Tidak terasa rem belakang motor
saya sudah mengeluarkan bunyi seperti besi yang bergesek. Itu artinya sudah
saatnya saya melakukan penggantian Kampas Rem Belakang (Rear Brake Pad). Sebenarnya bisa saya saya bawa kebengkel untuk
menganti kampas rem ini, akan tapi saya lebih tertarik untuk melakukannya
sendiri. Seperti yang telah saya lakukan. Untuk kendaraan roda dua
penggantianya tidak terlalu susah dan tidak memakan waktu yang lama. Kalau pertama
kali biasanya saya memperbanyak mengambil foto menggunakan handphone. Ini dilakukan untuk seandainya saya nanti lupa maka saya
bisa mengingat menggunakan gambar yang telah saya ambil menggunakan handphone tadi (maklum sudah tua).
Sebelum melakukan penggantian
tentu saja yang dipersiapkan adalah
kampas rem pengganti hehehe, karena
kalau tidak ada, pecuma saja membongkar rem belakang kalau tidak ada
penggantinya. Untuk itu saya sudah mempersiapkan kampas pengganti yang saya
beli di toko suku cadang di sekitar Banjir Kanal Timur . Saya menggunakan bukan
komponen original tapi merek Federal. Alasannya sebagai pembanding saja (tapi factor
utama lebih ke harga sih … alasan klise hehehe).
Perbandingan saja kalau merek yang saya beli harnya sepertiga dari yang asli.
Adapun peralatan yang akan kita
gunakan nantinya adalah :
- Kunci Ring 12 (atau offset wrench)
- Tang lancip (atau long nose plier)
- Kain lap (atau majun)
- Sesuatu untuk menekan piston Caliper (terbuat dari besi tentunya)
Marilah kita bersama-sama memulai
pekerjaan penggantian kampas rem belakang ini, adapun langkah pekerjaanya
adalah:
- Sebelum melakukan pekerjan bersihkan dahulu area disekitar Brake Caliper dengan menggunakan majun dan air. Ini dilakukan untuk menjaga kebersihan dari daerah pekerjaan kita.
- Buka 2 (dua) baut bagian atas dan bawah pemegang brake caliper dengan menggunakan kunci 12 (offset wrench). Jangan sekali-kali membuka baut yang berada ditengah (yang ada selangnya), karena jika kita buka maka kita harus melakukan proses buang angin (air bleeding) dan itu tidak mudah.
Baut yang harus lepaskan |
Jangan melepaskan baut yang ini |
- Tarik kebelakang brake caliper kebelakang sehingga terlepas dari piringan rem (brake disc). Proses ini agak sedikit terganggu karena pendeknya selang (hose) dari brake caliper.
Tarik kebelakang Brake Caliper |
- Setelah brake caliper terlepas kemudian lepaskan 2 (dua) pin kecil yang berbentu huruf “R”yang menahan pin yang besar. Lepas kan dengan menarik dengan menggunakan tang lancing (long nose plier). Jika sudah dilepas maka pin penahan kampas rem akan mudah dikepaskan.
Dua pin yang harus dilepaskan |
- Lepaskan kedua kampas rem dan kemudian bersihkan semua komponen dan bagian dalam dari brake caliper.
- Tekan piston Brake Caliper kedalam sehingga nantinya kampas rem bisa masuk dengan mudah.
Piston yang harus ditekan |
Piston yang harus ditekan |
- Pasang kampas rem (brake pada)yang baru pada Brake Caliper kemudian pasang pin penahan kampas rem . Untuk membuat pin bisa masuk kedalam lubang kampas rem kadang kampas rem mesti ditekan kedalam sehingga membuat lubang pin menjadi luirus.
- Pasang kembali kedua ring yang berbentuk R, sesuai posisi aslinya.
Pin yang dipasang |
- Renggangkan kampas rem sehingga bisa menyelipkan piringan rem. Kemudian selipkan piringan rem (brake disk) kedalam brake caliper.
Celah brake pada sebelum dipasang |
- Sejajarkan posisi baut kemudian pasang kembali dua baut yang telah kita kita lepaskan tadi. Jangan lupa untuk kencangkan sesuai dengan torsi yang cukup.
Dengan selesainya pengencangan
kedua baut tadi maka selesai juga proses penggantian Kampas rem belakang (rear brake pad) dari Yamaha N-Max.
Tidak terlalu susah untuk dikerjakan sendiri. Selamat mencoba (kalau yang mau mencoba).