Mudahnya Tambah Daya Listrik (Promo Gemerlap lebaran 2018)

8:48:00 PM


Renovasi rumah tinggal kami sudah masuk kedalam tahap finishing. Dengan ada penambahan kamar dan juga luasan rumah tentu juga akan berdampak kedalam peningkatan kebutuhan tenaga listrik dirumah. Awalnya dirumah kami yang lama tersedia 1300VA daya listrik. Setelah berdiskusi dengan bunda kami perlu meningkatkan daya listrik dirumah kami. Pilihan ada dua macam yaitu menjadi 2200VA atau menjadi 3500VA. Setelah melalui berbagai pertimbangan akhirnya kami memilih untuk menggunakan daya 3500VA. Kalaupun nantinya kami keberatan menggunakan daya sebesar ini, maka daya akan kami turunkan hehehehe.

Pertama yang saya lakukan adalah mencari informasi bagaimana untuk menambah daya ini. Tentu saja internet menjadi pilihan bagi saya. Disana saya mendapatkan kalau untuk menambah daya ada beberapa cara, yaitu melalui datang langsung ke kantor PLN terdekat, melalui web dan atau  melalui aplikasi.  Sebenarnya pada renovasi rumah ini ada dua pekerjaan yang saya butuhkan. Pertama menambah daya tadi dan yang kedua adalah pemindahan lokasi meteran PLN ke lokasi baru. Pemindahan lokasi meteran listrik tidak mungkin saya lakukan sendiri, karena akan ada segel PLN yang akan saya rusak untuk pemasangannya meteran. Saya ingin menghindari ini karena akan menyebabkan saya kena denda.
Sumber informasi PLN
Informasi yang saya dengar dan saya dapat melalui call PLN 123 kalau ada naik daya maka meteran listrik akan berubah menjadi Meteran yang baru dengan sistem token. Sedangkan saya dan bunda tidak mau kalau meteran rumah kami diganti dengan sistem yang baru. Alasan yang paling utama sih lebih ribet saja.

Kemudian saya mendapatkan infomasi juga dari tetangga didekat rumah kalau ada petugas PLN yang bisa melakukan naik daya akan tetapi tidak akan ada perubahan meteran nantinya. Katanya sih resmi… Tapi setelah saya menelpon beliau saya mendapatkan harga yang lumayan fantasis untuk melakukan perubahan daya dari 1300VA menjadi 3500VA. Biayanya sekitar 3 juta rumah. Caranya cukup sederhana yaitu daya yang diinginkan dikurangi daya awal dikali dengan Rp. 1.250, maka akan didapat nominal yang harus kita bayar nantinya ke petugas itu. Harga tersebut termasuk penggesaran meteran listrik. Setelah berkonsultasi dengan bunda pada awalnya bunda setuju dengan perubahan daya 220VA dengan murni pertimbangan biaya.

Si petugas kemdudian dengan rajin bertanya kepada kami apakah jadi untuk menaikkan daya, sedangkan saya masih terus pikir-pikir (kelamaan sih kayanya). Sampai suatu saat saya melihat gambar yang dikirim oleh seorang anggota grup media sosial. Gambar yang berisi tentang adanya promo tambah daya dari PLN (Gemerlap lebaran 2018). Dalam ini konsumen akan mendapatkan diskon 50% dari harga resmi. Promo ini sendiri akn berakhir tanggal 30 Juni 2018.

Promo Gemerlap Lebaran 2018
Harga resmi tambah daya adalah sebagai berikut:
Biaya Tambah Daya Listrik PLN 2018
DARI DAYA LAMA
KE DAYA BARU
BP NORMAL (Rp)
450
900
421.650
1300
796.450
2200
1.639.750
3500
2.955.450
4400
3.827.550
5500
4.893.450
900
1300
374.800
2200
1.218.100
3500
2.519.400
4400
3.391.500
5500
4.457.400
1300
2200
843.300
3500
2.131.800
4400
3.003.900
5500
4.069.800
2200
3500
1.259.700
4400
2.131.800
5500
3.197.700
3500
4400
872.100
5500
1.938.000
4400
5500
1.065.900

Untuk memastikan kalau memang ada promo semacam itu dari PLN saya menghubungi PLN 123. Hasilnya memang ada promo tersebut dilakukan oleh PLN. Untuk naik daya menjadi 3500VA dari Rp. 2.131.800 didiskon setengahnya wow amazing. Ternyata tambah daya melalui petugas PLN langsung ternyata mahal ternyata. Mending lewat jalur resmi. Sudah diskon dan meteran tidak perlu diganti pula….

Dan yang lebih menakjubkan lagi pengajuan bisa kita lakukan melalui Call Center PLN 123 tersebut. Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan pendaftaran naik daya melalui call center. Kita hanya perlu menyiapkan data-data sebagai berikut:
  1.  No. ID Pelanggan
  2. KTP Pelanggan (data pelanggan)
  3.  KTP Yang dikuasakan (jika dikuasakan)
Semua data akan diinput oleh petugas, jadi kita tidak perlu menginput sendiri hehehe (terima kasih PLN). Pertama petugas akan bertanya No ID pelanggan, No. KTP pelanggan, dan seluruh data pribadi pelanggan yang ada terdapat di KTP dan juga lokasi rumah yang akan dinaikkan daya. Petugas juga akan bertanya no KTP yang dikuasakan. Jika yang mendaftarkan naik daya bukan si pemilik rumah.

Setelah semua data selesai diinput maka petugas akan kembali membacakan semua data yang  telah diinputnya. Kemudian jika telah setuju maka nanti kita akan diberikan nomor 13 digit. Nomor ini adalah nomor pembayaran yang bisa kita lakukan di ATM, kantor pos dan juga tentu saja kantor PLN. Kali ini saya memilih jalur cepat yaitu ATM.

Saya baru bisa melakukan pembayaran keesokan harinya, pada saat saya mengunjungi orang tua di Cilegon . pembayaran saya lakukan melalui ATM. Pembayaran kita masuk melalui ke menu Pembayaran dan akan ada pilihan  sub menu Listrikl/ PLN (untuk pasca bayar) dan PLN NonTagLis. Akhirnya saya baru mengetahui fungsi dari NonTaglis ini adalah Non Tagihan Listrik. Jadi ini adalah menu untuk pembayaran dari konsumen baru yang akan pasang listrik, tambah daya dan selain Pembayaran listrik.

Setelah saya memilih PLN NontagLis maka akan terlihat area kosong, yang nantinya akan kita masukkan dengan 13 digit nomor yang diberikan oleh petugas tadi. Kemudian akan keluar jumalah nominal yang harus kita bayarkan Saya membayar Rp. 1.071.900,-  plus 3rb untuk admin bank. Setelah struk keluar kami bergerak menuju rumah. 

Sebenarnya proses bisa kita pantau di applikasi android yaitu di PLN Mobile. Sayangnya saya tidak menemukan proses tambah daya di applikasi ini (apa mungkin saya kurang lama utak atiknya?). Sehingga saya melakukan proses tambah daya melalui call center PLN 123.
Home

Memeriksa progres
Jika fimklik Profile

Jika diklik Biaya

Jika diklik Progress

Beberapa jam kemudian saat kami sedang istirahat siang. Masuk telepon dari nomor yang tidak dikenal ternyata itu dari petugas yang akan melakukan proses tambah daya. Waduh saya diluar kota. Memang dirumah ada tukang yang sedang bekerja akan tetapi kami sedang diluar rumah. Soalnya  kami harus menyiapkan fotokopi KTP pelanggan dan juga yang dikuasakan, surat kuasa dan juga materai (2 buah).  Petugas bertanya lokasi rumah kami. Setelah menjelaskan dengan detail akhirnya petugas sampai dirumah kami. Kami juga ditawarkan untuk memindahkan meteran listrik. Saya bertanya harganya dan ditawari ongkos pindah meteran 300rb dan sayapun menyetujuinya. Lumayan saya tidak harus datang lagi kekantor PLN untuk melakukan pendaftaran. Sebenarnya pendaftaran untuk geser meteran ini bisa juga dilakukan dengan menelpon Call Center PLN 123. Tapi saya memilih untuk melakukan sekalin dengan petugas tersebut. Petugas berjanji akan melakukan pemindahan meteran keesokan harinya.

Kesokan harinya si petugas datang bersama seorang rekan kerja untuk melakukan pemindahan meteran listrik. Posisi meteran akan saya pindahkan dari sebelah kanan rumah kami. Untuk kabel lama tidak bisa dipakai lagi karena posisinya terjepit genteng tetangga. Akhirnya saya menggunakan kabel yang baru dan saya harus membayar 10rb/ meternya. Dibutuhkan 15 meter dari tiang yang terdekat. Proses pemasangan dan pembersihan meteran ini memakan waktu 1 jam. 
Pemasangan kabel

Masih memasnag kabel

Memasang meteran


Meteran sudah terpasang dengan segel baru.
Dengan cekatan petugas membersihkan meteran listrik rumah kami. Kemudian mengambil arus listrik dari tiang terdekat dengan rumah kami dan kemudian memasang kabel dengan rapi 9akhirnya juga dibongkar tukang soalnya mau plester dinding hihihihihi).  Kebetulan sekali saat itu para tukang sedang memplester area dinding luar rumah kami. Jadi pas sekali waktunya .

Setelah satu jam berlalu meteran listrik sudah terpasang dengan rapi dan juga MCB baru (nambah daya) juga sudah terpasang. Masalah pemindahan meteran listrikpun sudah selesai.
Ternyata promo lebaran lebih murah
Memang terbukti kalau PLN sudah lebih baik dan kami berharap bisa menjadi lebih baik lagi. Proses tambah daya memang sesuai dengan yang diiklankan. Alhamdulillah

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images