Web Check In Batik Air dan Lion Air

4:02:00 PM


Setelah membeli tiket penerbangan ke Lombok dengan menggunakan Lion Air Grup. Kami berangkat mengggunakan maskapai penerbangan Batik Air dan pulangnya menggunakan maskapai Lion Air. Memang dari kelasnya seharusnya Batik Air satu tingkat diatas Lion Air, karena di Batik Air ada tambahan inflight Eintertement dan juga ada snack (walau alakadarnya) yang diberikan dalam perjalanan. Tentu saja harga yang diberikan untuk kedua maskapai ini berbeda kadang kita bisa mendapatkan harga tiket Batik Air lebih murah dari pada harga tiket Lion. Tergantung rejeki sih hehehehe.

Untuk memudahkan kami nantinya dalam melakukan proses check in, maka saya ingin melakukan proses web check in yang memang tersedia di laman website Lion Air Grup, akan tetapi kita tidak bisa melakukan proses web check in sebelum 24 jam sebelum keberangkatan. Proses web check in ini saya harap dapat menghemat waktu tunggu saya di bandara nantinya, walau tidak signifikan. Untung untung  (Ngarep Mode ON) ada jalur khusus untuk Baggage Drop.

Untuk Batik Air dan Lion Air sedikit berbeda cara melakukan web check in. Perbedaannya hanya di awal proses saja.  

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Pertama kita harus berada 24 jam sebelum keberangkatan dengan menggunakan maskapai Batik/ Lion Air. Jangan lupa menyiapkan kode boking dan nama akhir salah seorang penumpang.

Tiket Batik Air

Tiket Lion Air

Batik Air
Untuk maskapi ini kita tidak bisa  langsung melakukan web check in secara langsung, walau sudah memiliki kode boking (yang kali ini kami memakai traveloka). Kita harus menukarkan kobe booking tersebut dengan kode yang lain melalui nomor-nomor berikut:
Nomor Call Center
(+6280) 4177 8899 
(+6221) 6379 8000 
(+65) 6339 1922 (Singapore)
(+60) 03-7841 5333 (Malaysia)
Pelayanan Pelanggan
Phone: (+6221) 6379 8000 ext 0
Fax : (+6221) 633 5669   
Setelah kita mendapatkan kode tersebut dari operator maka baru bisa kita melakukan proses berikutnya, yaitu memasukkan kode yang telah didapat dari operator tadi dan nama akhir dari salah satu penumpang.

Lion Air
Sedangkan untuk maskapai, kita bisa langsung menggunakan kode booking kita tadi untuk melakukan web check in. Dengan memasukkan kode booking dan Nama Akhir dari salah satu penumpang, maka proses selanjutnya bisa dilakukan

  • Kemudian kita akan dikonfirmasi apakah kita membawa salah satu barang berbahaya seperti yang terlihat di daftar. Jika tidak maka kita bisa melanjutkan ke proses selanjutnya. Tekan tombol “No, Continue to Check in”.

Konfirmasi barang bawaan
  • Setelah itu akan muncul nama penumpang dan detail penerbangan yang akan kita gunakan. Apabila sesuai maka kita ingin memilih kursi maka klik tombol “Personalize flight”

Dimana yang akan di check in
  • Kemudian halaman “Personalize your flight” klik tombol “Select Seat” jika ingin memilih kursi. Jika tidak langsung klik “Check in”. Kali ini kami memilih untuk memilih kursi sehingga bisa satu baris alias berdekatan.

Check In
  • Akan terlihat gambar denah kursi dalam pesawat. Nah di layar inilah kita bisa memilih kursi yang akan kita duduki nanti. Mau duduk di window seat atau aisle. Itu terserah kita. Kalau ada 4 orang penumpang maka kita akan memilih 4 kali dan kita harus klik nama penumpang satu persatu untuk memilih kursi. Setelah puas memilih kursi maka klik “Return”

Memilih kursi di pesawat
  • Kita akan kembali ke laya“Personalize your flight” sekarang kita klik “Check In”

Selesai memilih kursi

  • Tiap kali web Lion berpikir alias sedang proses, maka  layar ini yang selalu muncul.

Sedang di proses
  • Maka kita akan diarahkan ke layar berikut ini. Dilayar ini kita bisa menambahkan reward (yang saya tidak gunakan). Nah kita juga bisa mencetak langsung boarding pass ini atau cukup di email saja dengan mengklik “Email boarding Pass(es)” atau “Print boarding pass(es)”. Saya memilih untuk mencetak boarding pass ini akan tetapi sesampai di bandara Soekarno hatta tetap akan diganti dengan boarding pass dari Bandara. Untuk melakukan email juga kita bisa memilih apakah boarding pass akan di-email sekaligus atau satu persatu. Semua kembali kepada kita.

Check in telah selesai

Email boarding pass/ print
Setelah melakukan proses diatas maka selesai juga proses web sheck in. Semoga postingan saya ini bisa berguna hendaknya bagi para pembaca semua.


You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images