Memasang Voltmeter di Yamaha Nmax
4:24:00 PM
Yamaha Nmax adalah salah satu
sepeda motor keluaran pabrikan Yamaha.
Model ini sedang laris dipasaran mengalahkan pesaingnya dari merek sebelah Honda
PCX. Untuk fitur sendiri memang ada plus minusnya dan yang pasti Yamaha Nmax
lebih murah dari pesaingnya ini.
Motor ini jugalah yang sekarang
menggantikan tugas Chelsea, motor
tertua kami yang terpaksa di museumkan dikarenakan penyakit akut yang butuh
biaya tinggi untuk pemulihannya. Soalnya
lagi patah tulang, sudah lama saya
membiarkan shockbreaker motor yang
telah mati tetap saya pakai, sehingga sekarang yang kalah rangkanya alias chassis ampuuuuun ……
Sudah lebih setengah tahun Yamaha
Nmax menemani kami dan setia mengantarkan kami pergi pulang kantor.
Mengantarkan kakak dan Nabil berangkat sekolah serta mengantarkan bunda ke
pasar.
Salah satu kekurangan dari sepeda
motor ini tidak mempunyai kick stater.
Seandainya aki motornya soak a.k.a koit
dijamin kita akan mustahil menghidupkan mesin motor ini, kecuali ada motor yang
bisa berbagi daya dengan motor kita
alias jumper. Nah untuk meminimalisir
hal itu, terjadi kita bisa mencegahnya dengan memasangkan suatu alat yang
namanya voltmeter. Fungsi utama dari
alat ini adalah untuk mengukur beda tegangan dari kelistrikan di motor kita.
Kalau seandainya tegangan dari aki di motor sudah mulai melemah paling kurang
kita dapat mengetahui lebih cepat.
Awalnya saya mencari petunjuk
pemasangan diinternet ternyata masih belum ada yang membuat panduannya di
internet. Dengan modal pengetahuan saya sedikit dikelistrikan kendaraan maka saya memberanikan
diri untuk melakukan eksperimen pada motor saya.
Sebagai informasi awal, kalau
dimotor itu masih menggunakan daya DC 12 V. Jadi ada kutup positif dan negatif.
Kalau kutub negatif itu biasanya disebut ground
ada diseluruh body motor yang terbuat dari besi. Nah permasalahannya sekarang
mencari kutup positif yang hanya akan ada daya kalau saat kunci kontak “ON”. Sehingga pada saat kunci “OFF” voltmeternya
akan mati.
Kalau mau mudahnya bisa saja diambil langsung
dari aki dan di tambahkan switch atau
sakelar tambahan akan tetapi menurut saya itu sangat tidak praktis. Sehingga untuk memantau tegangan motor harus buka jok dan menghidupkan alat ini. Sehingga
saya memutuskan untuk memasang berdasarkan posisi kunci kontak motor. Untuk itu
diperlukan multimeter untuk mencari
polaritasnya.
Adapun peralatan yang akan
dibutuhkan nantinya adalah.
1. Solder, Timah dan pasta
2. Cutter/ pisau
3. Kabel warna merah dan Hitam secukupnya
4. Multimeter
5. Voltmeter yang akan dipasang
6. Obeng (+) plus
7. Kabel ties & isolasi hitam
Saya akan memasang voltmeter yang dilengkapi dengan dual USB charger sehingga nanti pada saat
perjalanan masih bisa melakukan pengisian batere handphone. Cari yang tahan air
alias waterproof. Sehingga bisa
tahan dalam kondisi hujan. Soalnya saya melakukan pemasangan alat tersebut dibawah setang
kemudi bagian kanan.
Adapun langkah pemasangannya
adalah:
Petunjuk komponen (Sumber ; Yamaha Spare Part) |
- Lepaskan pelat nomor dan lepaskan penutup depan atau Visor (1) dari bodi Nmax. Dibelakang pelat nomor ada 4 buah baut (2) yang mesti dilepas, kemudian lepaskan tameng udara alias Visor.
Lepaskan 4 buah baut visor |
- Lepaskan Panel Console (8) dengan cara melepaskan tiga buah baut (9) diatas dan kemudian tarik secara perlahan.
Lepaskan 3 baut (lingkaran kuning) |
Tarik dengan perlahan |
- Cari posisi pemasangan kabel voltmeter. Kali ini posisinya adalah dibaut kiprok (negatif/ ground) dan satu lagi di kabel warna coklat (positif).
Lokasi pemasangan kabel (+) dan (-) |
- Untuk pemasangan kabel voltmeter, saya menguliti sedikit kabel berwarna cokelat untuk melakukan peyambungan dengan cara di solder. Untuk yang disolder ini adalah arus positif jadi pergunakan kabel merah. Berikan isolasi hitam pada kabel yang kita solder tadi untuk mencegah terjadi hubungan pendek.
- Pasang kabel hitam yang telah dipasangkan terminal bulat. Ini akan dipasangkan di baut kiprok. Untuk pemasangan kabel telah selesai dilakukan.
Terminal sudah dipasang di baut (negatif) |
- Kemudian buat lubang pemasangan Voltmeter pada lokasi yang diinginkan, menggunakan solder dan penyelesaian menggunakan cutter atau pisau. Terlebih dahulu ukur dimensi dari voltmeter, sebelum membuat lubang dan kemudian pasang stiker untuk menandai posisi pemasangan. Garis ujung stiker untuk menandakan lobang voltmeter seandainya kertasnya rusak akibat solder jadi kita masih mengetahui batas lubang voltmeter.
Membuat lubang pemasangan voltmeter |
- Ujicoba voltmeter, apakah berfungsi dengan baik. Setelah berfungsi dengan baik. Tegangan batere akan terbaca di layar voltmeter.
- Pasang voltmeter pada tempat yang telah dibuat tadi.
- Kita kemudian beralih ke perkabelan. Pada ujung kedua kabel tadi pasang terminal yang nantinya akan terhubung dengan voltmeter. jangan lupa gabung kedua kabel dengan menggunakan isolasi hitam
Pemasangan isolasi hitam dan kabel |
- Pasang kabel sesuai dengan polaritasnya.
- Pasang kembali komponen yang telah kita lepas tadi dari langkah yang sebaliknya.
Traaaa daaaaa……. Semua proses telah dilaksanakan dan
voltmeter telah terpasang dengan indah di motor hehehe. Sekarang kita bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Insya
Allah.
Sebagai informasi tambahan kalau saat dimatikan mesin tegangan yang terbaca adalah tegangan aki atau battere motor. Jika mesin hidup maka yang terbaca adalah tegangan engisiian batere. Semoga postingan saya bermanfaat hendaknya bagi pembaca.
Sebagai informasi tambahan kalau saat dimatikan mesin tegangan yang terbaca adalah tegangan aki atau battere motor. Jika mesin hidup maka yang terbaca adalah tegangan engisiian batere. Semoga postingan saya bermanfaat hendaknya bagi pembaca.
17 komentar
Assalamualaikum. Mantap postingan Bapak. Ini berlaku juga buat yg mw pasang charger hp ya?
BalasHapusIya ini bisa juga buat charger HP karena yang saya pasang ini voltmeter dan juga chargeran.
HapusKenapa gak cari arus kontak di posisi soket saja pak? atau yang ada skunnya kayak di artikel ini : https://stradamotoblog.com/cara-pasang-voltmeter-untuk-cegah-aki-soak/ jadi gak perlu menguliti kabel.
HapusMemang cara ini lebih aman. Tapi itu bagi yang bisa bongkar full semua. berhubung saya bisanya bongkar sedikit aja jadi cara menguliti yang saya pakai.
Hapusmantaabb paakk , informasi yang sangat berguna
BalasHapusTerima kasih atas kunjungan ke Blog kami
HapusBermanfaat sekali. Terima kasih pak, salam buat keluarga
BalasHapusTerima kasih atas kunjungan ke blog ke luarga kami.
HapusHarga voltmeternya brapa ya??bisa kita dapetin dimana?
BalasHapusHarganya sekitar 70rban. saya beli dari luar mas. Sekarang di Indonesia juga banyak jual kok. tapi modelnya beda.
Hapuskabel arus positifnya di pasang ke kabel kontak ato yg lain?
BalasHapusKeren pak,,sangat membantu dan terima kasih sy akan coba pak.
BalasHapusSemoga berhasil pak....
HapusApakah aman pak....?
BalasHapusInsyaAllah aman.... yang kurang berufungsi sekarang itu malah voltmeternya rusak hahaha.... Tapi masih bisa saya pakai untuk monitor battere motor alias aki....
HapusMemang batasan bawah aki, berapa volt sebelum tidak bisa stater di nmax?
BalasHapusKlo pemasangan volt meter kabel positif boleh ga di pasang di aki
BalasHapus