Modifikasi kabel USB port original Ertiga dengan HU Pioneer AVH-X2750BT

2:58:00 PM

Head Unit kendaraan Suzuki Ertiga sebenarnya sudah menghasilkan suara yang lumayan bagus bila dibandingkan dengan suara yang dihasilkan oleh Head unit Merk China. Akan tetapi saya ingin kalau Head Unit mobil saya diganti dengan Merk Pioneer (head Unit selanjutnya disebut HU). Selain suara yng dihasilkan lebih bagus lagi dibandingkan dari HU original saya juga bisa menonton film kalau sedang menunggu bunda belanja.

Awalnya bunda keberatan dengan mengganti HU ini tapi setelah dirayu-rayu akhinya izin itu keluar. Setelah penggantian HU (saya memilih Pioneer AVH-X2750BT, yang masuk kedalam kantong saya budgetnya). Lobang USB original Ertiga tidak bisa dipergunakan untuk dipasangkan USB Flash Disk, karena beda bentuk socket belakang yang dipergunakan (Socket yang menancap ke HU). Sehingga lobang itu hanya menjadi pajangan saja.



Bentuk socket kabel USB original Ertiga
Bentuk Socket kabel USB Pioneer

Jadinya poisisi Port USB untuk HU sekarang tidak beraturan karena berupa kabel saja. Kadang terurai ke lantai, kadang saya sembunyikan di Glove Box. Terpikir dalam benak saya kenapa tidak kabelnya saja saya modifikasi. Ambil setengah dari HU dan setengah lagi dari kabel port asli. Kedua kabel itu nanti digabung jadi satu.

Oleh karena itu saya mulai mencari infomasi di internet tentang kabel data USB. Adapun informasi yang saya dapatkan kalau Kabel USB itu biasanya terdiri dari 4 kabel. Merah, Hitam, putih dan Hijau. Untuk fungsi warna dapat dilihat digambar diatas. Saya berpikir pasti bisa disambungkan antara Port USB Ertiga dengan kabel USB yang tersambung ke HU Pioneer. Setelah memikirkan baik burungnya (soalnya kalau udah dipotong masih bisa disambung ulang karena posisinya dibelakang dashboard). Akhirnya saya memodifikasi kabel tersebut dan akhirnya Port USB original Ertiga bisa disambungkan dengan HU Pioner AVH-X2750BT dan hasilnya pun sangat memuaskan.

Warna dan fungsi kabel USB

Informasi yang didapat dari Internet

Adapun cara pembuatannya adalah sebagai berikut:
Untuk melepaskan dan memasang kabel tersebut kita harus melepaskan kabel USB di HU dan juga Port USB original Ertiga. Tentu saja karena posisi kabel USB Pioneer berada dibelakang HU maka kita harus sedikit membongkar dashboard untuk melepaskan kabel.

Peralatan yang diperlukan adalah:
1. Obeng plus

Sedangkan langkah pengerjaan 
  1. Lepaskan Glove Box dari tempatnya.
Glove Box

  1. Masukkan tangan kearah dalam sampai menemukan lock tutup atas HU. Tekan keatas sampai cover tersebut terlepas, sehingga kita tidak perlu mencongkel (merusak) untuk melepaskannya.

3.       Angkat pelan-pelan cover bagian sebelah kiri dan teruskan ke sebelah kanan kemudian tarik sampai cover terlepas.

4. Lepaskan dua baut pengikat HU dibagian kiri dan kana dan simpat kedua baut tersebut dengan rapi

5.       Tarik HU sedikit keluar sampai kita bisa melepaskan kabel USB yang terpasang dibelakang HU. HU ditarik berikut Framenya. Frame di kunci berikut HU. 

Lepaskan hati-hati jangan sampai ada kabel lain yang copot (bisa panjang urusan nantinya) Setelah kabel USB Pioner terlepas kemudian kita akan melepaskan Port USB original Ertiga beserta kabelnya. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

6.       Lepaskan cover penutup sebelah kiri supir. Posisinya berada pada bagian kiri pedal kopling. Cara melepasnya dengan cara menarik keluar cover itu sampai cover itu lepas.
Lepas cover samping
7.       Congkel tutup port original Ertiga sampai lepas. Kadang ini sedikit membutuhkan rasa tega kita. Setelah lepas maka sisa port USB akan jatuh kedalam belakang dashboard.
Lepas cover Port USB
8.       Ambil kabel USB dan sisa port dari bagian cover yang kita lepas diatas. Dari bagian cover itu bisa kita lihat posisi kabel USB tersebut. Ambil dan keluarkan semua termasuk kabel dan casing port USB.
Komponen Port USB
Setelah selesai melepaskan semua kabel tugas kita selanjutnya adalah menggabungkan dua kabel menjadi satu kabel berdasarkan referensi diatas.

Untuk penyambungan kabel peralatan yang diprlukan adalah:
  • Solder
  • Timah
  • Shrinking Tube (selang bakar)
  • Pasta
  • Cutter atau tang potong
9.       Kita potong kabel USB Pioneer dan potong dua juga kabel yang ke Port USB. Perkiran panjang kedua kabel jika disambung cukup menghubungkan HU dan Port original Ertiga.
Potongan kabel USB Original

Potongan kabel USB Pioneer
10.   Kemudian buka kulit luar kabel utama sehingga akan terlihat nantinya kabel-kabel kecil . Unruk sebagai informasi kalau kabel USB ertiga tiap ujungnya ada dua warna socket yaitu warna biru dan warna coklat.  Yang dipakai pada proses penyambungan ini adalah yang socketnya warna biru. Kalau yang kita buka socket coklat maka socket tidak bisa terpasang ke port USB.
Socket yang ke Flash Dish

Socket kabel USB original yang ke Head Unit

Gambar Kabel telah terkelupas:

Kabel original Ertiga

Kabel USB Ertiga
11.   Pada proses penyambungan disini kita menggunakan solder untuk mendapatkan hasil yang baik. Dan untuk mencegah shor kita menggunakan selang bakar (shrinking tube) dan plus isolasi. Untuk proses penyambungan kita sambungkan kabel no 1 USB Pioneer dan kabel no. 1 USB ertiga, terus sampai kabel no 5. Untuk di ertiga ada 2 kabel no 5 itu digabung saja. Jangan lupa diberikan isolasi atau selang bakar untuk pengaman. Hasil penyambungan akan seperti ini (Hasil yang lebih baik akan didapat jika kabel dibuat lurus dan tidak melengkung seperti gambar).


Kabel yang sudah disambung da diberi pengaman

Kabel yang sudah di pengaman dobel
12.   Kemudian setelah selesai sebelum memasang kembali ke kendaraan. Coba dulu kabel yang kita sambung tersebut pada computer untuk membaca flashdisk atau memutar film. Kemarin saya pakai untuk memutar film dari pagi sampai sore ternyata lancar jaya.

13.   Pasang kembali kabel yang telah disambung dan jangan lupa berikut casingnya. Untuk memasang casing sebaiknya dirakit diluar dan dipasang dari depan (tekan dari arah depan sampai terpasang kembali di posisinya.

14.   Kemudian dari arah belakang pasang kabel ke HU dan ke port USB.

15.   Sebelum merapikan kembali dashboard, uji sekali lagi kualitas pemasangan dan penyambungan kabel. Kalau sudah yakin dengan hasil kerja anda maka pasang kembali semua yang dilepas sebelumnya.


 Hasil dan kualitas pembacaan USB dengan menggunakan kabel modifikasi.
Memeutar film dari USB Flash Disk
Saya kemarin agak kesulitan memasang tutup cover atas, akan tetapi setelah sekian lama berjuang saya bisa memasangnya kembali.

Semoga postingan saya bermanfaat bagi pembaca semua....

You Might Also Like

41 komentar

  1. Maaf tanya untuk buka cover atas head unit gimana mas, saya sdh lepas glove box sdh menemukan lock cover atas, saya tekan lock nya dari dalam tapi masih belum lepas, mohon petunjuknya mas ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tekan terus Mas Arwin sampai cover AC terlepas. Seharusnya gampang kok menekannya.

      Hapus
  2. mas...memang kalo nga di modif nga bisa yah menggunakan flas disk via HU pioneernya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok mas, tapi menggunakan extension cord alias kabel dari belakang. Head Unit. Soalnya kalau menggunakan HU Pioneer USB port original Ertiga pasti ga digunakan lagi. Pertimbangan saya dari pada menganggur ya saya modifikasi saja sehingga bisa digunakan.

      Hapus
  3. Mas mau tanya kalo untuk kabel remote steering ertiga GX kabelnya yg mana ya, syukur2 kalo ada artikel terpisah mengenai install n setting remote steering Pioner di ertiga GX, nuhun mas. Aria :08121002108

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk remote steering kalau tidak salah pas waktu instalasi pertama kali saja adanya kalau sudah dilakukan seinget saja akan hilang. Biasanya kalau HU direset akan muncul lagi dan kalau battere dicabut akan muncul lagi pilihan remoe steering tersebut. Coba direset atau cabut battere dulu deh. Semoga bisa membantu.

      Hapus
  4. Bapak Sony, sy dan keluarga juga mau mudik ke sumatra tgl 30 juni ini. Boleh gabung group WA nya?
    No. Hp : 0813-9216-6612 terima kasih pak

    BalasHapus
  5. Mas, kalau ujung kabel USB yg female yg dari HU Pioneer langsung dipasang ke port USB-nya Ertiga bisa gak? Jadi tidak perlu potong-potong kabel lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bisa mas Han, soalnya USB cable dan cable ke USB port beda. Jadi kalau mau kabel USB biasa dipotong dan dimodifikasi. ke kabel ori ertiga.

      Hapus
  6. mas, kalo pakai HU Pioneer AVH-X2750BT itu socket-socket untuk power & speaker sudah plug&play apa harus ganti/modifikasi socket nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohonmaaf Mas Sim kalau pemasangan Socket dan power dilakukan di Bengkel Audio. Soalnya saya masih buta untuk pemasangan audio.

      Hapus
  7. Gan sampai sekarang masih oke gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah gan masih baek baek aja.

      Hapus
  8. Pak, untuk pemasangan cover Port USB yg atas itu memang agak susah yah?
    soalnya saya juga kesulitan untuk masang cover Port USB yg atas sampe sekarang belum juga berhasil, ada solusinya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemasangan cover usb yang disebelah cigarette lighter itu? Kalau itu melepaskan susah kalau memasang tidak begitu susah.

      Hapus
  9. bang sony maaf kalau udah ada yg pernah tanya, sudah berapa lama pemakaian modif usb seperti diatas bang? sampai sekarang aman lancar jaya?, dan aman ya bang baik itu di HU pioneernya atau di colokan usb nya, terima kasih bang ijinkan ane mau coba aplikasikan yg abang share

    BalasHapus
  10. Saya pasang hampir dua tahun yang lalu tidak lama setelah pemasangan head unit saya yang baru. Alhamdulillah tidak ada masalah sampai sekarang. Saya memang tidak suka saja dengan pemasangan colokan usb yang terpisah, makanya saya melakukan modifikasi.

    BalasHapus
  11. Pak..
    Apa yang dibutuhkan untuk mengubah port usb ertiga ke port aux in

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jujur saya belum pernah melakukan perubahan seperti ini om Aries. Tapi sepertinya kabel aux in isinya cuma kabel data saja yah. Jadi tidak memakai kabel power seperti di usb. Takutnya malah tidak terbaca oleh HU. soalnya kurang power.

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. mas...punya sy USB ertiga mati tidak bisa digunakan ..kemungkinan rusak dr HU nya atau kabelnya saja ya.

    BalasHapus
  15. mas caranya masang kabel remote steer itu gimana?
    saya pakek soket tmbahan kog ga bsa ya?soalnya di hu asli itu sooketnya 20 sedangkan di soket yang cewe itu cuma 16?mohon bantuanya


    trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau remote stie ini ane ga pernah otak atik soalnya ahlinya yang pasang. Di toko instalasi audio. Mungkin lebih baik di bawa ke ahlinya aja Masi Aldi. Maff tifak banyak membantu.

      Hapus
  16. Mantab infonya mas... btw bisa minta informasinya mas, klo soket ori ertiga yg warna coklat khan ada 4 lobang... masing2 lobang nomornya brapa ya mas klo disinkronkan nomor kabel yang mas buat.. soalnya mau saya akali masing2 lobang saya tusuk pake kabel sehingga tidak perlu potong/kupas kabel ori ertiga.. matur nuwun

    BalasHapus
  17. halo om... maaf agak newbie hehe... untuk output dari usbnya brp volt ya? apa bener 5v? Terimakasih sebelumnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener om kalau USB mah 5 V aja....

      Hapus
    2. tanya lagi om kalo bolongan dari dalem interior ke luar body ada ga ya? jd tanpa ngebor body atau buka plastik bagian dalem interior?

      Hapus
  18. Can you supply the pinouts for the connector at the back of radio for the usb Your photos are not that clear
    Thankyou

    Patrick

    BalasHapus
    Balasan
    1. Which picture is not clear for you.

      Hapus
  19. Is there someone that make these cables with the usb Connections

    BalasHapus
    Balasan
    1. This cable a bit expensive to cut actually...

      Hapus
  20. bang sy mau nanya...knp ya kira2 setelah pasang HU pioneer cigarette lighter dan USB port ga berfungsi?apa sekringx rusak atau gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kan diputus biasanya ama yang masang. Jadi yang di pakai USB port yang di HU yang baru yang berada dibelakang HU. Biasanya ada kabel tambahan dari pabrikan HU.

      Hapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. bang sy mau nanya...knp ya kira2 setelah pasang HU pioneer cigarette lighter dan USB port ga berfungsi?apa sekringx rusak atau gmn?

    BalasHapus

Like us on Facebook

Flickr Images