Memasang Voltmeter di Yamaha Nmax

4:24:00 PM


Yamaha Nmax adalah salah satu sepeda motor  keluaran pabrikan Yamaha. Model ini sedang laris dipasaran mengalahkan pesaingnya dari merek sebelah Honda PCX. Untuk fitur sendiri memang ada plus minusnya dan yang pasti Yamaha Nmax lebih murah dari pesaingnya ini.

Motor ini jugalah yang sekarang menggantikan tugas Chelsea, motor tertua kami yang terpaksa di museumkan dikarenakan penyakit akut yang butuh biaya tinggi untuk pemulihannya.  Soalnya lagi patah tulang, sudah lama  saya membiarkan shockbreaker motor yang telah mati tetap saya pakai, sehingga sekarang yang kalah rangkanya alias chassis ampuuuuun ……

Sudah lebih setengah tahun Yamaha Nmax menemani kami dan setia mengantarkan kami pergi pulang kantor. Mengantarkan kakak dan Nabil berangkat sekolah serta mengantarkan bunda ke pasar.

Salah satu kekurangan dari sepeda motor ini tidak mempunyai kick stater. Seandainya aki motornya soak a.k.a koit dijamin kita akan mustahil menghidupkan mesin motor ini, kecuali ada motor yang bisa berbagi daya dengan  motor kita alias jumper. Nah untuk meminimalisir hal itu, terjadi kita bisa mencegahnya dengan memasangkan suatu alat yang namanya voltmeter. Fungsi utama dari alat ini adalah untuk mengukur beda tegangan dari kelistrikan di motor kita. Kalau seandainya tegangan dari aki di motor sudah mulai melemah paling kurang kita dapat mengetahui lebih cepat.

Awalnya saya mencari petunjuk pemasangan diinternet ternyata masih belum ada yang membuat panduannya di internet. Dengan modal pengetahuan saya sedikit dikelistrikan kendaraan maka saya memberanikan diri untuk melakukan eksperimen pada motor saya.

Sebagai informasi awal, kalau dimotor itu masih menggunakan daya DC 12 V. Jadi ada kutup positif dan negatif. Kalau kutub negatif itu biasanya disebut ground ada diseluruh body motor yang terbuat dari besi. Nah permasalahannya sekarang mencari kutup positif yang hanya akan ada daya kalau saat kunci kontak “ON”. Sehingga pada saat kunci “OFFvoltmeternya akan mati.

Kalau mau mudahnya bisa saja diambil langsung dari aki dan di tambahkan switch atau sakelar tambahan akan tetapi menurut saya itu sangat tidak praktis. Sehingga untuk memantau tegangan motor harus buka jok dan menghidupkan alat ini. Sehingga saya memutuskan untuk memasang berdasarkan posisi kunci kontak motor. Untuk itu diperlukan multimeter untuk mencari polaritasnya. 

Adapun peralatan yang akan dibutuhkan nantinya adalah.
1. Solder, Timah dan pasta
2. Cutter/ pisau
3. Kabel warna merah dan Hitam secukupnya
4. Multimeter
5. Voltmeter yang akan dipasang
6. Obeng (+) plus
7. Kabel ties & isolasi hitam

Saya akan memasang voltmeter yang dilengkapi dengan dual USB charger sehingga nanti pada saat perjalanan masih bisa melakukan pengisian batere handphone. Cari yang tahan air alias waterproof. Sehingga bisa tahan dalam kondisi hujan. Soalnya saya melakukan pemasangan alat tersebut dibawah setang kemudi bagian kanan.

Adapun langkah pemasangannya adalah:
Petunjuk komponen (Sumber ; Yamaha Spare Part)
  • Lepaskan pelat nomor dan lepaskan penutup depan atau Visor (1) dari bodi Nmax. Dibelakang pelat nomor ada 4 buah baut (2)  yang mesti dilepas, kemudian lepaskan tameng udara alias Visor.
Lepaskan 4 buah baut visor
  • Lepaskan Panel Console (8) dengan cara melepaskan tiga buah baut (9) diatas dan kemudian tarik secara perlahan.
Lepaskan 3 baut (lingkaran kuning)

Tarik dengan perlahan
  • Cari posisi pemasangan kabel voltmeter. Kali ini posisinya adalah dibaut  kiprok (negatif/ ground) dan satu lagi di kabel warna coklat (positif).
Lokasi pemasangan kabel (+) dan (-)
  • Untuk pemasangan kabel voltmeter, saya menguliti sedikit kabel berwarna cokelat untuk melakukan peyambungan dengan cara di solder. Untuk yang disolder ini adalah arus positif jadi pergunakan kabel merah. Berikan isolasi hitam pada kabel yang kita solder tadi untuk mencegah terjadi hubungan pendek.
  • Pasang kabel hitam yang telah dipasangkan terminal bulat. Ini akan dipasangkan di baut kiprok. Untuk pemasangan kabel telah selesai dilakukan.
Terminal sudah dipasang di baut (negatif)
  • Kemudian buat lubang pemasangan Voltmeter pada lokasi yang diinginkan, menggunakan solder dan penyelesaian menggunakan cutter atau pisau. Terlebih dahulu ukur dimensi dari voltmeter, sebelum membuat lubang dan kemudian pasang stiker untuk menandai posisi pemasangan. Garis ujung stiker untuk menandakan lobang voltmeter seandainya kertasnya rusak akibat solder jadi kita masih mengetahui batas lubang voltmeter.
Membuat lubang pemasangan voltmeter
  • Ujicoba voltmeter, apakah berfungsi dengan baik. Setelah berfungsi dengan baik. Tegangan batere akan terbaca di layar voltmeter.
  • Pasang voltmeter pada tempat yang telah dibuat tadi.
  • Kita kemudian beralih ke perkabelan. Pada ujung kedua kabel tadi pasang terminal yang nantinya akan terhubung dengan voltmeter. jangan lupa gabung kedua kabel dengan menggunakan isolasi hitam
Pemasangan isolasi hitam dan kabel
  • Pasang kabel sesuai dengan polaritasnya.
  • Pasang kembali komponen yang telah kita lepas tadi dari langkah yang sebaliknya.


Traaaa daaaaa…….   Semua proses telah dilaksanakan dan voltmeter telah terpasang dengan indah di motor hehehe. Sekarang kita bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Insya Allah.

Sebagai informasi tambahan kalau saat dimatikan mesin tegangan yang terbaca adalah tegangan aki atau battere motor. Jika mesin hidup maka yang terbaca adalah tegangan engisiian batere. Semoga postingan saya bermanfaat hendaknya bagi pembaca.

You Might Also Like

13 komentar

  1. Assalamualaikum. Mantap postingan Bapak. Ini berlaku juga buat yg mw pasang charger hp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini bisa juga buat charger HP karena yang saya pasang ini voltmeter dan juga chargeran.

      Delete
    2. Kenapa gak cari arus kontak di posisi soket saja pak? atau yang ada skunnya kayak di artikel ini : https://stradamotoblog.com/cara-pasang-voltmeter-untuk-cegah-aki-soak/ jadi gak perlu menguliti kabel.

      Delete
    3. Memang cara ini lebih aman. Tapi itu bagi yang bisa bongkar full semua. berhubung saya bisanya bongkar sedikit aja jadi cara menguliti yang saya pakai.

      Delete
  2. mantaabb paakk , informasi yang sangat berguna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungan ke Blog kami

      Delete
  3. Bermanfaat sekali. Terima kasih pak, salam buat keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungan ke blog ke luarga kami.

      Delete
  4. Harga voltmeternya brapa ya??bisa kita dapetin dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harganya sekitar 70rban. saya beli dari luar mas. Sekarang di Indonesia juga banyak jual kok. tapi modelnya beda.

      Delete
  5. kabel arus positifnya di pasang ke kabel kontak ato yg lain?

    ReplyDelete
  6. Keren pak,,sangat membantu dan terima kasih sy akan coba pak.

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images