Perpanjang STNK tahunan di Gerai SAMSAT Jati Makmur

12:21:00 PM


Setelah selesai urusan yang satu ternyata masih ada urusan yang lain. Memang urusan untuk perpanjangan 5 tahun STNK di SAMSAT Kota Bekasi telah selesai untuk si Neng Erti tapi belum untuk si Maxi. Saya heran kok bisa dua kendaraan yang belinya 3 tahun berbeda tapi ulangtahunnya sama. Padahal kemaren tidak ada pengaturan jarak kelahiran diatara keduanya tapi, yang pasti tanggal 1 Juni 2018, Pajak si Maxi habis dan harus dilakukan perpanjangan.

Saya tidak mau lagi ijin kekantor untuk mengurus ini dan juga ga mau lagi mengurus ke SAMSAT Kota Bekasi kecuali terpaksa. Disana hari kerja saja sudah ramai apalagi hari libur tidak terbayang gimana ramainya itu kantor. Awalnya saya ingin mengurus perpanjangan ini di Gerai SAMSAT di Pondok gede akan tetapi saya mendapatkan informasi kalau lokasinya sudah pindah. Lebih enaknya lagi lokasinya berada di 500 meter dari kontrakan rumah saya. Ini lokasinya (https://goo.gl/maps/JVBxisaVw3m)
Ini di penampakan gerainya
Untuk perpanjangan ini saya telah menyiapkan semua data yang dibutuhkan. Seperti halnya perpanjangan 5 tahunan:
  1. KTP asli dan fotokopi (1 copy)
  2. STNK dan belakangnya asli dan fotokopi (1 copy)
  3. BPKB asli dan fotokopi (1 copy)
Keesokan paginya jam 07.15 saya mulai bergerak ke lokasi Gerai SAMSAT tersebut yang berlokasi disamping Giant Jatimakmur. Tepatnya di komplek pertokoan disebelah Bank Jabar. Ternyata SAMSAT akan buka nanti jam 8 pagi. Saya pikir jam operasionalnya mengikuti jam opersional SAMSAT besar pada saat bulan puasa.

Jangankan petugas SAMSAT,  rukonya saja belum dibuka. Terpaksalah saya menunggu didepan ruko yang belum dibuka. Makin lama makin banyak yang datang. Wah kalau semua masuk bakalan penuh nih ruko, secara yang disewa oleh SAMSAT hanyalah satu ruko kecil saja.

Tidak beberapa lama beberapa petugas SAMSAT mulai berdatangan dan ruko masih belum dibuka. Sepuluh menit menjelang pukul 8 akhirnya dibuka juga gerai SAMSAT ini. Langsung saja saya bergerombol masuk kedalam kantor. Seperti yang sudah-sudah kami diwajibkan mengisi data di sebuah lembaran yang tersedia di petugas potokopi yang berlokasi disebelah pintu masuk.
Ambil formulir dan fotokopi disini (pantat detected)

Untuk meja pengisian formulir didepan pintu masuk

Contoh pengisian

Contoh pengisiian

Masih contoh pengisiian
Kalau dilihat lokasi SAMSAT ini kurang lega buat para pembayar pajak kendaraan bermotor. Ruko  bertingkat itu hanya dipakai pada bagian bawah. Begitu dibuka langsung penuh dengan para pembayar pajak. Tepat duduk yang terbatas membuat beberapa orang terpaksa berdiri.
Kiri penerimaan tengah pembayaran dan kanan penyerahan (bapak)
Didalam kantor terlihat ada 3 loket yang bersebelahan yang digunakan untuk melayani para pembayar pajak. Loket paling kiri digunakan untuk proses penerimaan berkas sekaligus untuk memberlihatkan BPKB asli. Begitu nama dipanggil kita langsung diminta memperlihatkan BPKB asli dan kemudian akan dikembalikan setelah itu.

Kita diminta menunggu sampai proses input selesai. Nama kita kemudian akan dipanggil oleh petugas yang berada ditengah untuk melakukan pembayaran. Petugas akan menyebutkan jumlah nominal yang harus dibayar dan kemudian kita akan menyerahkan dana sesuai dengan yang disebutkan oleh petugas. Setelah itu kita akan kembali diminta untuk menunggu.

Proses ini lah yang membuat kesabaran saya diuji. Petugas yang terakhir seharusnya mengambil hasil print dibelakang beliau setelah mencatat pengeluaran di buku serah terima. Akan tetapi si petugas ini terus mencatat, jadi dia mengumpulkan beberapa orang terlalu lama menurut saya.
Si mas tukang cetak
Informasi tambahan

Informasi lain
Akhirnya saat yang dinanti itu datang. Nama saya dipanggil dan trada….. selesailah proses prpanjangan pajak kendaraan bermotor saya. Kurang lebih setengah jam waktu yang dibutuhkan dan untuk biaya totalnya (biaya perpanjangan pajak motor + uang parkir). STNK dan plastik baru pembungkus dibagikan kepada setiap pembayar pajak.

You Might Also Like

4 komentar

  1. Mohon alamatnya Mbak...tks banyak dari iwan di Jatiwarna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah tutup pak. Sekarang Pindah di Pondok Gede dibelakang Transmart persis

      Hapus
  2. Samsat jt makmur bk g skrg ni

    BalasHapus

Like us on Facebook

Flickr Images