Review-Jet Cleaner ABW VGS 70 H&L

5:05:00 PM


Mungkin saya bukan yang pertama menuliskan review ini. Saya hanya ingin berbagi pengalaman saya menggunakan alat ini. Pada awalnya, saya ingin membeli alat ini untuk mencuci motor dan mobil. Untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau oleh tangan. Ekspektasinya dengan menggunakan  Jet Cleaner ini akan mudah untuk melepaskan kotoran yang melekat terutama lumpur dan pasir, karena mempunyai tekanan yang tinggi.

Pemilihan merek dan tipe yang akan dibeli, sebelum membeli telah melalui banyak pertimbangan yang sangat detail. Yaitu fungsi, dana, ukuran alat. Fungsi dari alat ini akan saya gunakan untuk membersihkan kendaraan dan juga unit indoor dan outdoor  dari AC dirumah saya. Pada faktor dana, ada banyak tipe dan merek yang lebih dari daya listrik dirumah beredar dan dijual. Mulai yang dari yang murah sampai yang mahal. Saya memilih yang murah tapi banyak digunakan oleh orang lain dan jelas lokasi Service Centernya. Untuk yang merek terkenal daya listrik yang dipakai untuk menggunakan alat itu  lebih dari daya listrik rumah saya hehehehe. Sedangkan faktor pertimbangan terakhir adalah ukuran alat yang tidak terlalu besar.

Awalnya alat ini akan saya pakai untuk mencuci mobil dan motor saja, akan tetapi ternyata bisa juga digunakan untuk membersihkan indoor dan outdoor AC. Jadi mengurangi  dana keluar untuk service AC.
Jet Cleaner sebelum dibongkar
Ada banyak merek dan ukuran dari Jet Cleaner. Dari untuk pemula sampai untuk yang professional.  Saya memilih merek ini karena banyak ulasan di Youtube dan harganya murah serta ukurannya yang tidak terlalu besar. Yang terpenting pastikan daya listrik dirumah mampu menggunakan Jet Cleaner ini serta  ada lokasi Service Centernya.
Spesifikasi yang terdapat disamping kotak
Saya membeli alat ini secara online seharga 480rb (sudah termasuk ongkos kirim dengan menggunakan layanan ojek online juga). Kebetulan sekali ada promo saat saya melakukan pembelian, jadi saya mendapatkan diskon 50rb dari harga awal. Harga sewaktu saya beli adalah 520rb (belum termasuk ongkos kirim).

Setelah melaksanakan pembayaran pada hari yang sama Jet Cleaner saya diantar ke rumah. Sesampai dirumah alat ini langsung saya bongkar dan didalam kemasannya terdapat beberapa komponen yaitu:
  • Jet Cleaner
Alat Jet Cleaner
  • Nozzle (3 buah)
Extension Nozle
  • Gun & Hose/ Selang sepanjang 5 meter
Gun & Hose
  • Tempat semprotan sabun

  • Gantungan dan 2 buah baut, Jarum untuk membersihkan kotoran, Kartu garansi, Buku Manual
Gantungan, Jarum, Buku Manual dan Kartu garansi
Untuk pemasangan perdana tidaklah sulit  tinggal mengikuti buku manual yang telah diberikan. Mulai memasang selang ke gun, selang ke alat dan pemasangan Nozzle. Kita tinggal menambahkan selang untuk air dari bak penampungan/ sumber air ke jet cleaner. Ukurannya 5/8” sedangkan pajang bebas bisa 2 meter atau 3 meter (tergantung kebutuhan).

Selang hisap dati penampungan air
Pertama kali air yang keluar dari mesin masih malu-malu alias lambat dan akan tetapi makin lama makin kencang tekanannya. Kotoran tanah yang melekat pada motor terlepas tanpa digosok. Tentu saja kita masih harus menggunakan kain lap untuk membersihkan sisa kotoran yang ada. Untuk pasir dan tanah tentu saja akan tersapu oleh tekanan air. Kita bisa menggunakan Nozzle yang panjang atau yang pendek tergantung kombinasi kita menggunakannya. Mau air yang menyebar atau terpusat, tinggal diatur dengan memutar ujung nozzle.

Saya juga mencoba menyemprot lumut yang ada melekat dipagar rumah kami, dan dengan mudahnya itu lumut langsung terlepas.

Kelebihan lainnya walau terkena air semprotan mesin pompa, tidak mengalami short circuit sehingga aman berdekatan dengan air.

Untuk penggunaan tabung sabun, hasil yang dikeluarkan tidaklah seperti menggunakan Foam Lance. Sehingga busanya tidak seperti cuci salju. Untuk membeli Foam Lance yang cocok dengan alat ini, perlu diperhatikan ukuran pipa sambungannya. Nanti saya akan membahasnya.

Kekurangan yang saya temui adalah mesin ini terus mati dan hidup walau tidak saya pakai (alat masih dialiri arus listrik). Ini mungkin kekurangan yang tidak dialami oleh semua orang. Mungkin saya sedang apes jadi yang saya dapat ini mesinnya kurang bagus. Saya masih bisa mengakalinya dengan mematikan mesin dari tombol yang ada dimesin.

Secara keseluruhan mesin ini lumayan berguna untuk saya. Terutama membersihkan motor dan AC, walau masih terdapat kekurangan yang saya alami.

Penilaian saya pribadi untuk alat Steam Cuci Mobil & Motor Jet Cleaner ABW VGS 70 H&L
(Range nilai 0-10, dimana 0 paling jelek dan 10 paling bagus)
Harga : 8
Fitur : 7
Ukuran : 8
Design: 7

You Might Also Like

18 komentar

  1. selamat malam Pak Sony, bisa tolong saya alamat lengkap penjualnya Pak.
    terima kasih dan salam,
    Muhar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya beli online Pak Muhar di Bukalapak. Cari saja merek pompa diatas dan urut berdasarkan harga.

      Hapus
  2. http://alatcucimobilmurah.blogspot.co.id/2013/06/alat-cuci-mobil-murah.html?m=1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Service center yang di jakarta dmn ya, minta di bantu di info ya gan.

      Hapus
    2. Extension Nozle paling ujung punya saya Rusak Pak.
      Tidak keluar air.

      Bgmna cara memperbaiki nya?

      Hapus
    3. Pas waktu datang kan ada diberikan jarum. Coba dulu tusuk pake jarum tersebut ke lobang nozlenya... mungkin ada kotoran yang menyumbat.

      Hapus
  3. Untuk pembelian langsung aja di website ini

    www.alatcucimobilmurah.blogspot.com

    Atau whatsapp hubungi ke no. Ini :
    0813 1053 6678.

    BalasHapus
  4. Service center nya dimna ya? Saya mau garansi.. tapi alamat di manual booknya gak ada

    BalasHapus
  5. unit rusak pak, bisa share tempat servisnya?
    saya cb hubungi penjual (Abdy teknik) tidak ada respon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya itu di daerah Kenari. Sewaktu saya baca manualnya.

      Hapus
  6. Saya punya beberapa mesin h&l jet cleaner yang mati ada yang tahu nggak ya alamat service centernya barangkali masih bisa diperbaiki

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Untuk wilayah solo ada nggak ya...kalau mau beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Solo saya kurang mengerti pak. Biasanya yang jual ini bayak tapi kadang harganya beda-beda. asal kita tekun bisa dapet ahrga miring kok.Teku mencari maksudnya.

      Hapus
  9. Agan mohon pencerahannya. Kenapa h&l punya saya keluar airnya kecil dan pengaturan nozelnya tdk fungsi. Barang baru nyampe td pg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Passtiin dulu airnya masuk dengan lancar ke Mesin. Kadang mesin saya juga gitu. tapi biasanya makin lama normal lagi....

      Hapus
  10. Pak sy cari nozzel tuk air hisapan punya sy patah

    BalasHapus

Like us on Facebook

Flickr Images