bor.

      Delete
  84. wah makasih bgt sharing ilmunya yah,
    yg mau saya tanyakan dan sharing adalah,
    saya posisi di jakarta dan mau melakukan pengeboran air, tp di rumah bp saya kedalaman 30 meter airnya msih rada berbau zat besi, tukangnya sarankan untuk kedalaman 50-60 meter, dengan 8 pipa casing 4 inci
    yang mau saya tanyakan apakah dengan target kedalaman 50-60 meter tersebut perlu ijin khusus dri pemda, karena yang saya denger dari lingkungan diperlukan ijin tersebut, karena bila saya mau ngebor di kedlaman 30 meter airnya kurang bagus, mohon pencerahannnya, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya di jakarta, bikin 60m tetap aja bau besi. Mungkin ada baiknya melebihi 100m baru aman kalau ingin air bebas dari bau besi.

      Delete
    2. Kalau untuk membuat sumur bor, setahu saya untuk membuat sumur bor dijakarta juga pakai izin karena kita mengambil air tanah secara langsung. Apalagi sumur bor yang dalamnya 60 meter. Tapi terkadangkan masyarakat tidak mau pusing akan hal ini soalnya untuk membuat surat izinnya sendiri kadang diperumit.

      Delete
    3. Untuk berbau besi sendiri tergantung lokasi. Kalau di Jakarta ada kemungkinanan kita harus menggali lebih dalam karena air dijakarta memang kurang bagus.

      Delete
  85. Saya baru kemaren membuat sumur bor sendiri dengan cara menembakan air ke dalam pipa casing melalui pipa hisap, saya cukupkan di kedalaman 8 meter, air yang keluar masih bercampur pasir yang lembut ketika saya kuras untuk penjernihan, biasanya perlu berapa hari sampai jernih dan apakah pasir lembut tersebut akan habis atau mengendap sehingga airnya bisa bebas dari pasir?

    ReplyDelete
  86. Saya baru saja membuat sumur bor kedalaman 40m dengan pengammbilan sumber di kedalaman 24-32,tapi kenapa stelah di pasang mesin airnya kok keruh kayak campur lumpur kental warna agak rada2 ijo gitu yah dan udah sy buang dengan nyalain mesin 10 jam tapi tetap ga ada perubahan air tetap keruh kayak lumpur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om, seinget saya dulu ngebor saya sampai seminggu masih keruh airnya, walau berkurang sedikit demi sedikit. Sabar aja om. Mudah-mudahan air bersihnya akan keluar setelah lapisan tanah bawah sudah stabil sehingga tidak naik lagi.

      Delete
  87. Artikel yang sangat bermanfaat bagi kita semua,khususnya bagi kami sebagai jasa pembuatan sumur bor. bisa menjadi pelajaran berharga bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas hasil pengeboran kami.



    Terimakasih.

    ReplyDelete
  88. Assalaamu'alaikum...


    Postingannya sangat bagus sekali sebagai bahan pelajaran bagi saya dan tim untuk terus meningkatkan kualitas hasil pengeboran kami.



    JASA BOR SUMUR JABODETABEK
    Harga bisa nego sampai jadi
    Harga Murah namun tetap berkualitas, profesional, Berpengalaman dan insyaa Allah AMANAH.

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images