Mengganti Kampas Rem Belakang (Rear Brake Pad) Yamaha N-Max

11:11:00 AM


Tidak terasa rem belakang motor saya sudah mengeluarkan bunyi seperti besi yang bergesek. Itu artinya sudah saatnya saya melakukan penggantian Kampas Rem Belakang (Rear Brake Pad). Sebenarnya bisa saya saya bawa kebengkel untuk menganti  kampas rem ini, akan  tapi saya lebih tertarik untuk melakukannya sendiri. Seperti yang telah saya lakukan. Untuk kendaraan roda dua penggantianya tidak terlalu susah dan tidak memakan waktu yang lama. Kalau pertama kali biasanya saya memperbanyak mengambil foto menggunakan handphone. Ini dilakukan untuk seandainya saya nanti lupa maka saya bisa mengingat menggunakan gambar yang telah saya ambil menggunakan handphone tadi (maklum sudah tua).

Sebelum melakukan penggantian tentu  saja yang dipersiapkan adalah kampas rem pengganti hehehe, karena kalau tidak ada, pecuma saja membongkar rem belakang kalau tidak ada penggantinya. Untuk itu saya sudah mempersiapkan kampas pengganti yang saya beli di toko suku cadang di sekitar Banjir Kanal Timur . Saya menggunakan bukan komponen original tapi merek Federal. Alasannya sebagai pembanding saja (tapi factor utama lebih ke harga sih … alasan klise hehehe). Perbandingan saja kalau merek yang saya beli harnya sepertiga dari yang asli.

Adapun peralatan yang akan kita gunakan nantinya adalah :
  1. Kunci Ring 12 (atau offset wrench)
  2. Tang lancip (atau long nose plier)
  3. Kain lap (atau majun)
  4. Sesuatu untuk menekan piston Caliper (terbuat dari besi tentunya)


Marilah kita bersama-sama memulai pekerjaan penggantian kampas rem belakang ini, adapun langkah pekerjaanya adalah:
  • Sebelum melakukan pekerjan bersihkan dahulu area disekitar Brake Caliper  dengan menggunakan majun dan air. Ini dilakukan untuk menjaga kebersihan dari daerah pekerjaan kita.
  • Buka 2 (dua) baut bagian atas dan bawah pemegang brake caliper  dengan menggunakan kunci 12 (offset wrench). Jangan sekali-kali membuka baut yang berada ditengah (yang ada selangnya), karena jika kita buka maka kita harus melakukan proses buang angin (air bleeding) dan itu tidak mudah.
Baut yang harus lepaskan
Jangan melepaskan baut yang ini
  • Tarik kebelakang brake caliper kebelakang  sehingga terlepas dari piringan rem (brake disc). Proses ini agak sedikit terganggu karena pendeknya selang (hose) dari brake caliper.
Tarik kebelakang Brake Caliper
  • Setelah brake caliper terlepas kemudian lepaskan  2 (dua) pin kecil yang berbentu huruf “R”yang menahan pin yang besar. Lepas kan dengan menarik dengan menggunakan tang lancing (long nose plier). Jika sudah dilepas maka pin penahan kampas rem akan mudah dikepaskan.
Dua pin yang harus dilepaskan
  • Lepaskan kedua kampas rem  dan kemudian bersihkan semua komponen dan bagian dalam dari brake caliper.
  • Tekan piston  Brake Caliper  kedalam sehingga nantinya kampas rem bisa masuk dengan mudah.
Piston yang harus ditekan

Piston yang harus ditekan
  • Pasang  kampas rem  (brake pada)yang baru pada Brake Caliper kemudian pasang pin penahan kampas rem . Untuk membuat pin bisa masuk kedalam lubang kampas rem kadang kampas rem mesti ditekan kedalam sehingga membuat lubang pin menjadi  luirus.
  • Pasang kembali kedua  ring yang berbentuk R, sesuai posisi aslinya.
Pin yang dipasang
  • Renggangkan kampas rem sehingga bisa menyelipkan piringan rem. Kemudian  selipkan piringan rem (brake disk) kedalam brake caliper.
Celah brake pada sebelum dipasang
  • Sejajarkan posisi baut kemudian pasang kembali dua baut yang telah kita kita lepaskan tadi. Jangan lupa untuk kencangkan sesuai dengan torsi yang cukup.


Dengan selesainya pengencangan kedua baut tadi maka selesai juga proses penggantian Kampas rem belakang (rear brake pad) dari Yamaha N-Max. Tidak terlalu susah untuk dikerjakan sendiri. Selamat mencoba (kalau yang mau mencoba).


You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images