Memperpanjang STNK di Gerai Samsat Pondok Gede

2:45:00 PM

Kali ini saya akan berbagi informasi tentang bagaimana cara memperpanjang STNK motor di Gerai Samsat Bekasi yang berada di Pondok Gede. Saya hanya ingin berbagi dengan pembaca dan sebelumnya saya minta maaf kalau ada dalam penulisan saya terjadi kesalahan penulisan atau kealpaan saya.

Tak terasa sudah setahun berlalu bahkan lebih semenjak Chelsea (Motor saya) dipindahkan dari Jakarta ke Bekasi. Sekarang Chelsea (motor saya) resmi menjadi warga Bekasi. Yang dulunya Chelsea mempunyai huruf belakangnya plat nomornya B xxxx TGI dan sekarang menjadi B xxxx KHC.  Jadi untuk perpanjang STNK sekarang menjadi sedikit lebih susah karena lokasi perpanjangan lebih sedikit dibanding bila saya memperpanjang pajak STNK di Jakarta. Kalau dijakarta bisa dimana saja, baik di Kantor Samsat, outlet, drive thru atau Samsat keliling, kalau Bekasi belum ada Drive thru dan Samsat keliling.

Sebenarnya jatuh tempo STNK motor saya jatuh pada tanggal 6 Maret 2013 kemaren tapi tidak terasa, saya baru sadar pada tanggal 8 Maret 2013. Walaupun huruf depannya sama tapi tetap cara pelayanan beda. Sama-sama plat nomornya “B”. Wah bakalan kena denda nih saya, pikir saya. Dengan buru-buru saya mencari informasi tentang denda keterlambatan STNK. Berbagai infomasi saya dapatkan dari internet mengenai denda keterlabatan pembayaran pajak STNK, tapi secara garis besar ada dua macam denda yang akan dikenakan kepada kita, jika kita terlambat membayar pajak STNK.

Untuk menghitung denda akibat keterlambatan membayar perpanjangan STNK adalah sebagai berikut :
• Cara menghitung denda untuk SWDKLLJ Batas limit keterlambatan 3 hari dari masa berlaku habis dihitung sama dengan terlambat 1 bulan sama dengan terlambat 1 bulan  dan dendanya sama juga sih dengan 1 tahun  dendanya sebesar Rp. 32.000,- untuk motor dan Rp. 100.000,- untuk mobil.

• Cara menghitung denda PKB adalah untuk limit waktu terlambat  setiap Samsat berbeda-beda, Prinsip denda PKB adalah 25% dalam 1 tahun. Ada yang 1 hari sudah dianggap terlambat atau Samsat yang lain berbeda. Nah kalau terlambat sehari sudah dianggap 1 bulan terlambatnya, kalau 1 bulan 1 hari dianggap 2 bulan dan begitu seterusnya . kalau terlambat
-          1 bulan perhitungganya = PKB x 25%  x 1/12
-          2 bulan perhitungannya  = PKB x 25% x 2/12
-          Dst...

Kemudian saya segera meminjam BPKB ke kantor (BPKB motor saya sekolahin ke kantor buat pinjeman hehehe). Setelah urus sana dan sini, siang harinya BPKB dapet ditangan dianter ama OB kantor. Saya merencanakan untuk mengurusnya sabtu ini ke Gerai Samsat Bekasi.

Sore hari tanggal  14 Maret 2013, pas mau pulang kantor ngobrol-ngobrol sama teman kantor. Dia bilang kalau untuk daerah Bekasi bisa diperpanjang di Gerai Samsat di Pondok Gede. Setahu saya kalau untuk perpanjang STK ngurusnya di Samsat Bekasi di depan lapangan olah raga Bekasi. Wah kebeneran nih lumayan nih rumah kan ga terlalu jauh dari Pondok Gede. Teman saya juga bilang kalau lokasi Samsatnya itu berada di lantai basement Pondok Gede Plaza. Kembali saya searching di internet mengenai lokasi tepatnya di Pondok Gede. Dari interbet saya mendapatkan informasi berikut:

Layanan pengesahan STNK setiap tahun , pembayaran PKB dan SWDKLLJ yang tempat pelaksanaanya di sentra-sentra perbelanjaan/pusat kegiatan masyarakat yang memungkinkan pemilik kendaraan/wajib pajak melakukan transaksi sambil berbelanja/rekreasi.

DASAR HUKUM :
Keputusan Tim Pembina SAMSAT Provinsi Jawa Barat yang terdiri dari Direktur Lalu Lintas Polda Jabar, Kepala Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Barat Dan Kepala Cabang PT. JASA RAHARJA (PERSERO) Jawa Barat Tentang Pelayanan Samsat Outlet.

Samsat Outlet Melayani :
1.      Pengesahan STNK setiap tahun, Pemmbayaran PKB, SWDKLLJ bagi wajib Pajak yang berdomisili di Jawa Barat.
2.      Kendaraan yang dilayani adalah kendaraan pribadi (bukan umum) baik roda 4 maupun roda

Persyaratan Pelayanan Samsat Outlet :
1. Identitas / Tanda jati diri Asli Pemohon/Pemilik yang sah.
2. STNK Asli.
3. Bukti Pelunasan PKB dan SWDKLL (SKPD telah divalidasi) tahun terakhir.

Tempat Pelayanan Samsat Outlet: 
1. Pasteur Hyper Point, Jln. Dr. Djundjunan 126-128 Bandung 
2. Depok Town Square, Jln. Margonda Raya No.1 Pondok Cina Beji Depok 
3. ITC Cibinong, Jln. Mayor Oking No.11 Cibinong 
4. Bogor Trade Mall, Jln. Ir.H. Juanda No.68 Bogor 
5. Plaza Pondok Gede, Plaza Pondok Gede Bekasi 
6. Plaza Metropolitan, Jln. Raya Imam Bonjol No.1 Tambun Kab. Bekasi 
7. Mall Cikampek, Jln. Ahmad Yani No.76 Cikampek - Karawang 
8. Grage Mall, Jln. Tentara Pelajar No.1 Cirebon 
9. ITC Kebon Kelapa, Jln. Mohammad Toha Bandung 
10.Bandung Trade Mall (BTM), Jln. Ibrahim Adjie No.47 Kiaracondong Bandung 
11.RM. Suharti, Jln. Jatinangor Sumedang 
12.Kopo Square, Jln.Kopo Bihbul

Waktu Pelayanan Samsat Outlet : 
Setiap hari mulai pukul 09.00-21.00 WIB.


Note: tertulis diweb boleh sampe jam 21.00 tapi kayanya kenyataan ga sampe jam segitu deh. Untuk lebih amannya datengnya pagi atau siang aja kalia ya. Jangan sore. Takutnya tutup.

Koordinat lokasi -6.28433,106.911811
Sabtu pagi hari saya memacu chelsea untuk berangkat ke Pondok Gede. Ternyata saya lupa membawa memofotokopi BPKB dan STNK . saya berpikir dari pada nanti bolak balik fotokopi dan harga disana mahal mending saya forokopy diluar saja. Menjelang saya sampai di Pondok Gede saya menemukan toko fotokop yang sudah buka. Dana disana saya keluarkan Rp. 5.000,- soalnya saya harus beli pena juga.

Posisi tanggan kebawah disebelah kana gambar
Sesampai saya di sana motor langsung diparkir ditempat didepan tangga basement. Di tangga juga dituliskan informasi bahwa dibawah tersedia Samsat. Sehingga memudahkan untuk orang menemukan lokasi gerai Samsat tersebut, tapi akan lebih baik dibuat lebih formal disbanding kertas biasa saja. Saya langsung turun ke bawah dan kantor Samsot tersebut berada disebelah kiri tangga. Ternyata disana sudah dipenuhi oleh para manusia untuk mengurus keperluan yang sama (wakakaka). Saya pikir saya sudah paling pagi eh ternyata masih ada yang lebih pagi dari pada saya.

Foto depan Gerai Samsat

Pertama langsung menuju ke meja pendaftaran. Awalnya saya bingung mau kemana tapi dipapan informasi ada tertulis pendaftaran dan pastinya kita mesti daftar dulukan?
Pada meja pendaftaran kita minta formulir untuk perpanjangan STNK. Biasanya diletakkan satu lembar aja didepan Pak Polisi. Kalau habis akan diletakkan lagi. Tapi kalau memang tidak aja minta aja ke Pak Polisi yang baik itu. Pasti dikasih kok. Posisi meja pendaftaran ini berada ujung kanan kantor Samsat ini.

Meja Pendaftaran dan Pak Polisi
Setelah mengambil formulir isi data lengkap kita di meja pengisiian formulir yang berada ujung lain kantor. Eh ternyata disini disediakan pena untuk menulis (dengan tali pengaman tentunya). Untuk petunjuk pengisian juga ditempelkan oleh petugas di didinding Gerai.

Contoh Formulir kosong

Contoh Pengisiian Formulir
Setelah mengiisi formulir dengan lengkap dan sebaik-baiknya persiapkan data dan dokumen yang telah kita persiapkan tadi:
  1. Formulir yang telah diisi
  2. Fotokopi KTP & Asli
  3. Fotokopi BPKB & Asli
  4. Fotokopi STNK & Asli
Tapi dari pada pusing cari tukang fotokopi nantinya ya udah saya bawa aja dari luar. Lagian juga ga mahal potokopinya. Semua dokumen ini diletakkan didalam BPKB asli dan diletakkan diatas meja pendaftaran. Nanti Pak Polisi yang bertugas akan mengambil dokumen tersebut dan akan memeriksa keabsahan dokumen kita.
Setalah dokumen kita diperiksa, nantinya Pak Polisi akan memanggil kita untuk mengembalikan BPKB. Jadi jangan jauh-jauh dari meja pendaftaaran nanti tidak terdengar kalau nama kita dipanggil.

Kemudian data kita akan diproses oleh petugas lainnya didalam kantor itu (Petugasnya ga banyak kok ga lebih dari 6 orang). Data kita mulai diproses dllnya oleh para petugas. Cukup lama saya menunggu untuk menunggu namanya saya dipanggil oleh petugas Samsat untuk melakukan pembayaran diloket pembayaran. Mungkin ada sekitar lenih dari 40 menit. Memang kondisi saat itu orang yang mengurus perpanjangan STNK juga banyak. Biasanya kita dipanggil secara bersamaan dan kemudian disuruh ngantri kaya beli tiket (hehehe).

Setelah melakukan pembayaran kita mesti juga harus menunggu kembali sampai STNK yang baru selesai di cetak dan nantinya nama kita akan kembali di panggil oleh petugas Samsat. Dan waktu penyerahan tolong perhatikan STNK yang baru dicetak apakah nama, alamat dan data yang lain tercetak sudah benar. Kalau semisalnya salah masih gampang melakukan perbaikan, karena masih disana. Dan jangan lupa mengambil kembali KTP asli soalnya sering orang ketinggalan KTP.

Ada informasi tambahan yang ditempel pada gerai Samsat disana, bahwa kalau kendaraan kredit (dalam masa cicilan) yang mana BPKB nya belum dipegang, maka untuk mengurus perpanjangan STNK hanya bisa dilakukan di Samsat Bekasi didepan GOR Bekasi di jalan A. Yani.

Informasi tambahan
Total yang dibutuhkan untuk memperpanjang STNK di gerai outlet Samsat ini lebih dari satu jam. Ini sangat lebih lama dari pada waktu yang dibutuhkan sewaktu saya memperpanjang STNK di Samsat keliling di Jakarta. Memang tidak dapat lagi biaya siluman yang harus saya keluarkan pada pengurusan ini:
  1. uang Fotokopi rp. 5.000,-
  2. uang parkir rp. 2.000,-
  3. uang STNK (tergantung motor)
  4. uang makan, minum & rokok (jika ada)

Kalau kita memang terlalu sibuk untuk melakukan perpanjangan STNK memang tidak ada salahnya kalau diurus orang lain. Tapi kalau kita ada waktu, tidak salah kalau kita urus sendiri biar kita tahu bagaimana cara mengurusnya. Kadang kita berpikir kalau melakukan sesuatu itu sulit sebelum kita mencobanya, tapi pada kenyataannya tidak. Semoga Berguna yah.....


You Might Also Like

71 komentar

  1. trims inponya gan....:D

    BalasHapus
  2. ane jg orang bekasi gan, rencana pagi ini mau ke TKP, info sangat membantu
    ane ada toko boneka juga, buat agan atau warga pondokgede silakan mampir ya, toko boneka b'smile toys depan alfamidi gg.fuji

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas commentnya. Semoga dagangannya laku yah....

      Hapus
  3. Terima kasih sekali u infonya yg bermanfaat,kebetulan bsk byr pajak stnk n plat motor Belo.. krn ada blog ini jd ga hrs jauh2 yah..kebetulan rumah di cilangkap. Sehat selalu buat kalian semua. Wss

    BalasHapus
  4. Maaf, klo sabtu buka ya,? Smpe jam brapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabtu buka Mbak, soalnya saya ngurusnya pada waktu itu juga sabtu kok. Tapi ya itu rame banget orangnya. Kalau bisa danag sebelum Jam 8. biar selesai cepat. Buka Sabtu dari Jam 08.00-11.00 (biasanya tergantung petugasnya hehehe).

      Hapus
  5. Maaf, klo sabtu buka ya,? Smpe jam brapa ?

    BalasHapus
  6. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    terima kasih infonya pak..sangat bermanfaat.

    semoga bapak, istri,dan anak selalu dalam lindungan Allah :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin ya rabbalalamin.... Terima kasih atas doanya pak. Semoga Bapak beserta keluarga selalu dalam lindungan Allah dan postingan saya berguna bagi bapak...

      Hapus
  7. Maaf kalau hari minggu buka gak ya? Pajak motor ane mau jatuh tempo nih. Metro jaya gak ada esamsat nya ya. Pada hal kita tgl nya di bekasi, tapi gak bs pakai esamsat jabar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu juga saya bingung. Kenapa bekasi sepertinya dianak tirikan. Kan Jawa Barat Juga. Apa karena kita masih masuk ke dalam Polda Metro? Sepertiya minggu tutup.

      Hapus
  8. makasih bgt ini Infonya, bsk sabtu saya mau Perpanjang STNK kalo Alamat Jati asih (Bekasi) bisa urus perpanjang disamsat Pdk gede ini gk ya? jadi gk harus jauh2 ke Gor Bekasi.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah mbak saya juga di Jati Asih, bisa kok ngurus di sini. Kecuali yang masih kredit motor harus di GOR Bekasi dan membawa surat dari leasing. Datang pagian yah biar cepet. kemaren saya datang siang jadi agak lama urusannya. Semoga lancar yah.

      Hapus
    2. bukan hanya kredit motor ya yang mobil juga ga bisa.

      Hapus
  9. nih yang dicari dari tadi
    rumus denda pajak motor
    thanks ya

    BalasHapus
  10. Hari ini berencana pergi ke lokasi pd.gede, terima kasih atas informasinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ga bisa juga di samsat keliling di harapan indah.

      Hapus
  11. Kalau motor kab.bogor bisa dibayar pajaknya di outlet samsat pondok gede tidak ya?mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau bogor itu bukannya udah bisa bayar melalui ATM aja. coba cari info deh mas. Soalnya saya dengar Bekasi walau sesama Jawa Barat ga bisa nayar dengan ATM, padahal Daerah lain di Jawa barat bisa. Tapi kalau Bogor ke Bekasi kayanya ga bisa mas.

      Hapus
  12. Hari ini minggu tgl 13 bulan september 2015 outlêt samsat pondok gede buka...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah minggu juga buka yah....semakin enak kalau begitu untuk bayar pajak.

      Hapus
  13. Hari ini minggu tgl 13 bulan september 2015 outlêt samsat pondok gede buka...

    BalasHapus
  14. Wah trims infonya pak..sangat membantu
    Mau tanya berarti klo STNK sy kab.Bandung bisa juga diurus di Samsat Pondok Gede yah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kab. Bandung sepertinya tida bisa di Samsat bekasi deh. Yang dibekasi sepertinya hanya untuk Kota Bekasi dan sekitarnya. Kabupaten Bandung sepertinya ke Bandung pak

      Hapus
  15. Terima kasih untuk infonya pak sangat membantu sekali,
    motor sy dari kab.Bandung Barat berarti bisa juga di perpanjang di Samsat Pd.Gede ya ?...

    BalasHapus
  16. Maaf saya mau tanya,. sya punya motor NO polisi Z Ci Amis bisa g pak kalo perpanjang di samsat bogor?terimakasih

    BalasHapus
  17. Maaf saya mau tanya,. sya punya motor NO polisi Z Ci Amis bisa g pak kalo perpanjang di samsat bogor?terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau ini saya kurang paham pak. Tapi menurut saya pribadi itu tidak bisa, karena sudah beda daerah. Dikeluarkan di Ciamis masa nyetor ke Bogor. Kasian Ciamisnya pak pemasukan daerahnya kurang.

      Hapus
  18. Mau tanya dong di outlet pondok gede pas ibu kasih berkas di tnya atas nama pribadi bkn? Mksudnya kalau perpanjang dsana tp yg perpanjang bukan org yg ada di nama stnk tersebut bsa tidak dsana? Soalnya kalau di outlet tamini square harus orangnya yg perpanjang dsana tidak bsa di wali kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kemaren atas nama sendiri pak Arief. Saya kurang paham disana bisa memperpanjang atas nama orang lain atau tidak, ini untuk mencegah praktek percaloan barang kali pak.

      Hapus
  19. mau tanya kalo deadline pajak tgl 18 januari, trus mau bayar pajak nya sekarang (H minus 1 bulan) apa sdh diperbolehkan ya? soalnya mau pergi tks yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setu saya dulu pernah temen bilang kalau hal tersebut bisa dilakukan. Tapi itu sudah lama sekali tidak tau kalau peraturannya berubah. Mungkin sebaiknya datanginya saja Samsat terdekat Pak.

      Hapus
  20. Saya mau tanya.. klo stnk sudah telat pajak 2thn apakah bisa di urus di gerai samsat di mall (tamini square) atau harus ke samsat jakarta timur di D.I panjaitan jatinegara. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Pajak telat 2 tahun sepertinya tidak bisa di gerai samsat harus di samsat Jakarta Timur Ibu...

      Hapus
    2. Kalau telat nya baru 2 bulan bs ngga ya mas, di Gerai Samsat Tamini?

      Hapus
  21. Mau nanya nih kalau stnk bekasi selatan mau perpanjang stnk di samsat bandung gmana bisa ga yahh soalnya di stnk ada tulisan samsat provinsi jawabarat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau ini saya masih kurang paham nih.... Mungkin ada pembaca lain yang bisa membantu.

      Hapus
  22. Ma'af nih sblm nya, gua domiisili di jaktim..... ahir maret 2016 gua ke pdk gede..utk perpanjangan stnk tahunan platd D bandung(berlaku spi 16/4/2016)....eh katanya blm bisa dilayani ntar coba bln april....tadi gua ke samsat bekasi eh sama ga bisa dilayani gmn nih....katanya online ... tapi nyatanya ??????? payah deh (koes)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah dapat informasi dari mana kalau STNK udah online pak? Stahu saya baru SIM yang sudah online dan itu saya udah pernah coba. Kalau STNK baru tahu saya.

      Hapus
    2. Belom lintas Polda.
      Tempo hari ( maret 2016), B depok, mau byr pajak di Pondok Gede jg ndak bisa.

      Katanya, disesuaikan dgn Samsat nya. Ya dimaklumi lah.

      Hapus
  23. Kalo stnk udah telat apa bisa di urus di gerai gak ya.. tg info nya thx

    BalasHapus
  24. Kalo stnk udah telat apa bisa di urus di gerai gak ya.. tg info nya thx

    BalasHapus
  25. Kalau masih belum sebulan masih bisa di Gerai.

    BalasHapus
  26. Samsat pondok gede apa bisa bisa cek fisik kendara.an

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya cek fisik hanya bisa dilakukan di Samsat besar. Untuk gerai atau yang kecil tidak hanya. Mereka hanya menerima perpanjangan tahun ke 2-5. Untuk tahun penggantian plat dan cek fisik dilakukan di SAMSAT utama.

      Hapus
  27. apa ada gerai sim juga di plaza pondok gede? seperti di tamini?

    BalasHapus
  28. Terima kasih atas infonya..sangat bermanfaat.
    Saya alamat STNK di Kp.Mekarsari Tengah, Mekarsari-Tambun Selatan, Bekasi. Dan BPKB masih di leasing apa bayar pajaknya di Samsat Bekasi ? atau Samsat Tambun ?
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di Tambun itu termasuk Kabupaten Bekasi dan pengurusannya di Samsat Tambun.

      Hapus
  29. samsat tambun dimana ya pak ? boleh kirimkan alamatnya ?

    BalasHapus
  30. Kalau BPKB masih dileasing biasanya untuk perpanjangan STNK hanya bisa dilakukan di kantor SAMSAT besar yaitu di Cikarang dengan alamat dibawah ini. Biasanya diminta fotokopi BPKB yang sudah dilegalisir. Jalan Industri Pasir Gombong No.14, Pasirgombong, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat 17520. Semoga bisa membantu.

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  32. Gan klo qt mw mutasi sekaligus bbn dr jakarta d'bksi kira" bsa lgsg diurus samsat gk?? pa qt sndri yg cabut berkas..?

    BalasHapus
  33. Udah pindah di samping giant extra jatimakmur.
    Di ruko - ruko.

    BalasHapus
  34. Om klo pajak nya telat 3 taun bisa gak ngurun di outlet plaza pondok gede

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau udah lewat 3 tahun utusnya di Samsat kota om....

      Hapus
  35. Mau tanya kmrn kan sempet pindah ke jati makmur ya trus sekarang kata nya dah di pondok gede lagi ya samsat nya mohon jawaban nya terima kasih

    BalasHapus
  36. Kalo balik nama bisa ga di samsat pondok gede

    BalasHapus
  37. Saat ini Samsat pondok gede buka?

    BalasHapus

Like us on Facebook

Flickr Images