Memasang Cargonet SGA di Suzuki Ertiga (Do It Yourself by Own Risk)

12:54:00 PM


Sebenarnya sudah banyak yang memposting bagaimana cara memasang Cargonet SGA di Suzuki Ertiga. Baik itu dengan cara melubangi interior atau dengan cara non permanen (tanpa melubangi) interior trim Ertiga. Akan tetapi kali ini saya juga ingin memposting cara memasang Cargonet SGA di Suzuki Ertiga dengan cara melubangi Interior Ertiga (Permanen).

Cargonet ini sebenarnya adalah alat yang berguna untuk menahan barang di bagasi agar tidak jatuh sewaktu pintu bagasi dibuka, karena dalam keadaan standarnya Suzuki Ertiga tidak dilengkapi dengan Cargonet. Jadi memang Cargonet merupakan aksesoris tambahan pada Suzuki Ertiga. Di bengkel reszmi Suzuki, komponen ini dijual seharga 185rb. Saya berpikir pasti ada yang menjual lebih murah dari bengkel resmi di Internet. Mulailah saya mencari komponen ini secara online. Saya dalam mencari Cargonet ini membutuhkan waktu lebih dari 1 minggu mencari di Google   yang lebih murah, dan memang kesabaran saya akhirnya terbayarkan. Saya akhirnya mendapatkan Cargonet dari seller di Internet seharga 115rb. Lumayan murah dari harga resminya. Pada awalnya saya sedikit ragu, karena melihat iklan dan cara pembayarannya langsung ke rekening seller. Telah banyak penipuan dilakukan di dunia maya. Dengan membaca Bismillah, saya melakukan pembayaran dengan seller tersebut. Ternyata keesokan harinya barang sudah dikirim dan lusa barangpun sampai di rumah saya. Alhamdulillah. Jadi untuk mendapatkan harga murah memang diperlukan kesabaran hehehe.

Dalam pemasangan Cargonet ini memang diperlukan ketelitian, ini karena salah sedikit bisa membuat interior Ertiga anda berlobang. Mari kita mulai cara pemasangan Cargonet ini.

Selain Cargonet diperlukan beberapa peralatan tambahan dalam pemasangan diantaranya adalah:
a.       MesinBor
b.      Mata bor diameter 8 mm
c.       Obeng + (plus)
d.      Cutter/ gunting

Adapun langkah kerja pemasangan Cargonet adalah:
1.       Memeriksa kelengkapan Paket Cargonet.
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa kelengkapan paket Cargonet  SGA. Didalam paket terdapat beberapa komponen kecil pendukung yang harus lengkap, karena kalau kurang akan susah mencari persamaan komponen tersebut. Didalam paket Cargonet terdiri dari:
  • Cargonet (1 buah)

Cargonet

  • Lembar petunjuk pemasangan (1 Lembar)

Petunjuk pemasangan

  • Lembar gambar lokasi pengeboran (1 lembar)
Mal lokasi pengeboran
  • Part 1 (4 buah)
Hook
Foto
  • Part 2 (4 buah)
Well nuts
  • Baut/ Screw (4 buah)
Screw

2.       Menggunting gambar denah pengeboran
Setelah memeriksa paket Cargonet, pengerjaan kita lanjutkan dengan pengguntingan mal lokasi pengoran yang telah disediakan didalam paket Cargonet. Proses ini bisa dilakukan dengan gunting atau cutter.

Denah pengeboran


3.       Memasang Mal ke trim dan penandaan lokasi pengeboran
Sebelum dibor kita harus tahu dahulu  lokasi pengoboran, unutk itu dengan menggunakan kertas yang telah kita potong tadi kita bisa mengetahui lokasi pengoboran pada interior Trim. Penggunaan kertas ini bisa digunakan untuk kedua sisi trim kiri dan kanan. Posisi kiri adalah posisi depan kertas. Pada kertas mal tadi sudah dijelaskan posisi pemasangannya. Yang mana kearah depan. Untuk pada bagian kanan kita bisa balik kertasnya, kemudian tempel lagi dan kemudian tandai lokasi pengeboran trim pada bagian kiri dan kanan mobil.
Mal lokasi pengeboran dapat dipergunakan pada kedua sisinya

4.       Pengeboran trim
Pada proses ini ketelitian dan kesabaran sangat dibutuhkan, karena kalau pekerjaan dilakukan dengan cara kasar maka akan merusak komponen yang lain. Pada mata bor saya beri penanda supaya nantinya pada saat pengeboran tidak merusak komponen lain, karena membor terlalu dalam. Karena tebal trim tidak terlalu tebal. Bedasarkan manualnya kita diminta untuk menandai sekitar 7 mm dari ujung mata bor. Intinya kita akan mengebor sampai trim tembus untuk memasang komponen diatas.

Mata bor yang sudah ditandai

Ketika akan dilubangi

Interior Trim tang selesai dilobangi (Kiri & kanan)

Pada proses ini saya lakukan dua kali. Pertama saya menggunakan mata bor yang lebih kecil dan kemudian baru dib or lagi dengan menggunakan mata bor yang lebih besar. Ini saya lakukan untuk mencegah kerusakan pada permukaan trim. Biasanya apabila pengeboran langsung digunakan diameter yang besar dan mata bornya kurang tajam maka bor akan lari dari permukaan yang seharusnya kita bor.
Proses pengeboran dengan menggunakan mata bor 8 mm cukup dilakukan sekali dan kemudian langsung dicocok dengan well nut. Jika well nut tidak bisa masuk maka lakukan pembesaran lobang dengan hati-hati. Biasanya setelah dilobangi dengan menggunakan mata bor 8 mm well nuts bisa masuk dengan sempurna.
Terkahir jangan lupa membersihkan kotoran yang ditinggalkan akibat pekerjaan pengeboran.

5.       Pemasangan Well nuts
Komponen ini yang bertugas agar menahan Cargonet tetap di trim. Cara pemasangan cukup dengan mesukkan well nuts kedalam lobang yang telah kita buat tadi.

Pemasangan Well nuts pada trim

6.       Pemasangan Hook dan Screw
Untuk pemasangan hook akan juga dilakukan pemasangan screw karena hook ditahan oleh screw. Screw akan menyatukan ketiga komponen tadi. Well nuts, hook dan screw pada trim.
Pemasangan screw & Hook

7.       Pemasangan Cargonet.
Untuk pekerjaan ini sangatlah mudah karena kita hanya perlu memasangkan Cargonet pada Hook yang telah kita pasang tadi.

Cargonet terpasang
Tulisan Suzuki di Cargonet

Bonus foto berikut Model….
Ami dan Azra


Dan selesailah pemasangan Cargonet di Suzuki Ertiga. Semoga tulisan ini berguna bagi pembaca hendaknya.




You Might Also Like

7 komentar

  1. Saya mau donk pak contact person yang jual cargo net nya. Harganya murah lho itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh mas saya sudah lupa nanti kalau ketemu saya upload. Kemaren dia juag menawarkan beberapa aksesoris ertiga tapi saya belum minat.

      Delete
  2. Pasangnya susah juga ya harus ngebor interiornya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bisa tidak mengebor Interior tapi harus menempelkan bagian atas cargonet ke baut. Tapi menggunakan yang SGA original Suzuki disediakan cantolan sehingga bisa bisa menyamarkannya....

      Delete
  3. Pasangnya susah juga ya harus ngebor interiornya,

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Sama-sama Pak, terima kasih kunjunganya...

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images