Perjalanan Liburan Jakarta - Palembang

4:54:00 PM

Sudah Tiga bulan sejak perjalanan kami ke Jogya berlalu. Keinginan saya untuk mengajak keluarga liburan ketempat yang belum pernah dikunjungi semakin semakin tinggi. Mau diajak kemana yah Bunda, Azra & Ami kali ini. Kebetulan Opa (kakek Azra & Ami) mau melakukan perjalan ke Palembang. Saya melemparkan ide ke Bunda, kenapa  tidak kita aja yang mengantar Opa Gani ke palembang, sekalian liburan lumayan sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Bunda langsung setuju dan tinggal dicarilah waktu yang enak buat kami liburan ke sumatera. Perjalan ini kami anggap sebagai pemanasan sebelum lebaran tiba. Kami bedua mulai membolak balik kalender 2014. Jadwal perjalanan disesuaikan dengan kesibukan kami dikantor.

Dari pencarian kami didapatlah tanggal baik keberangkatan kami itu pada tanggal 28 Maret 2014 dan kami akan kembali ke Jakarta dari Palembang pada hari Selasa tanggal 1 April 2014. Dikarenakan hari Senin merupakan hari libur nasional maka kami sedikit memperpanjang liburan kami di Palembang. Kami ingin menikmati liburan ini dengan santai dan ingin mencicipi kuliner khas Palembang.

Mulailah kami hunting tempat-tempat yang nantinya kami kunjungi (biasanya sih gagal hehehehe). Walaupun biasanya kami bisa mewujudkan itinerari yang telah kami buat tapi kami biasanya selalu membuat jadwal perjalanan kami. Mulai dari Pulau Kamaro, Benteng Kuto Besak dll. Juga kami memutuskan jalur mana yang akan kami pakai nantinya dalam perjalanan ke Palembang. Saya dan bunda memutuskan untuk mencoba Jalur baru yang belum pernah kami coba sebelumnya yaitu Jalur Lintas Pantai Timur Sumatra. Saya membaca dari beberapa blog bahwa Jalur ini kondisi jalannya lumayan bagus.

Jalur darat yang akan kami tempuh
Jarak tempuh Jakarta – Palembang lewat jalur Lintas Pantai Timur Sumatra ada sekitar 619km (termasuk menyeberang dengan ferry). Kalau berdasarkan Gogle map dibutuhkan sekitar 9 jam 39 menit perjalanan darat. Pertanyaan saya. Apakah pada kenyataannya waktunya sama kalau ini dijalani langsung?

Pada perjalanan kali ini kami sekeluarga juga akan mengajak ibu saya (yang biasa dipanggil Azra & Ami nenek), Umi & Tama (panggilan adik saya) & Opa. Jadi total semua dalam satu kendaraan ada 5 orang dewasa dan 3 orang anak-anak. Waw inilah perjalanan teramai kami. Biasanya kami melakukan perjalanan jauh maksimal 4 orang dewasa dan 2 orang anak kecil. Tapi biarlah sesekali ramai tidak apa-apa.

Segala sesuatu kami persiapkan dengan baik mulai dari dana, kendaraan dll. Bunda kebagian mempersiapkan menu salama kami diperjalanan. Diperjalanan ini rencanannya kami tidak akan makan di restoran tapi kami akan membawa semua makanan dari rumah. Kerena lebih terjamin kebersihannya dan juga lebih murah (hehehe). Kali ini menu yang akan kami bawa adalah dendeng. Sedangkan untuk makanan kecil untuk para krucil dipercayakan kepada nenek.

Mendekati Hari H ada sedikit musibah yang menimpa kami. Kedua anak kami menderita sakit. Azra demam tinggi dan Ami demam dan batuk. Perjalan ini sempat terancam batal, tetapi setelah diberi obat oleh dokter anak. Kedua anak kami mulai berangsur sembuh. Jadi kami putuskan kalau kami jadi melakukan perjalanan ini.

Pada tanggal 28 Maret 2014, setelah semua persiapan dilakukan kami tetap masuk kekantor. Kami berangkat malam soalnya. Sorenya Jakarta hujan deras dan kondisi lalu lintas sangat macet karena semua orang ini cepat pulang karena long week end. Jarak dari kantor bunda ke kentor saya tidak lebih dari 10 km. Tapi untuk menempuh jarak itu pada saat orang akan long week end bisa menghabiskan waktu 2 jam. Yup benar, 2 jam yang dibutuhkan bunda menempuh jarah Cikini ke Pemuda pada saat akan long week end. Padahal saya sudah berangan-angan untuk tidur cepat karena besok akan melakukan perjalanan jauh.

Baru sekitar jam 7 malam saya bertemu dengan Bunda di dekat toko pakaian muslim Rabbani dimana kami biasa bertemu. Sekitar jam 8 malam kami sampai dirumah, itupun harus mutar sana-sini karena terjadi banjir dibeberapa titik. Saya langsung tidur sedangkan bunda mulai packing karena kemaren-kemaren masih ragu akan jalan atau tidak. Rancananya saya akan bangun jam 23.00 akan tetapi karena kecapean saya terbagun jam 00.00. Mulailah kami menyusun semua barang yang akan kami bawa kedalam mobil. Saya membuat peraturan berhubung mobil kami kecil, semua penumpang dilarang membawa banyak barang bawaan (hehehe). Abi (suami adik saya) nanti juga akan nebeng sampai ke cilegon ke tempat orang tuanya selama istrinya ikut dengan saya. Jadi nantinya kondisi mobil saya akan penuh di isi oleh 6 orang dewasa dan 3 anak kecil.Waw rekor lagi bagi neng erti.
Perlengkapan yang akan dibawa (sebagian kecil)
Sekitar jam 01.00 kami meninggalkan rumah untuk memulai perjalanan ke pulau Sumatera, tapi sebelum masuk kedalam pintu tol Jatibening saya mengisi bensin dahulu. Bensin diisi penuh sampai “muntah”, karena saya ingin membandingkan konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan untuk menuju Palembang. Perlu diketahui bahwa dalam membawa mobil saya tidak concern dengan cara bawa mobil. Saya membawa mobil berdasarkan keinginan saya. Jadi bisa dikatakan tidak merujuk kepada cara mengemudi yang benar. Bisa jadi cara bawa mobil saya sangat boros. Jadi saat mengisi bensin ini saya anggap titik nol. Jadi nanti saya akan mengisi penuh lagi bensin saat akan pulang nantinya, sehingga bisa didapat konsumsi bahan bakar l/kmnya.

Setelah mengisi bensin, saya menyempatkan mengisi kartu e-toll yang saya miliki sebanyak 2 buah dengan nominal Rp.50rb. setelah melakukan top up kartu e-toll kami langsung berangkat meninggalkan Jakarta (eh salah Bekasi deng). Memasuki Jakarta kondisi lalu lintas tol masih ramai terutama truk karena truk sudah boleh melewati tol dalam kota pada jam-jam itu. Kondisi masih dalam keadaan ramai lancar. Akan tetapi mendekati pintu tol karang tengah kecepatan kendaraan makin lambat dan cenderung berhenti. Saya berpikir ini pasti karena pintu tol yang membuat lalu lintas macet. Setelah melewati pintu tol kecepatan kendaraan tidak bertambah, ternyata ini diakibatkan oleh adanya perbaikan jalan oleh pihak operator jalan tol. Saya heran ini jalan tol kok tidak pernah selesai-selesai ya perbaikannya.
Kemacetan Jalan tol Merak

Perjalanan kami sedikit tersendat. Saya membuat jadwal sekitar jam 3 saya sudah masuk merak. Akan tetapi karena kemacetan saya baru masuk kedalam pelabuhan jam 4.30 dan terlebih dahulu kami mengantarkan Abi kerumah dahulu. Jadi kami tidak keluar ke Pintu tol Merak, kami keluar di Pintu tol Cilegon Barat.

Dari rumah Abi kami melanjutkan perjalanan dengan menempuh jalur jalan non tol menuju Merak. Sewaktu akan masuk Merak, saya salah masuk pintu gerbang. Saya masuk ke pintu gerbang parkir untuk terminal bus Merak. Aduh… Saya keluar lagi dan tetap saya harus bayar Rp. 6rb untuk waktu tidak sampai 5 menit. Lebih mahal dari parkir di mall-mall di Jakarta. Sepertinya saya tidak memperhatikan rambu penunjuk jalan. Ternyata jalan masuknya berada dijalan sebelah yang saya masuki tadi. Pada gerbang masuk pelabuhan kami diharuskan membayar Rp, 275rb (sudah termasuk penumpang).

Setelah melakukan pembayaran saya langsung menginjak gas dengan harapan cepat masuk bus. Ternyata ada antrian mobil yang cukup panjang. Saya langsung mengikuti antrian ini. seingat saya dermaga di Pelabuhan Merak ini cukup banyak tapi kenapa orang mengantri di satu dermaga saja. Ternyata memang ada banyak dermaga di pelabuhan Merak ini tapi rambu petunjuklah yang kurang di pelabuhan ini. sehingga banyak orang yang mengantri di satu dermaga saja padahal masih bnayak dermaga yang lain. Setelah ada salah seorang petugas datang memberitahu barulah antrian ini pecah dan berkurang. Kami langsung menuju dermaga 3 dengan harapan bisa parkir di lantai atas sehingga bisa melihat pemandangan laut dengan leluasa buat Azra dan Ami.

Antri masuk kapal

Erti Neng Sedang Mejeng mau masuk kapal

Kami masih harus menunggu kapal merapat terlebih dahulu dan juga harus menunggu bongkar muat kendaraan di kapal. Mulai jam 6an kapal mulai dimasuki kendaraan niaga dan pribadi. Kami memang beruntuk kami tidak perlu menunggu untuk kapal berikutnya. Tepat jam 7.20 kapal mulai berangkat berlayar menyeberabngi Selat sunda menuju Pulau Sumatra. Ini sudah sangat telat sekali dari jadwal yang telah kami buat sebelumnya jadwal kami adalah Jam 6 itu kami sudah harus tiba di Bakaheuni dan istrirahat sebentar sebelum masuk ke Jalur Lintas Pantai Timur Sumatra. Apa daya kami meleset jauh dari jadwal. Ya sudah jalani saja apa adanya.

Mesin Mobil tetap hidup selama kami didalam karena pagi itu matahari sangan terik sekali. Kami juga mulai melakukan sarapan pagi. Untuk sarapan kami ini kemi sarapan dengan mie instan. Kami membawa banyak sekali stok Pop Mie yang akan kami nikmati dalam perjalanan. Untuk itu kami juga mempersiapkan termos air panas yang baru kami beli di dekat rumah Umi.

Sarapan pagi di mobil
Selesai sarapan kami keluar dari kendaraan untuk melihat-lihat pemandangan laut. Dan tidak lupa saya mengambil gambar kedua anak saya dan keluarga.
Antrian mobil yang menunggu kapal

Kapal yang sudah berlayar

Ami dan Azra sedang melihat laut

Kondisi penuhnya kapal

Kapal yang penuh dengan mobil

Sedang sarapan pagi

Sekitar jam 9.30 kami mulai mendarat di bumi Sumatra dan akan memulai perjalanan kami menuju Palembang. Terlebih dahulu saya kembali akan mengisi tangki neng erti sampai penuh, karena takut di jalur Lintas Pantai Timur Sumatra nantinya tidak banyak terdapat SPBU. Bunda, Ami dan Azra juga tidak lupa menyetor di kamar kecil SPBU ini dan hebatnya lagi SPBU ini kita diharuskan membayar. Kalau kondisi WC bersih sih tidak apa-apa. Ini sudah mesti ngantri bayar lagi (bunda ngamuk-ngamuk). Bensin sejumlah Rp.93rb diisikan kedalam Fuel tank neng Erti.

Setelah kami mengisi bensin dan ke kamar mandi kami memulai perjalann menuju Palembang. Kondisi jalan dari Bakaheuni menuju Sukadana relatif bagus walau ada di beberapa titik yang jalannya jelek bahkan tidak ada Aspalnya.

Selepas waktu sholat kami berhenti disebuah mesjid yang cukup besar di Sukadana untuk melakukan sholat Zhuhur dan juga makan siang. Istilah kerennya Isoma. Satu jam kami istirahat siang di Mesjid tersebut. Pada jam 01.30 kami mulai melanjutkan perjalanan menuju Palembang.

Kondisi jalan di propinsi Lampung relatif bagus, Cuma dibeberapa tempat terjadi kerusakan jalan terutama pada posisi jembatan dan sambungan jembatan. Dengan lancar kami melewati daerah seputih banyak – Tulang Bawang – Mesuji wilayah Lampung. Beragam pemandangan terlihat sewaktu diperjalannan. Mulai dari Persawahan, Perkebunan tebu, perkebunan sawit, Perkampungan transmigran dan pedesaan. Dibandingkan dengan Lintas Tengah jalur ini lebih ramai penduduknya atau dengan kata lain lebih ramah penduduknya dibandingkan dengan Jalur Lintas tengah Sumatra yang masih ada hutan-hutanya. Jadi kesannya lebih angker. Tapi soal keamanan saya tidak bisa membandingkan keduanya.

Kecepatan mobil bisa dipacu maximum tapi harus konsentrasi karena dari jalan yang semulus-mulusnya jalan bisa berobah menjadi jalan yang jelek sangat. Jalannya pun banyak jalan yang lurus dan naik turun. Lebar jalannya pun lumayan besar. Memang  cocok dijadikan Jalan propinsi.

Memasuk wilayah Mesuji Sumatra Selatan-Tugu Mulyo, kondisi jalan masih bagus, walau kondisi jalan masih sama dengan jalan sebelumnya, yaitu jalannya kadang mulus tiba-tiba berubah jadi jalan jelek. Beberapa kali mobil kami menghantam lubang yang menganga dijalan. Aduh hancur deh mobilku kata saya dalam hati. Kondisi jalan makin parah semakin sore dan Sewaktu kami masuk ke kota Kayu Agung diperparah dengan banyaknya truk yang akan masuk kekota Palembang.

Kami langsung masuk ke sebuah SPBU didaerah Kayu Agung untuk Isoma. Selesai makan dan sholat kami langsung melanjutkan perjalanan. Kadang macet meperlama kami masuk kedalam kota Palembang. Jalan Rusak Parah. Jalan nasional kok rusak parah seperti ini.

Sekitar jam 22.00 kami sampai di Indralaya. Kami pun mengisi Bensin disalah satu SPBU dikota ini. Bahan bakar diisi penuh. Kondisi mata sayapun sudah sangat berat dan harus diistirahatkan dahulu. Maka di SPBU ini saya tidur dulu sejenak. Kurang lebih 30 menit saya tertidur. Selesai tidur saya cuci muka dulu sebelum melanjutkan perjalanan.

Sepanjang jalan dari Indralaya – Palembang, banyak sekali mobil truk yang akan menuju Palembang dan kondisi jalan jauh sekali kalau dikatakan layak. Banyak lubang disana sini, beberapa kali Bumper mobil kami menyentuh permukaan jalan. Yang membuat saya heran kok sedikit sekali mobil pribadi yang melewati jalan ini. sepertinya masih ada jalan lain menuju Palembang yang selain jalan ini. Berhubung kami tidak mengetahui jalan alternatif tersebut terpaksa kami mengikuti truk-truk tersebut menuju kota Palembang.

Makin mendekati kota Palembang jalan mulai membaik dan truk menghilang seperti ditelan bumi (karena truk tidak boleh masuk kota). Kami melewati jembatan Kertapati sekitar jam 12 malam. Tidak lama berselang jembatan Ampera pun terlihat dengan megahnya. Kondisi Palembang saat itu sudah mulai agak lengang. Masih ada beberapa komunitas motor masih berkumpul. Mobil langsung diarahkan ke jalan Veteran dan masuk kedalam Lorong Candi. Akhirnya kamipun menginjakkan kaki di Kota Palembang. Alhamdulillah.

Saya tidak percaya kalau perjalanan dari Bekasi – Palembang membutuhkan waktu kurang lebih 24 jam. Berbeda sekali dengan cerita yang saya baca di beberapa blog. Tapi yang penting kami sekeluarga sampai dengan selamat di kota Palembang. Selesai Bongkar muat seperlunya dirumah. Kami semua tertidur pulas.
Hari Pertama saya diPalembang dihabiskan dengan tidur sepuasnya diranjang. Akan tetapi Ibu mengajak kami untuk mengunjungi saudara kami yang ada di palembang. Jadi untuk tidur spuasnya ditunda dulu. Sekitar jam 10an kami berangkat kerumah sepupu saya yang berada diaerah Pakjo, dan dilanjutkan dengan kunjungan ke rumah sepeupu saya didaerah dekat Yayasan IBA. Dari kedua kunjungan kami ini sudah bisa ditebak kalau pempek adalah makanan yang paling kami serbu. Pada kunjungan kedua kami juga disuguhi model Palembang. Kalau yang ini saya yang sapu bersih.

Selesai kunjungan ke kedua saudara kami di palembang, saya meneruskan kunjungan saya ke sekolah saya dulu swaktu sekolah di SDN 255 Palembang dan SMPN 3 palembang. Untuk SD saya sedikit heran kenapa nomor SD saya berubah menjadi SDN 40 palembang, sedangkan untuk SMP masih seperti dahulu Cuma bertambah besar saja.
Foto Gerbang SD

Foto SMP saya

Dalam Perjalan Pulang kami menerima telepon dari Uni Eva yang mengajak kami untuk menikmati makan diluar besok hari. Kami mengiyakan ajakan ini. Entah kenapa waktu dirubah menjadi malam itu juga. Terpakasa kami menolak ajakan tersebut karena kami semua sudah kenyang. Tapi Uni Eva berkeras mengajak kami makan diluar. Ya udah kami ingin jalan-jalan di Benteng Kuto Besak (BKB).  Maka jalanlah kami semua dengan menggunakan 2 mobil ke daerah Benteng Kuto Besak
Kami parkir diarea parkir Riverside restoran. Konsepnya hampir sama dengan bandar jakarta. Kalau bandar Jakarta dipinggir pantai sedangkan restoran ini dipnggir sungai. Untuk soal pelayanan kalah jauh dibandingkan bandar jakarta. Untuk menu yang sudah dipesan datangnya tidak serentak kadang ada yang sudah kelar makannya ada yang belum makan sama sekali. Pelayan kadang seperti sangat sekali. Mungkin restoran ini bisa berubah menjadi lebih baik lagi. Akan tetapi untuk view pada malam hari Restoran ini lumayan bagus.Ada beberapa restoran lain yang saya lihat di pinggir sungai Musi. Sepertinya wisata kuliner sedang bergeliat di kota ini.
Makan Malam

Makan malam keluarga di Pinggir Sungai Musi
Narsis dulu

Tiga Pendekar

Sungai Musi dan Jembatan Ampera pada Malam hari

Selesai makan kami langsung pulang, sedangkan nenek & ibu tidur dirumah uni Eva. Sedangkan saya dan keluarga tidur dirumah Oma Tuti.

Pada hari Senin, sehabis bangun saya mengajak bunda untuk jalan ke GOR Jakabaring, mumpung kami berada dipalembang. Tidak perlu mandi pagi kami langsung berangkat. Yang berangkat Cuma saya, bunda, Oma Tuti dan Ami. Kondisi lalulintas di Palembang saat itu masih sepi. Kata Oma saya biasanya didaerah menuju kesana macet sekali karena ada pembangunan fly over diperempatannya. Tidak sampai 15 menit kamipun sampai di komplek olahraga jakabaring tersebut.  Menurut saya kompleks olehraga ini cukup besar  dan sepertinya juga butuh dana yang besar untuk perawatannya.
Jalan menuju Jakabaring

Tugu didekat Jakabaring

Kolam Renang

Selesai jalan pagi di area Jakabaring sport center, kami langsung mencari sarapan pagi yang khas Palembang kata Oma tuti sih ada di pasar Kuto. Maka langsunglah kami beranjak menuju Pasar Kuto. Jujur kalau dulu sarapan favorit saya di palembang adalah Model, tapi kata Oma Tuti sih ada yang lain yaitu Burgo, Lakso, Lakso dll. Wah lumayan juga nih nyobain makanan baru di Palembang.

Sesampai di Pasar Kuto, kami langsung memarkir mobil dan menuju restoran yang dimaksud. Kami masuk kedalam sebuah ruko dipinggir jalan didekat pasar Kuto, berhubung dekat dengan pasar untuk parkir sendiri agak sulit. Kami memesan tiga piring sarapan campur (Laksa, Lakso, Burgo dll). Inilah untuk pertama kalinya saya mencoba sarapan ini. Makanannya seperti gule atau kari ditambah dengan macam-macam yang saya tidak tau namanya. Untuk rasa kari atau kuahnya sendiri enak sekali tapi saya kurang suka dengan isinya. Mungkin lebih baik diganti dengan lontong atau ketupat. Untuk harga seporsi dihargai Rp. 12rb/ porsi.

Foto restoran

Martabak

Sarapan Mix (Burgo, Laksa, Lakso entah apa itu)

Makanan tradisional (makanan lama)
Ternyata ada sebuah makanan lagi yang tersaji diatas meja yang belum kami coba. Untuk bentuknya seperti lontong dijakarta, tapi didalamnya ditambahkan kelapa untuk membuat lebih enaknya. Memang setelah dicicipi makanan ini memang enak. Kata yang jual ini adalah makanan orang-orang dulu. Setelah makan kami membayar semuka makanan yang kami makan dan untuk semua makanan yang kami makan total kami harus membayar Rp. 83rb. Lumayan mahal untuk sebuah sarapan.

Selesai makan kami langsung menuju pasar Cinde, untuk membeli ikan Gabus. Kami ingin Oma Tuti membuat pempek sesuai dengan keahliannya. Oma Tuti sangat pandai mebuat pempek jadi kami tidak perlu membeli pempek lagi untuk dibawa pulang.

Untuk membuat pempek bisa menggunakan ikan belida yanga paling top dagingnya trus ikan gabus dan bisa juga ikan tenggiri. Kesemua ikan-ikan itu termasuk ikan-ikan mahal. Sekilonya sekitar Rp. 60rb. Untuk Ikan gabus. Ikan belida lebih mahal lagi. Kata Oma tuti untuk membuat pempek tepung  yang digunakan khusus dan gula merah batok yang dipakai untuk membuat cuka juga khusus. Adik saya pernah mencari gula ini di jakarta dan belum bertemu sampai sekarang. Kalau memakai Gula merah sembarangan bisa merusak rasa cuka pempeknya.

Kami pun Pulang selesai belanja, Oma Tuti akan membuat pempek nanti siang selesai kami jalan untuk membeli es kacang merah di sekat lapangan Hatta, yang dekat rumah kami.

Sekitar jam 13.00 kami semua berangkat untuk membeli kerupuk kemplang didaerah Pasar Cinde lagi dan wisata kuliner es kacang merah di lapangan Hatta. Bunda, Umi dan nenek langsung belanja kerupuk di Pasar Cinde sesampainya kami disana.
Selesainya belanja kerupuk, kamipun bergegas menuju lapangan Hatta, sayangnya sekarang bayak peraturan baru disini jadi untuk menuju suatu tempat yang dekat kita harus memutar dulu. Karena ada beberapa perempatan yang ditutup sehingga buat yang mau memutar mesti jalan dulu sedikit. Tapi ini baik untuk membuat lalu lintas menjadi lancar.

Ketika kami berada perapatan International Plaza (IP) Umi bilang ke bunda “Bunda sudah pasang saftybelt belum?” entah mengapa mata saya juga melirik ke Bunda, dan tiba-tiba “Braaaaaakkkkkk”. Mobil kami menabrak bus kota.  Bus kota yang berhenti mendadak ditengah jalan dan kondisi saya sedang tidak fokus menjadi penyebabnya. Sontak saya menginjak rem, Ami pun terpelanting jatuh dan menangis.

Saya hanya terdiam dan semua juga terdiam. Bagi bus kota mobil kami bukan lawan yang seimbang. Saya langsung membawa mobil ketempat yang aman dan memeriksa kerusakan mobil kami. Ternyata kerusakannya cukup parah. Lampu depan kiri pecah, Bumper sobek, side fender ketekuk dan sepertinya ada bagian dalam mobil yang tertekan sehingga ban dan karet bawah bergesek.

Tanpa kata-kata perjalan ke Es kacang merah dibatalkan karena musibah ini. sesampai dirumah saya ingin memastikan lagi kondisi mobil. Ternyata Headlamp kiri mati total tapi lampu signal lamp masih hidup. Jadi kami akan pulang ke jakarta dengan berbekal Fog lamp dan satu lampu Headlamp. Alhamdulillah ini mobil masih asuransi jadi saya tidak pusing lagi. Saya tinggal lapor pihak Asuransi untuk membuat laporan. Untuk detail cara pelaporan dan cara klaim auransi Autocilin akan saya ceritakan di cerita berikutnya.
Kondisi Neng Erti

Detil Neng Erti yang ringsek
Saya memutuskan kalau kami jadi pulang esok pagi. Jadi mobil saya beri lakban bening pada bagian yang rusak untuk mencegah air masuk kedalam bagian yang pecah dan menyebabkan hubungan singkat. Setelah itu saya beristirahat dan melihat proses pembuatan pempek oleh Oma Tuti.

Malam itu saya tidur agak cepat, untuk dapat bagun lebih pagi esoknya. Tapi ternyata tetep saya tidak bisa bangun pagi. Saya tetap dibangunkan oleh nenek. Kami dibangunkan pada pukul 03.00 dinihari dan mulai beres-beres dan memasukkan barang-barang ke mobil.
Selesai kami memasukkan barang-barang ke dalam mobil kami langsung pamit ke Oma Tuti dan Opa Taufik untuk balik ke Jakarta. Kami meninggalkan Palembang jam 04.05 pagi. Langsung mobil saya bawa ke Jl. Sudirman – Jembatan Ampera – Jakabaring. Kami sewaktu kunjungan ke rumah Uni Eva pernah bertanya jalan alternatif ke kak Alex (suami Uni Eva). Kami disarankan untuk mencoba jalan ini. dari jembatan Ampera terus saja samapai ketemu Hypermart dan terus saja sampai jalan mentok (pertigaan) dan kami disarankan belok kanan. Tapi berdasarkan Gogle Map saya bisa mengambil jalur lain.
Jalur alternatif
Jalur yang saya ambil itu adalah jalur yang berwarna biru sedangkan jalur saya datang ke Palembang adalah berwarna Kuning. Memang konisi jalan tidak jauh berbeda tapi agak sedikit lebih baik jalur alternatif yang saya pilih, karena jalannya tidak terlalu rusak (walau ada juga yang rusak), jalannya relatif sepi bahkan kadang menyeramkan. Bisa dibayangkan Cuma beberapa kilometer dari Palembang kita akan disuguhi jalan tanpa rumah dan penerangan sama sekali, total gelap gilita kecuali lampu mobil. Sesekali ada pemotor yang lewat yang membawa side box tradisional alias tempat jualan.
Side box Biker

Sepertinya mereka adalah para pedagang yang akan berjualan. Banyak sekali kami bertemu dengan pemotor seperti ini selama kami diperjalanan menuju Kayu Agung.

Pemandanganpun selama perjalanan cukup menarik. Kadang kami melihat sungai dan rumah dipinggir sungai. Rumah tradisional Sumatera Selatan. Pemandangan yang indah ini kadang dirusak oleh salah satu parpol yang memasang warna mencolok di sekolah dan gedung-gedung pemerintahan.

Jalur yang kami pilih ini lumayan cepat dibanding jalu kedatangan kami ke Palembang sekitar 1 jam-an. Dijalur ini tidak kami temukan truk besar sama sekali.

Sekitar jam 7pagi kami sampai di Kayu Agung dan kami langsung mencari SPBU untuk beristirahat. Selang tidak berapa lama kami menemukan sebuah SPBU yang mempunyai parkiran yang besar. Saya langsung masuk kedalam area parkir SPBU tersebut. Sebagian anggota team saya langsung menuju kamar kecil termasuk saya. Kamar mandinya lumayan bersih dan terawat.

Selesai buang air, kami semua melanjutkan sarapan pagi dengan menu Pop Mie (hehehe). Kali ini saya langsung makan dua buah Pop Mie. Sekitar 30 menit kami beristirahat disana.

Kami kemudian melanjutkan perjalanan kami Tugu Mulyo dan Mesuji di wilayah Sumatera Selatan. Behubung waktu masih siang hari. Dan kondisi saya masih fit. saya sangat memperhatikan jalan jadi menjelang jalan jelek saya selalu mengerem dan hanya beberapa kali menghantam lobang.

Kondisi jalan

Banyak rumah ada tempat ibadahnya

Kondisi Jalan

Selama diperjalan di daerah Mesuji beberapa kali kami menemukan Razia kendaraan tapi sepertinya ini ditujukan kepada kendaraan truk. Kendaraan kami tidak pernah dihentikan oleh polisi hanya dilihat saja dengan pandangan tajam.  Lokasi razianya pun di tengah kebun karet atau ditengah hutan gitu. Jadi tidak disangka-sangka posisinya.

Perjalanan kami teruskan didaerah Lampung memasuki Mesuji – Tulang bawang – Seputih Banyak. Kami memasuki Seputih Bsekitar jam 13.00 siang. Kami menemukan sebuah Mesjid yang likasi parkirnya lumayan luas dan bisa dijadikan tempat makan siang. Sebagian anggota melaksanakan sholat zhuhur dan Ashar yang dijama’ dan sebagian makan siang. Saya memberikan waktu satu jam bagi Bunda, Nenek, Umi dll untuk melaksanakan Isoma biar kita on time.
Mesjid kami beristirahat sewaktu pulang ke Jakarta

Selesai melaksanakan isoma kami melanjukan perjalanan menuju Sukadana dimana kami sewaktu keberangkatan melaksanakan sholat Zhuhur disana. Sekitar jam 14.30 kami melewati Sukadana.
Mesjid di Sukadana
Perjalanan kami teruskan ke Way Jepara, karena kami ingin menyeberang diwaktu matahari masih terang, biar anak-anak bisa menikmati perjalanan diatas kapal.

Kami sampai di bakaheuni sekitar jam 17.00 sore. Kami langsung masuk dan membayar untuk masuk kapal. Disini mulai timbul masalah. Kami tidak tahu dermaga mana yang sedang loading. Jadi kami mulai berputar-putar mencari dermaga yang cepat bisa menganggkut kami ke kapal. Ada beberapa mobil yang kondisinya sama seperti kami yang berputar-puatr mencari kapal. Dari dermaga 1 saya pindah ke dermaga 3 terus balik ke dermaga 2 akhirnya ke dermaga 5.

Pada jam 18.30. baru kendaraan diperbolehkan masuk kedalama kapal. Dan ini juga berlangsung lama sekali samapai pintu kapal ditutup dan kapal mulai berjalan. Pada awalnya saya berpikir kapal ini termasuk yang lumayan cepat tapi saya salah. Kapal ini sangat lambat sekali, mulai dari anak kami semangat sampai mereka kelelahan kapal belum juga sampai ke merak. Bahkan sempat kapal ini berhenti dahulu dilau dan saya juga sempat tertidur dimobil.

Jam 11 malam kendaraan kami mendarat di bumi jawa. Dengan bermodalkan penerangan dari 1 buah Headlamp dan 2 foglamp kami pun berkendara pulang. Mulai dari Merak – Cilegon – Serang – Cikupa- tangerang. Jalan dalam kondisi lancar kadang ada truk yang mengambil jalur tengah alias jalur cepat.

Sewaktu akan masuk ke tol dalam kota di kebun Jeruk kami dikepung oleh pasukan truk yang akan masuk melewati tol dalam kota. Terpaksa  kami masuk tol melwati pintu tol grogol. Dan pada jam 01.20 kamipun sampai dirumah dengan selamat. Sampai jumpa diperjalanan kami selanjutnya. Alhamdulillah