Suntik Maningitis di Bekasi

5:19:00 PM

Oleh karena ada salah satu hal yang mengharuskan kami melakukan suntik meningitis untuk mendapatkan kartu kuning. Di salah satu web yang saya baca informasi tentang meningitis adalah sebagai berikut:

Pencegahan Meningitis
Meningitis adalah hasil dari infeksi yang menjalar. Bakteri atau virus yang menyebabkan meningitis bisa tersebar melalui batuk, bersin, ciuman, atau berbagi peralatan. Beberapa langkah awal untuk mencegah terjangkit meningitis adalah:
  • Mencuci tangan
  • Berlatih hidup higienis
  • Pola hidup sehat
  • Menutup mulut saat bersin atau batuk
  • Jika sedang hamil, berhati-hati dalam memilih makanan

 Penerapan Vaksin Meningitis Untuk Perjalanan
Bakteri Neisseria meningitidis (meningokokus) jarang ditemukan di Indonesia. Sehingga banyak orang Indonesia yang tidak memiliki kekebalan terhadap bakteri tersebut. Vaksinasi sangat dianjurkan bagi orang Indonesia yang bepergian ke wilayah berisiko tinggi. Daerah yang berisiko tinggi atau daerah asal bakteri ini adalah Arab Saudi dan sebagian Negara-negara di Afrika. Calon peserta Umroh diwajibkan untuk menerima vaksin meningitis sebelum berangkat untuk mencegah terkena meningitis.

Mengunjungi tempat dengan risiko tinggi terjangkit meningitis
Sangat disarankan untuk melakukan vaksinasi terhadap meningitis grup A, C, Y dan W135, jika bepergian ke daerah berisiko tinggi. Terutama jika Anda membuat rencana seperti di bawah ini:
Tinggal dengan warga setempat di area padat untuk mengikuti ibadah Haji atau Umroh di Arab Saudi
Melakukan aktivitas berlebih di area Haji di Arab Saudi, menjadi pekerja musiman atau sebagai TKI
Tinggal lebih lama dari sebulan sebagai wisatawan beransel

Pemberian Vaksinasi
Untuk bayi yang berusia antara dua bulan hingga dua tahun, dosis awal vaksin harus diikuti dengan dosis kedua tiga bulan berikutnya. Vaksin meningitis tidak cocok untuk bayi yang berusia kurang dari dua bulan.

Saat mereka pertama kali vaksinasi untuk anak di bawah lima tahun, vaksin memberi perlindungan selama dua hingga tiga tahun. Satu dosis vaksin akan memberi perlindungan sekitar lima tahun bagi orang dewasa dan anak-anak berusia di atas lima tahun.

Untuk melindungi Anda dari meningitis grup A, C, Y, dan W135 dibutuhkan vaksinasi meningokokus ACYW135. Vaksinasi harus diberikan dua hingga empat minggu sebelum Anda bepergian sekitar.

Efek Samping dari vaksinasi
Satu dari sepuluh orang yang disuntik vaksin ACWY akan mendapatkan rasa sakit danruam di sekitar luka suntikan. Biasanya efek samping ini akan bertahan selama satu sampai dua hari. Reaksi yang gawat jarang sekali terjadi, tapi demam ringan bisa muncul. Kondisi ini lebih sering dijumpai pada anak-anak daripada orang dewasa."

Berhubung ini syarat ini wajib dan sekaligus untuk mencegah penyakit yang akan didapat. Menurut kami tidak masalah kami melakukan suntik tersebut. Masalahnya sekarang dimana kami bisa melakukan penyuntikan tersebut secara kami berdua (saya dan bunda Azra) keduanya bekerja. Sedangkan untuk penyuntikan vaksinasi hanya bisa dilakukan pada hari kerja (menurut informasi yang saya terima).

Menurut teman saya penyuntikan untuk vaksinasi meningitis bisa dilakukan di KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Halim (entah dimana tepatnya). Menurut dia disana ramai sekali dan harus antri lebih dahulu sebelum penyuntikan bahkan untuk mengambil nomor sekalipun. Kemudian saya mencari informasi di internet kalau untuk melakukan suntik meningitis di Halim itu antriannya ada yang antri dari jam 4 (wooooooooowwwwww) dan penyuntikan dimulai pukul 8 pagi… Saya berpikir kalau datang jam 6 antrian , saya dapat nomor berapa yah?

Saya terus melakukan pencarian. Ternyata bisa dilakukan di seluruh KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) diseluruh Indonesia (buat yang mau berangkat Haji dan Umroh). Saya mendapatkan alamat kantor KKP seluruh Indonesia dari  web. Pilihan pertama saya dapat untuk melakukan vaksinasi di Halim.

Menimbang  lokasi dan banyaknya antrian yang akan menyuntik di Halim dan saya tinggal di Bekasi, saya mencoret Halim dalam daftar saya. Kemudian saya mencari informasi di Internet. Terutama yang bisa melakukan suntik dihari libur. Kemudian saya mendapatkan informasi kalau bisal dilakukan penyuntikan di Garuda Medical di Kemayoran. Kita haru bikin janji terlebih dahulu. Pas saya menelpon kesana ternyata mereka sudah melakukan penyuntikan lagi sejak setahun yang lain. Wah bertambah lagi daftar pencoretan dalam list saya.

Saya juga pernah membaca kalau penyuntikan vaksinasi meningitis bisa dilakukan di Percetakan Negara di kantor Dirjen PP & PL, dan katanya pula disana antriannya lebih sedikit. Wahhh ini kebetulan sekali pikir saya. Kemudian saya memberanikan diri untuk menelpon kantor tersebut, setelah mendapatkan nomor kontak dari internet. Hasilnya sekali lagi saya merasakan kekecewaan, bahwasanya kalau disana juga sudah tidak bisa lagi melakukan suntik meningitis dari satu tahun yang lalu. Lagi lagi satu tahun yang lalu. Anda kurang beruntung Om son hehehe.

Pencarian saya masih diteruskan, saya mendapat lagi bahwa KKP Tanjung Priok agak lebih sepi dari pada yang di Halim. Saya memberitahuka kepada bunda kalau kita akan melakukan Suntik didaerah Tanjung Priok. Bunda pusing kapan mengatur waktu yang tepat untuk melakukan penyuntikan tersebut. Sedangkan ada teman saya yang juga melakukan peyuntikan di sana juga membutuhkan waktu yang lebih panjang.

Bunda bertanya apakah tidak ada daerah penyuntikannya di Bekasi saja. Kemudian saya melanjutkan pencarian melalui internet akan hal ini. Saya mendapatkan informasi bahwa untuk suntik meningitis bisa dilakukan di Bekasi. Yang lebih membahagiakan lagi biasanya antriannya tidak terlalu banyak seperti di tempat lain. Nah… tempat ini lah yang kami cari. Tepatnya di Asrama Haji Bekasi. Tepatnya dialamat berikut
Asrama Haji Bekasi
JL. Kemakmuran, No. 72
No. Telp. (021) 88960946
Gogle Map koordinat (-6.245056, 106.994983)

Peta Asrama Haji (by G-Map)
Seperti Biasa saya menelpon terlebih dahulu untuk mengkonfirmasi informasi yang saya dapat. Ternyata mereka memang bisa melakukan penyuntikan pada hari kerja (Senin-Jumat) dan Jam operasional Jam 8 pagi sampai Jam 3 sore.

Kemudian kami mencari kapan kami bisa melakukan penyuntikan. Setelah sinkronisasi skedul kami berdua (cieeeeee). Kami akhirnya melakukan penyuntikan pada hari Rabu tanggal 21 Oktober 2015. Kami berangkat pagi dari rumah setelah mengantarkan anak-anak kami sekolah. Pada jam 7 pagi kami berangkat menuju asrama Haji. Terlebih dahulu menuju ke tempat foto kopi untuk encetak foto kami yang belum dicetak sebagai sayarat dalam melakukan penyuntikan. Adapun Syarat untuk melakukan penyuntikan Maningitis adalah:
  • Mengisi Formulir sesuai Nama Pasport dan No. Pasport (dilakukan di tempat atau bisa juga dirumah)
  • Fotocopy Pasport (1 lembar)
  • Fotocopy KTP (1 lembar)
  • Pasfoto ukuran 4x6  sebanyak 1 lembar

Setelah mencetak foto bunda menyarankan supaya sarapan terlebih dahulu tapi saya pikir lebih baik suntik dahulu sebelum orang datang terlalu banyak. Akhirnya bunda setuju dengan ide saya ini. Kemudian tak lama kami sudah berada diatas Chelsea yang akan membawa kami menuju Asrama Haji Bekasi.

Kami melewati jalan kalimalang yang saat itu ramai dengan pengguna jalan yang lain. Tidak berapa lama kami sampai ke suatu tempat yang kami pikir itu Asrama Haji. Setelah bertanya ke Pak Satpam kami baru tahu itu adalah Islamic Center. Ternyata Asrama Haji ada diseberang jalan dari Islamic Center.
Denah Poliklinik
Setelah menemukan Gerbang masuk, kami bertanya kepada Petugas keamanan disana dimana untuk suntik Maningitis. Kemudian kami diarahkan ke Poliklinik yang berada dibagian belakang Asrama Haji. Kami sampai saat itu sekitar pukul 8 pagi. Saya langsung mengarahkan motor saya ke Pliklinik yang dimaksud. Saya memarkirkan kendaraan tepat didepan Poliklinik tersebut. Saat itu tidak banyak orang yang berada disana. Kemudian, saya baru merasa sadar kalau saya belum mempunyai fotokopi KTP dan Paspor. Kemudian, saya dan bunda menuju kantin kecil yang berada dibelakang Poliklinik tersebut. Untuk Fotokopi 3 lembar dikenakan seharga 4500 (wow). Tenyata yang punya menggunakan mesin print biasa untuk fotokopi. Jadi bagi yang akan melakukan vaksinasi Maningitis persiapkan semua persyaratan dirumah dengan lengkap.

Selesai fotokopi kami langsung masuk kedalam Poliklinik. Bagian pendaftaran ada bagian dalam. Didalam gedung itu ada tiga Meja yang dijaga oleh 3 petugas. Meja Pendaftaran (untuk ambil fomulir) dan penyerahan formulir dan persaratan pendukung serta meja untuk membayar di satu meja. Kemudian satu meja lagi adalah meja untuk penyerahan buku kuning yang di saat itu dijaga oleh dua petugas.
Denah dalam Poliklinik
Jadi urutannya. Ketika masuk ambil formulir yang tersedia di meja A. Ambil sesuai dengan orang yang akan disuntik. Kemudian isi semua data yang dibutuhkan. Setelah lengkap mengisi. Jadi satu dengan dokumen persyaratan lainnya yang telah saya sebut diatas dan kemudian serahkan ke Meja A. Kemudian dari sana akan diambil oleh dokter dan diibawa ke bilik penyuntikan.  Bagi wanita yang masih dalam masa produktif diharuskan untuk melakukan tes urine untuk memeriksa apakah dalam keadaan hamil atau tidak. Karena suntikan ini berbahaya bagi janin. Unutk menyuntik ini dikenakan biaya 25rb kalau tidak salah.
Meja Petugas
Antrian didalam

Antrian diluar
Formulir yang harus diisi
Sambil menunggu dipanggil saya menunggu didalam ruangan. Dokter memanggi beberapa orang sekaligus. Biasanya laki-laki dipanggil beberapa orang sekaligus dan kemudian beberapa orang wanita sekaligus untuk disuntik. Jadi wanita dan pria penyuntikannya tidak digabung. Nah kalau disini. Penyuntikan Vaksin Maningitis dilakukan sekaligus vaksin flu. Tidak seperti di tempat lain kalau vkasin flu itu  Yang mana untuk Maningitis berlaku selama 2 tahun sedangkan untuk Vaksin flu  vaksinnya akan bertahan selama satu tahun. Seperti biasa saya ketakukan waktu akan disuntik tapi saat disuntik tidak terlalu terasa sakitnya. Tidak ada pemeriksaan tambahan disini, kita langsung disuntik oleh petugasnya dan kalau telah selesai langsung keluar untuk menunggu panggilan pembayaran.

Setelah disuntik kemudian masuk ke proses berikutnya yaitu pembayaran penyuntikan. Setelah disuntik kami harus menunggu untuk dipanggil lagi unruk melakukan pembayaran. Tidak berapa lama setelah proses penyuntikan nama saya dipanggil dan ditanya pergi keluar negeri sendiri atau berdua, saya jawab dengan istri. Kemudian petuga mencari berkas istri saya. Untuk dua Vaksininasi ini dikenakan biaya 455 rb. Detailnya 305rb untuk vaksinasi Maningitis dan 150rb untuk vaksin flu. Ditambahkan biaya pemeriksaan kehamilan jadi untuk kami berdua diharuskan membayar 935rb. Setelah itu lagi kami diminta untuk menunggu langkah akhir yaitu penyerahan buku kuning tanda bahwa kita telah divaksin.

Setelah membayar di meja A, kemudian kami menunggu lagi untuk dipanggil penyerahan buku kuning. Penyerahan buku kuning dilakukan di Meja B. Tidak lama kemudian kami dipanggil dan buku kuning bukti kami telah melakukan Vaksinasi diserahan kepada kami.

Total waktu yang dibutuhkan dri kami datang dan selesai tidak sampai 1 jam. Berbeda sekali dengan cerita yang saya dengar. Alhamdulillah. Semoga cerita kami bisa membantu pembaca lainnya dalam mencari lokasi vaksinasi. Kemudian kamipun beranjak pulang menuju rumah tapi terlebuh dahulu kami sarapan dalam perjalanan menuju pulag ke rumah.













You Might Also Like

54 komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Informasinya sangat jelas dan berguna bagi mereka yang ingin suntik vaksin untuk daerah bekasi dst.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak atas kunjungannya ke blog kami.

      Hapus
  3. Thx info nya sangat bermanfaat bagi sya #niceinfo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama pak/ ibu... Senang bisa berbagi.

      Hapus
  4. Thx info nya sangat bermanfaat bagi sya #niceinfo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya saya ragu akan informasi ini. Tapi saya konfirmasi dengan telepon ke Asrama Haji Bekasi. Jadi Alhamdulillah saya dapat menghemat waktu banyak dibanding datang ke Halim......

      Hapus
  5. Bisa suntik meningitis hari sabtu nggak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa bu, soanya mereka juga tutup hari Sabtu. Oleh karena itulah saya melakukan penyuntikan pada hari kerja.

      Hapus
  6. ijin untuk share ya mbak

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Tks infonya kebetulan memang mau suntik secepatnya, sdh pernah di Bandara Halim th 2013 diantriin sama orang travel dari subuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya saya coba di Bekasi saja. Paling lama setengah jam dari masuk sampai keluar lagi. Alhamdulillah. Yang saya dengar dari teman saya juga begitu. Antri dari subuh. Suntiknya jam 8...... gimana tidak kecapean orang.

      Hapus
  9. kak , mau tanya kan aku trkena maningitis ringan misalnya kalau aku pakai vaksin meningitis bisa gak ya kak .
    makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vaksin kalau tidak salah terbuat dari virus yang di jinakkan. kalau kita pakai vaksin dan tubuh kita masih lemah virusnya tambah ganas dong.... Ini pemikiran saya. Hendaknya diperiksa ke dokter saja Mabak. Semoga lekas sembuh ya...

      Hapus
  10. Assalamu'alaikum, terima kasih Pak Sony atas informasinya yg sangat bermanfaat sekali. Untuk nomor telpon asrama haji yg Bok cantumkan, itu bisa di hub ya Pak? Krn beberapa hari lalu, sy coba tanya 108 di kasih nomornya, tapi saat sy hub ga bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam. Itu yang nomor yang saya telpon dahulu sewaktu menanyakan tentang suntik bu.

      Hapus
  11. trmksh bnyk pak informasi nya sangat berguna sekali utk kami yg kebingungan mencari tmpt suntik vaksin tersebut,sekali lg trmksh bnyk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, senang rasanya bisa membantu.

      Hapus
  12. Makasih Infonya, bermanfaat sekali buat kami.

    BalasHapus
  13. Sangat bermanfaat info ini. Terima kasih ya...

    BalasHapus
  14. Jazakallah khayr. Infonya sangat bermanfaat. Sy hari ini suntik di asrama haji bekasi. Dtg sdh dari pukul 6 pagi dan dpt nomor urut 12. Tapi suntik ny br mulai jam 8. Sekali lg trm ksh utk info nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kepagian kali ya datangnya. Soalnya saya datang jam 9 saja jam 10 udah selesai. Alhamdulillah lebih cepat daripada di Halim.

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohh ya pak....lebih tepatnya tempatnya apa di piliklinik asrama haji bekasi??

      Hapus
    2. Iya sepertinya itu di Poliklinik Asrama Haji. Kalau Musim Haji, pelayanan itu tidak ada karena hanya untuk jemaah haji yang mau berangkat.

      Hapus
  16. Terimakasih buanyaaak...info nya berguna banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah....... terima kasih telah berkunjung

      Hapus
  17. Asalamualaiku,,

    Untuk pelayanan suntik meningitis tsb, apakah buka setiap hari tdk? dan saya sdh coba telpon dari pagi ke nomor 88960947, tdk diangkat-angkat.
    Wasalam.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam,
      Buka setiap hari Senin-sampai Jum'at. Sampai jam 3 sore. Kecuali musim haji tidak melayani penyuntikan. Coba didatangi saya lokasinya Pak.

      Hapus
  18. terimakasih informasinya, sangat bermanfaat, dr 3hari yang lalu saya search akhirnya ada lokasi di bekasi juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa tempat bisa dilakukan penyuntikan yaitu di Halim yang biasanya sangat penuh dan antrinya biasanya dari subuh. Sedangkan tempat lain di Tanjung Priok yang lumayan sepi tapi jauh sekali dari rumah, terakhir di Bekasi pada Asmara Haji. Akhirnya kami putuskan melakukan penyuntikan disini dan prosesnya pun tidak begitu lama.

      Hapus
  19. Assalamualaikum....
    Terima kasih P'Soni atas informasi nya
    Sy sudah telp ke no tlp tersebut, dan memang benar adanya bahwa Poliklinik Asrama Haji tersebut mengadakan pelayanan Suntik Meningitis
    Insya Alloh hari ini saya & Ibu saya akan mendatangi & melakukan suntik hari ini..
    Terima kasih sekali lagi informasinya...
    Jazakumulloh ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh Pak Adhi. Alhamdulillah senang bisa berbagi informasi. Semoga urusan dilancarkan oleh Allah.

      Hapus
  20. Infonya sangat membantu.. terima kasih..
    Kemarin saya baru suntik di AHB.. sama kondisinya seperti yang disampaikan diatas..
    Saya datang jam 7, isi formulir dapat nomor 35an.. jam 8;30 dipamggil sumtik..

    http://kespel.depkes.go.id/vaksinasi_int/vaksinasi_int_public/add

    Dibeberapa KKP bisa daftar online..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Bekasi tidak seramai di Halim ini yang saya suka.

      Hapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  22. punten om Sony judulnya perlu dikoreksi mestinya meningitis ( selaput otak ) bukan maningitis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa bedanya ya om Yoyo... saya pikir sama saja ternyata beda.

      Hapus
  23. meningen = selaput otak Maning = lagi (bahasa jawa) hee,heee !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh begitu yah..... tapi yang penting yau lah maksudnya. hehehee.

      Hapus
  24. Jazakallah akhi info yg luar biasa ini sangat jelas dan detail...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya. Suntik di sana akan ditiadakan kalau musim haji.

      Hapus
  25. apa klo tidak suntik jadi masalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Yhanis sepertinya ga bisa karena ini sudah menjadi syarat wajib yang akan berangkat umroh.

      Hapus
  26. Om Soni, apa suntik flu diwajibkan juga? setau saya dari blog orang lain kalau di halim hanya disuntik menigitis saja. Terimakasih infonya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bebar sekali om Aan yang wajib itu suntu meningitis sedangkan yang influenza itu buat yang mau saja tapi kalau dibekasi dibuat paket sama kliniknya jadi ambil sekaligus om.

      Hapus
  27. Pak Sony, mau tanya, untuk status kehalalan vaksin bagaimana ya yg di bekasi? klo saya baca di beberapa situs internet, ada yang halal dan ada yg belum halal vaksinnya. mohon pencerahannya, karena saya berniat vaksin pekan depan.
    terima kasih sebelumnya
    -yeni-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masalah halal atau tidak saya hanya menyandarkan kepada Allah saja mbak. Sudah menjadi tugas kementrian agama dan pihak terkait atas kehalalan vaksin tersebut.

      Hapus
  28. Pak sony saya mau suntik vaksin, kemarin saya datang keasrama haji bekasi tp katanya sudah tidak melayani lagi,, selain diasrama haji bekasi dimana lagi ya??? rumahku didaerah bekasi soalnya,, mohon bantuannya.. mksh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh... biasanya karena akan ada jemaah haji vaksin untuk umbroh ditiadakan. Kan mau mau masuk musim haji. Tidak tau lagi kalau sekarang. Kalau Bekasi cuma ada satu, kalau yang agak sepi kata temen di Priok om Alvian. kaau di Halim rameeee.

      Hapus
  29. Ini sudah tidak musim haji
    masih buka ga ya yang Asrama Haji Bekasi ?

    BalasHapus
  30. Masih adalah sekarang suntik minginitis di asrama haji ?

    BalasHapus

Like us on Facebook

Flickr Images