Liburan - Pesantren Kilat MQ Akhir Tahun 2016

3:18:00 PM


Menjelang liburan sekolah saya selalu ditanya oleh kedua anak kami, mau kemana liburan ini. Pertanyaan yang sulit, mengingat status saya masih pengawai dan terikat pekerjaan. Serta, ditambah cuti yang sudah hampir habis. Beruntung bunda mendapatkan informasi yang bagus dari grup sekolah kakak, bahwasanya akan diadakan Pesantren Kilat oleh Daurut Tauhid. Dari web didapat informasi sebagai berikut. (klik disini)

INFO & JADWAL
Pesantren Kilat MQ Akhir Tahun 2016
dengan tema "Menjadi Generasi Harapan Akhir Zaman"
Pelaksanaan:
Gelombang 1: 25-28 Desember 2016
Gelombang 2 :29 Desember 2016-1 januari 2017
Gelombang 3: 3-6 januari 2017
Jadwal (silahkan didownload, format PDF)
1. Jadwal pelaksanaan Kelompok SD 123 Download
2. Jadwal pelaksanaan Kelompok SD 456 Download
3. Jadwal pelaksanaan Kelompok SMP Download
4. Jadwal pelaksanaan Kelompok SMA Download

Bagi Bapak / Ibu yang telah mendaftarkan putra - putrinya untuk mengikuti Sanlat MQ GELOMBANG III (Batch 3), ada hal yang ingin kami informasikan , yaitu:
1. Untuk REGISTRASI ULANG tanggal 3 Januari 2017 paket A : di SECAPA AD JL.Hegarmanah no.152 Bandung pukul 07.30
2. Untuk REGISTRASI ULANG tanggal 3 Januari 2017 paket B : di DT Jakarta - Jl. Cipaku I no 18 Kebayoran baru Jakarta selatan pukul 04.30 sudah open registrasi

PERLENGKAPAN YANG DIBAWA
1. Peci putih (ikhwan), jilbab putih (akhwat)
2. Pakaian ganti secukupnya. Kerudung warna bebas
3. Jaket/baju hangat
4. Kaos Kaki
5. Perlengkapan mandi
6. Perlengkapan Sholat
7. AlQuran atau iqro
8. Sandal jepit
9. Alat Tulis
10. Tas gendong (untuk menyimpan semua perlengkapan)
11. Lampu Senter (untuk SMP dan SMA)

Materi :
  Membaca dan Memahami Peta Akhir Zaman
  Membangun Karakter Berbasis Manajemen Qolbu
  Saatnya kaum Muda Tampil
  Managemen Diri dan Kiat Sukses Bergaul
  New Generation
  Pemuda Hijrah
  Tahsin atau Ihsan
  Fun Outbond
  Camp Craft
  Refleksi Diri

Pembiasaan Selama Pesantren Kilat:
  Shalat Tahajud
  Baca Qur’an (disesuaikan kemampuan)
  Shalat Berjamaah

Metode Pembelajaran :
  Kolosal
  Mentoring
  Outing

Lokasi Kegiatan:
SD kls 1-3 :Pesantren Daarut Tauhiid Bandung dan Eco pesantren (indoor)
SD kls 4-6 : Narima Hotel Lembang
SMP dan SMA: Bumi Perkemahan Cikole Lembang

Investasi:
Pendaftaran : Rp 50.000
Paket A : 850.000
Paket B: 1.100.000 (termasuk transportasi peserta DT Jkt - Bdg PP)
Titik kumpul DT Jakarta - Jl. Cipaku I No. 18 Kebayoran Baru Jakarta Selatan

Fasilitas:
1. Makan selama kegiatan
2. penginapan/home stay (indoor)
3.Peralatan camping (Outdoor)
4.Souvenir Pelatihan
5. Sertifikat

CARA PENDAFTARAN
A.Pendaftaran langsung
Kantor DTI Jl Gegerkalong Girang Baru II No. 6 Bandung
Telp. 022-2009174
HP. 0822-1636-9696 (call& SMS),
0822-3000-0445 (WhatsApp dan call)

B. Pendaftaran online melalui
website: www.sanlatmq.com

CARA PEMBAYARAN
A. Tunai di tempat pendaftaran yang telah ditentukan
B. Transfer Bank
1. BCA KCP Setiabudhi Bandung No Rek. 233-261-7444
atas nama PT Duta Transformasi Insani

KONFIRMASI PEMBAYARAN
WhatsApp 0822-3000-0445 (disertai bukti pembayaran)

CATATAN:
1. Pendaftaran via website bisa dilakukan mandiri oleh peserta/ orangtua dengan melengkapi kolom yang sudah disediakan

2. Bagi peserta yang mendaftar via online:
Untuk Biaya pendaftaran bisa di transfer dengan menyertakan bukti transfer,bagi yg belum meyertakan bukti transfer, keterangannya (belum DP)

Bagi peserta yg sdh membayar pendaftaran tapi belum melakukan pembayran investasi kegiatan, keterangannya (belum lunas) Bagi peserta yg sdh membayar pendaftaran dan investasi kegiatan keterangannya (Lunas), pendaftaran peserta dinyatakan fix mendaftar jika sudah menyelesaikan investasi, jika belum maka data yang masuk dikategorikan dalam data waiting list (daftar tunggu)
Bagi yang mendaftar (mengirim/mengisi biodata) via contact panitia, pengisian data di web dilakukan oleh admin/panitia setelah menerima bukti pembayaran

3. Pembatalan keikutsertaan setelah pendaftaran/pembayaran dikenakan cancellation fee sebesar Rp. 200.000,-
4. Data fix peserta (yang sudah melunasi investasi) diinput dan dipublish di web www.sanlatmq.com
Efektif pelayanan di hari dan jam kerja Senin-Jumat 08:00- 16:00 WIB

Langsung saja bunda bertanya kepada kakak apakah mau mengikuti kegiatan tersebut soalnya kalau terpaksa, hasilnya juga tidak ada. Ternyata si kakak mau ikut. Awalnya kami juga sedikit sangsi apakah dia tahan berpisah dengan bunda selama 4 hari, soalnya pernah dulu menginap diruma nenek cuma bertahan sehari langsung minta pulang. Malah bikin repot orang jadinya. Berulang kali pertanyaan yang sama disampaikan kepada kakak dan jawabanya tetap sama. Akhirnya bunda mendaftarkan kakak mengikuti kegiatan tersebut.

Kami mendaftarkan kakak mengikuti ini selain mendidik anak kami mandiri dan bersosialisasi dengan teman sebayanya. Sekalian mulai belajar untuk sebelum benar-benar terjun dalam dunia pesantren.

Kakak terdaftar pada Bacth II. Jadi akan berangkat pada tanggal 29 Desember 2016 sampai dengan 1 Januari 2017. 

Bunda juga menerima informasi dari anak temannya, kalau sang anak sangat  senang ikut dalam kegiatan Pesantren Kilat ini. Bunda berpikir pasti kegiatannya akan juga menyenangkan, karena si anak mau ikut lagi.

Tenyata disekolah kakak ada beberapa orang anak yang juga akan mengikuti kegiatan ini, jadi penambah semangat kakak. Beberapa hari sebelum acara, si  kakak sudah membuat list barang yang akan dibawa dan meminta membelikan barang yang belum lengkap. Pokoknya tiap hari selalu membahas persiapan. Persiapan dari kakak sendiri sudah matang. Sekarang si ibunya yang galau akan ditinggal anak tertuanya.

Masalah juga datang dari si kecil yang tidak mau kalah dengan si kakak. Dia juga mau persiapan pesantren. Sewaktu ditanya mau pesantren kemana, dijawab mau pesantren ke rumah nenek di Cilegon. Haduhhhhhhh.

Kakak yang masih duduk di kelas 3 maka kegiatan diadakan di Pesantren Daaurut Tahiid Bandung dan lokasi outing di Eco Pesantren. Berhubung kami tidak bisa mengantar dan menjemput si kakak ke bandung, maka kami memilih paket B yang mana lebih mahal karena ditambahkan biaya transportasi Bandung pergi pulang. Untuk keberangkatan kami akan berkumpul di kantor perwakilan  Daarut Tauhiid Jakarta di Jalan Cipaku, Jakarta Selatan.

Pada tanggal 29 Desember 2016, jam 3 pagi bunda sudah mulai bangun untuk persiapan kakak dan untuk membangunkan kakak kali ini cukup dengan satu panggilan saja. Tidak seperti biasanya yang harus berulang-ulang membangunkan.

Jamp 4 pagi hari kami meninggalkan rumah untuk menuju Kebayoran Baru. Berhubung masih pagi, kondisi lalu lintas masih sangat lancar. Hanya membutuhkan 20 menit menuju lokasi titik kumpul. Selesai memarkirkan kendaraan, bunda dan kakak langsung melakukan daftar ulang dan saya menunaikan sholat subuh.

Saya sebenarnya baru mengetahui kalau ada DT di Jakarta ini. Dikarenakan letaknya masuk kedalam jadi saya tidak pernah melihat keberadaannya. Menurut informasi yang saya terima, didepan Mesjid DT terdapat kantor usaha dan dibawah Mesjid ruang serba guna. Diatas Mesjid terdapat penginapan santri. Setiap pukul 6 pagi akan didengarkan pengajian dari Hafidz Quran dengan suara mereka yang sangat merdu.

Selesai melakukan pendaftaran dan Sholat , kami mencari nomor bus yang akan dinaiki kakak dan kemudian mencari kursi yang paling strategis. Kakak duduk di kursi nomor dua dari depan. Selanjutnya bunda mencari informasi nama penanggung jawab keberangkatan dan bus. Supaya bisa mendapatkan informasi terbaru setiap saat.

Saat itu ada 5 bus yang akan siap berangkat menuju Bandung yang membawa peserta Pesantren Kilat Bacth II dari Jakarta untuk semua kategori. Baik itu Kelas 123, 456, dan remaja. Semua dicampur dan nanti dibagi sewaktu sampai di Bandung.

Tepat jam 6 lewat sedikit, satu persatu bus mulai berangkat meninggalkan lokasi. Kami hanya bisa memantau melalui Whatsapp saja. Segala aktifitas anak akan dikirim fotonya dengan Whatsapp. Si anak tidak boleh memegang handphone , sedangkan yang membawa pada saat kegiatan akan diminta menyerahkan ke kakak fasilitator.
Suasana pendaftaran ulang




Azra baru sampai di lokasi Pesantren
Berhubung jalan tol Jakarta Bandung mengalami masalah di sebuah jembatan, maka perjalanan dialihkan melewati tol Cipali melewati Subang. Kami mendapatkan informasi kalau para anak-anak sampai di Bandung jam 12 siang. Dibutuhkan waktu 6 jam untuk Jakarta Bandung, akan tetapi si anak sedang bersemangat jadi tidak berasa letih atau capek.
Pembagian kelompok kecil


 Berbagai macam kegiatan anak dilakukan disini. Anak-anak dibagi per kelompok dan satu kelompok berisikan 10 orang anak. Tiap kelompok ditemani 2 orang pendamping fasilitator. Akhwat fasilitatornya juga Akhwat dan begitu juga kalau Ikhwan.
Latihan Adzan

Makan bersama

Mendengarkan cerita






Dari foto yang dikirimkan oleh panitia terlihat sekali anak-anak sangat menikmati setiap kegiatan yang dilakukan. Mulai dari acara per kelompok atau secara gabungan.  Mulai dari doa bersama, sholat berjamah dan kegiatan lainnya.

Dari yang saya lihat di grup Wahtsapp para orang tua dapat memantau anaknya. Bahkan si anak jadi bosan kalau setiap kali diminta foto terus untuk laporan ke orang tua hehehhe. Kelucuan terlihat dari komentar para orang tua yang melihat anaknya salah kostum. Baju tidur dipakai buat kegiatan, sedangkan  baju kegiatan dipakai buat tidur. Ada juga baju si anak yang sama terus beberapa hari.

Tinggak anak-anak yang lucu juga terlihat dari posisi tidur mereka ada yang rapi ada yang berantakan. Ada yang mepet ke satu sisi sedangkan sisi yang lain masih lowong.
Kakak lagi tidur

Tidur yang heboh

Ini yang paling hebat

Untuk masalah anak saya sih sudah kami duga sebelumnya kalau dia bakalan kembali dengan rambut berantakan. Soalnya dia belum bisa mengikat rambut dengan rapi.
Dibiasakan sholat berjamaah








Kerapihan adalah yang utama

Pamer hasil karya  bersama

Tidak mau kalah





Narsis sebelum tidur

Jagoan bergaya

Outbond di Eco Pesantren




Yang berprestasi mendapatkan piala


Pada tahun baru tanggal 1 Januari 2017, setelah puas tidur nyenyak semalaman. Kami mendapat kabar kalau anak-anak Jakarta akan berangkat pada pukul 9.30 pagi dari Bandung. Kamipun mulai bersiap untuk menjemput Azra. Kami pada tahun baru menginap dirumah nenek di Cilegon. Sedangkan Nabil tidak mau pulang karena mau tinggal dulu disana. Padahal sudah dirayu-rayu, tetap tidak mempan. Akhirnya hanya saya dan bunda balik ke Bekasi sekalian menjemput kakak.

Perjalan menuju Jakarta ramai lancar. Hanya menjelang Pondok Indah jalan menjadi macet baik di tol dan jalur arteri. Langsung saja saya berinisiatif keluar tol dan mengambil jalur arteri ternyata saya salah sudara-saudara. Tapi kemacetan jalur arteri lebih manusiawi dari pada jalan kemacetan jalan  tol hehehe. Ternyata kemacetan disebabkan oleh orang yang menuju Ragunan.  Menjelang jalan Pangeran Antasari kemacetan semakin parah. Akhirnya saya berbelok ke jalan Cilandak Tengah Raya dan alhamdulillah perjalanan kami lancar kembali. Kami sampai di Cipaku pada jam 1 siang dan teryata robongan bis sudah masuk gerbang tol Halim. Disana suda menunggu para orang tua untuk menjemput anaknya.

Tidak berapa lama satu persatu bus datang dan bunda sudah siap sedia menunggu kakak datang. Tepat jam 1.30 kami sudah meninggalkan  loaksi penjemputan untuk menuju ke rumah. Kami bertanya apakah kakak senang mengikuti kegiatan Pesantren dan dijawab senang sekali. Mau ikut lagi di tahun depan, kami menyarankan untuk mulai menabung untuk bisa ikut kegiatan yang sama  di tahun depan.

You Might Also Like

1 komentar

  1. thanks infonya
    kunjungi website kita www.uma.ac.id , www.ekonomi.uma.ac.id

    BalasHapus

Like us on Facebook

Flickr Images