Membersihkan (Service ) AC DAIKIN sendiri

2:31:00 PM


Sudah lama saya ingin melakukan pembersihan AC  (Air Conditioner)  atau penyejuk udara. Orang lebih familiar dengan Service AC. Padahal itu pekerjaannya cuma membersihkan penyejuk udara. Memang kadang ada jasa pemeriksaan Freon oleh tukang service AC, tapi  sekarang lebih kepada  hanya membersihkan saja dan kemudian pergi. Pemeriksaan Freon dilakukan hanya saat diminta. Pernah juga tukang AC yang sudah langganan dirumah saya kerjanya sangat cepat sekali dan menurut saya tidak bersih. Ditambah lagi tekanan air mesin steam saat pembersihan juga kurang alias lemah.

Akhirnya  saya bercita-cita, kalau  saya mempunyai mesin High Pressure Cleaner (HPC) alias mesin steam, maka saya akan mencoba melakukan pembersihan alat penyejuk udara dirumah saya sendiri.  Cerita tentang mesin steam atau High Pressure Cleaner (HPC) yang saya beli bisa dibaca disini (klik disini).  Beberapa kali saya memperhatikan tukang service AC datang kerumah untuk mengetahui bagaimana  melakukan pembersihan penyejuk ruangan dirumah, untuk melakukan pencucian dan pembersihan penyejuk  ruangan (AC) tidak begitu sulit. Hanya dengan melepas penutup depan dari penyejuk ruangan serta memasang plastik penampung air  maka penyejuk ruangan  sudah siap dibersihkan dengan menggunakan alat steam atau mesin HPC.

Setelah mesin steam saya miliki, maka saya ingin mewujudkan cita-cita saya untuk melakukan pembersihan penyejuk  ruangan secara sendiri alias mandiri.  Lumayan untuk mengurangi biaya pengeluaran dan juga menambah ilmu. Kalau ada yang mau membayar kan lumayan untuk dijadikan sampingan hehehehe.  Untuk merek penyejuk yang saya  gunakan dirumah ada dua merek yaitu merek Daikin dan Sharp. Kali ini saya akan melakukan percobaan pada AC merek Daikin. Untuk yang satu lagi akan saya lakukan pada lain waktu.

Untuk melakukan pembersihan penyejuk ruangan (AC) ini membutuhkan peralatan sebagai berikut :
  •  Mesin steam atau mesin High Pressure Cleaner (HPC)
  • Plastik pengumpul air (bisa di beli di toko peralatan AC)
  • Obeng plus (+) yang badannya panjang
  • Obeng minus (-) kecil
  • Lakban , plastik dan kain lap
  • Gelas plastik untuk meletakkan baut yang sudah dilepaskan

Untuk langkah kerja pembersihannya sangat sederhana sekali.Pastikan kalau pendingan ruangan telah dalam keadaan mati dan lepas kabel listrik dari stop kontak demi keamanan.
  • Lepaskan dua saringan  udara dengan cara  membuka cover. Kemudian cuci serta keringkan.
  • Setelah melepaskan saringan kemudian lepaskan dua baut yang terlihat dan kemudian dengan menggunakan obeng minus kecil congkel di tiga posisi penutup baut. Jadi untuk melepaskan penutup penyejuk ruangan ada 5 (lima) baut yang harus dilepaskan 2 (dua) yang terlihat dan 3 (tiga) yang ditutupi cover.
Lokasi baut yang harus dilepas
  • Lepaskan kabel sensor saringan  (tanda panah) dengan cara menariknya.
Kabel yang harus dilepaskan
  • Secara perlahan pada bagian tengah untuk melepaskan penguncinya  (bagian dalam).
  • Selanjutnya adalah tugas yang agak sulit, yaitu melepaskan pentup penyejuk ruangan. Caranya dengan melepaskan lock (kunci) yang berada bagian atas.  Ada tiga posisi yang harus dilepaskan. Bagian kiri, tengah dan kanan. Lepaskan dengan perlahan
  • Setelah semua terlepas. Penutup penyejuk ruangan bisa dilepaskan dengan cara menarik kearah depan.
Penutup telah dilepaskan
  • Lepaskan pengatur arah semburan angin AC dengan cara menarik kearah tengah untuk ujung bagian  kanan dan dan ujung bagian kiri. Sedangkan untuk bagian tengah lepaskan lock-nya dari bagian tengah dengan menekan kearah kanan.
Lokasi yang harus dilepas
  • Lepaskan 2 (dua) buah baut sensor remote dan kemudian lepaskan sensor remote dari tempatnya  supaya tidak terkena air.
Lokasi baut
  • Pasang plastik pelindung kabel listrik dari percikan air dan kemudian tambahkan dengan kain lap supaya aman. Posisinya ada disebelah kiri unit indoor.
Lokasi pemasangan penutup plastik
  • Pasang plastik penampung air yang telah kita beli di sekeliling unit indoor. Pemasangan plastik ini memberikan tantangan sendiri bagi yang pertama kali memasangnya.
Pasang plastik penampung air
  • Setelah itu pastikan plastik penampung air sudah terpasang dengan baik dan juga pastikan bahwa bagian yang harus ditutupi telah ditertutupi dengan baik. Sehingga air nantinya tidak menyiprat kemana-mana.
  • Kemudian lakukan pembersihan unit indoor  dengan menggunakan mesin steam (mesin HPC).  Saat membersihkan  unit indoor pastikan kalau semprotan mesin steam tidak terpusat atau terfokus (dibuat menyebar) karena akan bisa membuat fin dari indoor unit terbengkok.
  • Lakukan pembersihan diarea yang dikotak saja.
Area yang disemprot mesin steam
  • Semprotkan  air ke bagian blower (tempat angin keluar).
  • Setelah semua di cuci dengan baik kemudian lakukan pengeringan dari air yang masih tersisa di unit  indoor dan lepaskan plastik penampung air dan juga plastik pengaman komponen listrik.
  • Setelah semua komponen dipastikan dalam  kering kemudian pasangkan kembali semua komponen  dengan  dimulai dari cara kebalikan melepas.
  • Setelah indoor unit  terpasang dengan baik  berarti unit indoor selesai dibersihkan, kemudian kita beralih ke unit outdoor.
  • Pembersihan unit outdoor relatif lebih mudah karena hanya menyemprotkan air bertekanan ke unit  outdoor dari bagian depan. Tahan kipas unit outdoor dengan menggunakan obeng. Jika tidak ditahan makan kipas akan ikut berputar saat disemprot dengan menggunakan air bertekanan tinggi.
  • Keringkan outdoor unit  dengan menggungakan lap.
  • Rapikan semua peralatan yang digunakan dan pembersihan (Service) Ac telah selesai dilakukan.

Semoga tulisan saya ini bisa berguna bagi para pembaca semua hendaknya. Paling kurang uang 50rb bisa saya hemat untuk jasa pembersihan Ac ini. Bisa beli bakso dengan anak dan istri deh.

You Might Also Like

13 komentar

  1. kalau kode error pada ac daikin bapak tau aetinya tidak ? soalnya saya lagi ada kendala ac daikin di tempat kerha saya saat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh kalau kode error saya tidak tahu pak. silahkan mengacu kepada manual kalau masih ragu, mending ke service centernya saja pak.

      Hapus
    2. Coba bapak install aplikasi DAIKIN SERVICE dari Google Playstore. Disitu ada daftar kode error

      Hapus
  2. Balasan
    1. Bisa kok mas, tapi hati2 dengan pengaturan semprotannya karena bisa membuat fin ac bengkok akibat kencangnya debit air.

      Hapus
  3. cara buka bak drainnya bagaimana ya pa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bak drain yang mana ya pak. Soalnya di AC yang saya berihin ga ada baknya.

      Hapus
  4. Balasan
    1. Kalau buka covernya sudah saya jelaskan diatas biasnya tiap merk beda caranya. Untuk lebih jelas bisa dicari di Youtube. Cara pembukaan covernya....

      Hapus
  5. Huftt tukang ac kilat betul kerja.y ... Gak bersih .. Jdi pgn nyoba sendiri ...

    BalasHapus
  6. Ini benar-benar yang saya cari, ac nya sama tipenya dan alat semprotannya juga sama. terima kasih banyak pak.. sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  7. Terima kasih atas penjelannya, sangat membantu kami..


    BalasHapus

Like us on Facebook

Flickr Images