(DIY) Ganti Shock Belakang Yamaha Nmax

2:10:00 PM

Makin lama ini motor kok bikin sakit pinggang. Motor harian yang tiap hari kami pakai untuk mengantarkan kakak dan Nabil ke sekolah dan juga membawa bunda dan saya tiap hari kekantor. Tiap ketemu jalan jelek selalu pinggang yang ditanya duluan. Secara motor kami mempunyai diameter ban yang kecil. Kalau melewati jalanan yang kecil saja sudah berasa dibadan ditambah lagi dengan usia shock belakang yang mulai bocor.

Motor merupakan kendaraan yang mempunyai tingkat mobilitas yang tinggi. Disaat jalanan sudah macet, motor masih bisa melakukan manuver untuk melewati kemacetan yang makin lama makin menggila di ibukota dan sekitarnya.

Motor Yamaha ini merupakan motor kedua yang kami miliki, setelah dahulu motor pertama saya Yamaha Scorpio dilepas. hiks hiks. Sedih melepas motor itu, secara kami semua mempunyai sejarah dengan motor tersebut . Pertama kali saya mempunyai motor ya.... dengan motor itu dan juga saat masih single motor itu juga yang membawa kami kemana-kemana. Sampai mempunyai anak pertama dengan motor itu pula lah yang membawa kami kemana-mana. Sampai suatu saat motor itu lelah mengangkut kami sekeluarga. Akhirnya si chelsea digantikan dengan Nmax (belum ada nama).

Setelah menjelang 3 tahun shock belakang Nmax sudah minta diganti. Selain bocor shock ini juga keras. Saya sudah mencari barang pengganti di toko onderdil akan tetapi masih belum bertemu dengan barang original Yamaha. Saya ditawarkan untuk mengambil barang aksesoris yang harganya hampir 2 kali lipat dari harga aslinya. Oh iya. Shock belakang Nmax saya belum dilaengkapi tabung sehingga harganya masih murah untuk barang penggantinya.

Saya juga sudah mencari di toko online dan sebagian besar merekomendasikan untuk menggunakan spare part aksesoris alias bukan dari Yamaha dengan harga hampir dua kali lipat dari spare part Yamaha dan ada juga lebih. Sampai suatu saat saya bertemu sebuah blog yang menuliskan kalau bisa menggunakan shock bawaan Honda Supra. Awalnya saya pikir langsung plug and play ternyata masih ada sedikit modifikasi yang harus dilakukan untuk memasang shock Supra ke Nmax. Yaitu dengan menggantikan lubang baut bawaan shock dengan yang modifikasi. 

Akhirnya

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images