Melunasi KPR Mandiri

9:27:00 AM

Tidak terasa sudah tiga tahun lebih kami menempati rumah yang kami beli dengan keringat sendiri (plus dengan hutang kepada keluarga). Pada awalnya kami mengajukan KPR ke bank Mandiri. Proses pengajuan sampai ke proses appraisalnya sih lumayan cepat. Tidak sampai 3 harian. Tapi proses analisanya yang memakan waktu yang lama. Sampai-sampai saya ingin mencari Bank Yang lain. Soalnya kalau kelamaan bisa dibeli ntar rumah itu. Soalnya kami membeli rumah seken. Pas sewaktu mencari-cari ternyata bank Mandiri menelpon lagi bahwa KPR saya disetujui. Lama peminjaman yang saya ajukan sekitar 11 tahun dan angsuran sekitar 900rb-an. Besarnya pinjaman yang saya ajukan sekitar 80 juta yang disetujui Cuma 74,500 rb.

Selama tiga tahun saya tidak pernah mendapatkan rekening Koran dari Bank Mandiri. Berkali-kali saya menanyakan, jawabannya akan dibikin laporan dan sampai tiga tahun saya sama sekali tidak mendapatkan rekening Koran.

Pada tahun ketiga iseng-iseng saya menanyakan ke custumer servive bank Mandiri, sisa pinajaman saya. Ternyata masih banyak (sekitar 62 juta lagi sisanya). Memang awal-awal sebangian besar bunga dulu yang diambil, jadi kalau kita membayar sekitar 1 juta makan 60 persen itu bunga dan 40 persen itu baru angsuran. Besarannya akan berubah mengikuti waktu. Jadi pada akhir pembayaran baru jadi besar  angsuran pinjaman dan kecil bunganya. Karena bunga udah diambil awal-awal.

Maka saya berkeinginan memindahkan KPR saya ke bank lain atau kantor saya soalnya ada fasiliats pinjaman juga. Kami memutuskan untuk mengambil pinjaman saja dari kantor saya. Maka pada tanggal 26 September 2011 saya mulai menelpon bank Mandiri Plaza Bapindo di Jalan Jendral Sudirman, bagian customer loan. Karena disinilah kami melakukan akad kredit. Ternya untuk menghubungi bagian customer loan bank Mandiri tidaklah mudah dibutuhkan perjuangan yang lumayan panjang. Untuk menghubungi customer loan ini kadang tidak menjawab dan kadang sibuk.  Sangat dibutuhkan kesabaran yang sangat banyak.
Setelah beberapa lama mencoba dan menghubungi Customer loan, akhirnya saya berhasil menghubungi bagian pelunasa customer loan bank Mandiri. Saya bertanya cara-cara pelunasan KPR di Bank Mandiri.  Adapun Langkah yang harus dilakukan adalah.
  1. Menanyakan sisa pinjaman KPR.
  2. Membuat surat permintaan penutupan pinjaman KPR
  3. Mengirimakan surat permintaan by Fax
  4. Konfirmasi ke Penerimamaan Fax
  5. Pemotongan uang tabungan/ Pelunasan KPR
  6. Konfirmasi kapan jaminan bisa diambil
  7. Pengambilan Jaminan angunan di Bank.
Satu persatu akan saya jelaskan nantinya.

Berhubung dikantor ada fasilitas pinjaman lumayan lunak (walau ada bunga juga) untuk pembelian rumah, maka kami memanfaatkan pinjaman itu untuk melunasi KPR di bank Mandiri. Tentu uang pinajaman itu tidak cukup, karena Cuma 30 juta. Ditambah lagi dengan uang bonus yang saya dapat dari kantor dan simpanan uang kami plus gaji kami bulan September. Dan masih uang tersebut masih kurang maka saya juga meminjam kepada keluarga juga hehehe.

1.       Menanyakan sisa pinjaman ke Bank.
Proses ini termasuk kedalam proses yang termasuk rumit karena susahnya untuk menghubungi bagian customer loan bank Mandiri. Nomor telepon dari Customer loan Bank Mandiri  Plaza Bapindo adalah (021) 5266566. Pada line ini akan dibagi lagi no. 1 untuk pelunasan, no 2 untuk konfirmasi pengambilan dokumen agunan. Disini perlu ditekankan berapa sisa uang pinjaman kita karena kita akan membuat surat pelunasan nantinya dan nominal ini akan dimasukkan kedalamnya.

2.       Membuat surat permintaan penutupan pinjaman KPR
Surat ini harus dibuat dan dikirimkan ke bagian customer loan up. Ibu Lita/ Nova (selama belum pindah nih orang). Dan dikirimkan dengan faximile. Adapun item yang perlu dijelaskan ini adalah: Hal surat, Nama kreditur, jumlah sisa pinjaman dan lainnya. Contohnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini. Surat ini ditujukan kepada Ibu Lita/ Nova, bagian customer loan.

Contoh Surat Permohonan Pelunasan


3.      Mengirimakan surat permintaan by Fax
Setelah surat selesai dan ditandatangani, maka surat itu dikirimkan ke customer loan di Bank Mandiri Plaza Bapindo. Dengan cara menge-fax-nya. Nomor fax-nya (021) 5267050

4.      Konfirmasi ke Penerimaan Fax
Setelah surat tadi dikirim melalui fax ke no. (021) 5267050 seharusnya dikonfirmasi lagi kemandiri apakah sudah diterima atau belum. Ke nomor (021) 5267374 ext. 8229 atau 8421. Nah konfirmasi ini yang susah karena hamper satu jam saya berusaha menelpon customer loan bank mandiri, sama sekali tidak tersambungkan dengan staff customer loan, kalo ga sibuk ya tidak diangkat.

5.      Pemotongan uang tabungan/ Pelunasan KPR
Seharusnya apabila kita sudah konfirmasi pengiriman fax maka dengan sendirinya uang yang telah sediakan direkening kita akan disedot oleh mandiri. Ini yang kemaren membuat saya panic. Konfirmasi fax saja belum eh uang saya yang 62 juta sudah dipotong. Setelah saya berbicara dengan teman dia menganjurkan saya untuk pergi langsung mengunjungi banknya. Saya berpikir kenapa tidak, sekali langsung dapat informasi. Soalnya melalui telpon susaaaaaaaaaaaaaaaah banget.

6.          Konfirmasi kapan jaminan bisa diambil
Seharusnya proses ini bisa saja dilakukan dengan telpon tapi berhubung menghubungi  customer loanya susah makanya saya mendatangi Bank ini. Saya langsung mendatangi Customer Loan Bank Mandiri di Plaza Bapindo. Saya datang sekitar jam 8.30 pagi setelah melewati macetnya Jakarta dipagi hari. Bayangkan saja Mau ke Jl. Soedirman macetnya udah nyampe UKI. Terpaksa lewat jalan tikus hehehe. Dari UKI cawang-Jl. Dewi Sartika- Jl Raya pasar Minggu- Masuk gang (nah disini nama jalan saya tidak tau soalnya ngikutin orang aja) keluar di Jl tandean- Jl Senopati – SCBD- sampe di Plaza Bapindo.

Setelah parkir kendaraan saya langsung masuk ke gedung dan harus diperiksa oleh metal ditector tapi heranya ini metal ditector ga bunyi pas saya masuk padahal saya pake sepatu safety, dan menyerahkan SIM ke Pak Satpam (soalnya KTP bakalan dipake diatas).

Pak Satpam kasih tau kalau untuk Customer Loan berada dilantai dua dan Liftnya berada disebelah ujung dikiri dan kanan. Sesampai dilantai dua saya menemui recepsionis. Si resepsionis bernama Anggi.
Anggi “Selamat pagi pak, ada yang bisa dibantu”
Saya “ Pagi, begini saya mau melunasi KPR, saya sudah mengirimkan surat pelunasan dan uang saya sudah dipotong dari rekening. Pas saya mau konfirmasi susah banget. Gimana proses selanjutnya Mbak”
Anggi “Bisa dipinjam KTPnya pak, sudah dilunasi ya semua?”
Sambil memberikan KTP
Saya “ Sudah mbak”
Anggi ”Silahkan ditunggu pak” sambil berjalan menuju kedalam kantor.

Tidak beberapa lama saya dipanggil lagi. Saya disuruh datang lagi minggu depan tanggal 5 Oktober 2011 untuk mengambil semua berkas angunan saya di Bank mandiri. Saya disuruh menemui Bpk. Yogi. Berkas-berkas yang harus dibawa (kalau masih sendiri) :
a)      KTP Asli
b)      Materai 6000.

Kalau bagi yang sudah menikah, berkas yang harus dibawa :
  1. KTP saya asli
  2. KTP bunda asli
  3. Kartu Keluarga asli
  4. Buku nikah suami asli
  5. Buku nikah istri asli
  6. Surat kuasa pengambilan (kalau tanah atas nama istri dan istri berhalangan hadir untuk mengambilnya) dilengkapi dengan materai 6000.
  7. Materai 6000.

Tidak sampai 30 menit saya turun lagi kebawah untuk kembali ke kantor. Setelah mendapatkan SIM dari Satpam lagi saya kembali kekantor dan saya akan kesana lagi minggu depan.

7.      Pengambilan Jaminan angunan di Bank.
Untuk pengambilan dokumen agunan ini saya berencana berangkat lebih pagi dari biasanya dengan harapan tidak kena macet. Saya berangkat dari rumah jam 6 pagi dan ajaibnya ternyata di lokasi yang sama saya juga terkena macet juga. Terpaksa saya mengambil jalur alternative yang mana jalurnya sama dengan yang minggu kemaren saya lewati.

Pas mau mendekati jam 8 tepat saya bergerak kedalam gedung setelah beristirahat sejenak. Proses yang sama saya lewati, pemeriksaan, penyerahan SIM dan menunggu.
Saya bertemu lagi dengan ibu Anggi dan menyerahkan semua dokumen yang diminta. Kembali saya diminta menunggu. Hampir sekitar satu jam saya menunggu diruang tunggu.

Sekitar jam 9-an datang seorang staff Bank Mandiri menghampiri kalau tidak salah bapak nanang. Beliau yang menyerahkan semua dokumen kepada saya. SUrat tanah, IMB, PBB, Akta Jual Beli, Asuransi, dll. Termasuk surat pelunasan dari Bank mandiri.
Sekitar 15 menit kemudian saya selesai serah terima dokumen.

Jadi buat yang akan melaksanan pelunasan KPR Mandiri yang akad di Plaza Bapindo saya ingat untuk bersabar menelpon bagian customer loannya karena ya itu tadi, kalau mau cepat ya datangi aja Bank-nya langsung dijamin cepat.


You Might Also Like

81 komentar

  1. Informasi yang bermanfaat. Beberapa hari ini saya cari data mengenai ini. Boleh saya tanya satu hal:
    - saya kesulitan untuk menghubungi Consumer Loan Bank Mandiri. Kebetulan kantor dekat. Kalau saya datang langsung tanpa menelpon, bisa gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Datang langsung aja ... jangan lupa bawa hp seken buat stand bay petugas yang disana agar gampang di telephone

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  2. Memang sangat.... sangat..... sangat..... sangat.... sulit sekali menghubungi customer loan bank mandiri saat kita akan melunasi. kalau kita mau meminjam sangat mudah sekali. bisa bapak bayangkan untuk menghubungi customer loan mandiri saya membutuhkan hampir seminggu. sekali nelpon kadang hampir sejam saya menunggu pak.
    kalau kantor bapak dengan bank mandiri dimana bapak akad kredit dahulu, bisa kok didatengin. kalau saya di lantai 2 (atau berapa saya lupa) plaza bapindo jakarta.
    jadi bapak tinggal tanya langsung ama staff customer loan disana, berapa sisa hutang bapak dan bikin surat permohonan pelunasan kpr (tapi ini nanti). pastiin aja jumlah hutang dulu. setelah itu tinggal ikuting cara diatas.
    Kalau untuk pemotongan uang dari rekening kita cepat sekali pak, kadang saya belum telpon buat konfirmasi aja (kalau uang untuk sisa utang udah ada di rekening kita) ,uang sudah langsung dipotong hehehe.
    Untuk proses selanjutnya mending, saya saranin datengin aja itu bank dari pada makan hati telponnya.
    Nah kalau sudah dipotong maka butuh waktu sekitar semingguan, baru bisa ambil berkas lagi.
    Semoga informasi saya membantu bapak.....
    Maaf kalau telat ngebalesnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mmg sangat sulit sekali...hrs hapal jam kapan telpon akan diangkat. Ternyata tdk hy di Jkt yg susah ngurus, di daerah pun sama. Info tanggal pelunasan dgn segala aturannya tdk tersampaikan dgn baik oleh petugas. Sptnya tfk semua petugas memiliki kesepahaman dlm menjelaskan pdhl bank bumn.

      Hapus
  3. wah terima kasih banget nih buat infonya. sy juga ingin mengajukan pelunasan pinjaman, tapi bingung mau bikin suratnya. Beruntung ada blog ini, hehe.
    Terima Kasih sekali lg...

    BalasHapus
  4. Sama-sama Pak, Saya hanya pengen berbagi informasi. Semoga urusannya cepat selesai

    BalasHapus
  5. wah ternyata bank mandiri sangat terkenal susah di hubungi bagian customer loan nya.. 3 hari aja gak cukup untuk menghubungi.. ironis sekali bank besar dengan servis seperti ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Besar belum tentu menjajikan dalam service, karena kita yang butuh ya terpaksa kita yang pro aktif. Masalahnya bank di indonesia biasanya mudah didepan dan sulit di belakang, baik itu untuk KPR, kartu Kredit atau pinajaman lah...

      Hapus
    2. Sore mbak Azra, saya Jerry dari Surabaya, tolong tanya kalau mengajukan keringanan suku bunga KPR apakah mungkin disetujui oleh Bank Mandiri, soalnya saya pernah mengajukan tetapi tidak ada tindak lanjutnya.
      Saya akad kredit di Bank Mandiri Genteng Surabaya, dan selama saya melakukan pembayaran kredit TIDAK PERNAH mendapatkan REKENING KORAN. Terimakasih infonya Mbak Azra

      Hapus
    3. Kalau mengajukan keringanan saya sih belum pernah. Tapi emang mau ya Bank kasih keringanan seperti itu? Mungkin saya kekurangan informasi.
      Mengenai rekening koran, saya juga mengalami hal yang sama. Sampai saya melakukan pelunasan saya TIDAK PERNAH SAMA SEKALI MENERIMA REKENING KORAN DARI BANK MANDIRI.... Jadi mungkin kita tidak bisa berharap banyak mengenai hal ini.
      Semoga urusannya dengan pihak bank Bisa cepat selesai.

      Hapus
  6. BAnk MAndiri Kantor Cabang Jakarta Sudirman bagian loan lantai 2 tlp 021 5267374 memang paling susah di telephone, saya coba berulang-ulang jawabnya" sedang sibuk, silahkan tunggu"
    tekan tanda bintang "silahkan tunggu", maaf petugas kami sedang melayani nasabah lain, tekan tanda bintang, silahkan tunggu, silahkan tunggu, silahkan tunggu.
    ternyata line 021 5267374 adalah line "silahkan tunggu"
    weleh weleh, hari gini mau telephone aja masih ngantri... saya usulkan agar petugas bank mandiri disediakan HP masing2 10 buah, agar nasabah yang akan menghubungi dapat terhubung dengan mudah.
    JAdi....tidak ada lagi rekaman "silahkan tunggu"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya begitu lah resikonya kalau mempercepat penutupan pinjaman. coba kalau top up pinjaman pasti cepet dilayani....
      Dibutuhkan kesabaran tingkat dewa untuk bisa menelpon bank ini. Mudah-mudahan ini hanya dialami sedikit debitor

      Hapus
  7. makanya jangan pake bank bumn, mending bank swasta. lebih cepat pelayanannya.

    BalasHapus
  8. Kemaren saya kepepet dan dapetnya bank ini ya terpaksa pake...

    BalasHapus
  9. ternyata bukan saya saja yang jengkel dengan sambutan ramah "Silahkan tunggu"... sampai saya hitungin tuh pencet tombol bintangnya, mpe 7 kali ga masuk2 juga...

    thanks pak info nya, insyaAlloh saya samperin aja dah tuh bank, daripada lama plus jengkel ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin tujuan mereka cuma satu jangan sampai konsumen membayar lunas pinjemannya. Jadi mending disamperin aja ya bu dari pada kita makan hati nunggu operator telpon yang super sibuk.... semoga lancar ya urusannya

      Hapus
  10. kalo saya mau ngelunasin juga, tapi di bank bri syariah..... kira kira susah juga ga ya.... mhn do`a nya biar ga di persulit. :D
    insya allah bulan mei 2014 ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin secara garis besar cara pelunasan nya hampir sama. Tapi ada baiknya Bapak konfirmasi dahulu ke bank bersangkutan. Baik itu jumlah hutang yang mesti dilunasi dan persyaratan yang harus dibawa serta cara meulunasinya. Jadi kita bisa langsung menutup hutang kita di bank tersebut dengan hanya sekali datang.
      Semoga semua urusan Bapak dapat selesai dengan cepat dan tanpa masalah yang berarti

      Hapus
  11. Terimakasih. Infonya sangat bermanfaat dan lengkap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama pak senang bisa berbagi informasi....

      Hapus
  12. saya juga berniat utk melunasi KPR mandiri nanti, tapi yang di plaza Mandiri. Berarti lebih baik langsung datang kali ya agar cepat
    Terima kasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bapak konfirmasi dulu jumlah hutang yang tersisa dan dipersiapkan di tabungan, baru setelah itu menyerang langsung disana hehehe.

      Hapus
  13. Terima kasih Pak. Informasinya super duper lengkap dan membantu. Saya juga sudah tidak mendapat rekening koran dalam dua tahun terakhir.
    Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak masih mending sudah tidak mendapat ekening koran selama 2 tahun terakhir. Saya selama 3 tahun kredit dari mandiri tidak pernah mendapatkan rekenng koran dari bank tersebut. Bolak balik telp percuma. Sukur kalau bapak mau melunasi kredit rumahnya. cepat selesai ya pak.

      Hapus
  14. Pak, jumalah pelunasan bapak itu baru pokoknya aja apa sudah sama bunga nya?
    Kalo saya mau melakukan pelunasan dan cicilan pokok saya masih 140jt ada biaya penalty dan bungan juga ga? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bu Dwi, terima kasih telah berkunjung di blog kami. Kalau sisa hutang ibu masih 140 jt maka yang dibayarkan hanya 140jt, kecuali ibu melunasi kurang dari 1 tahun. Tapi kena pinalti tergantung Banknya sih, dari Bank Mandiri kurang 1 tahun (kalau tidak salah CMIIW) kena penalti. Kalau lebih dari waktu tersebut tidak kena pinalti. Jadi hanya dibayar sisa hitang saja. Bunga tidak dibayar bu, hanya sisa hutang saja, karena sebagai informasi saja pada awal-awal pembayaran yang kita bayar itu lebih besar bunga dari pada hutang kita. Itu presentasenya bisa 80% bunga dan 20%... trus berkurang menjadi 70% dan 30% tahun berikut. Jadi makanya sebelum setahun bank kasih kita penalti soalnya kita belum kasih mereka profit. dengan penalti paling kurang kita udah porotin hahahha.

      Hapus
  15. Betul .... Pengalaman bapak dan ibu sama dengan pengalaman sy mengambil KPR di mandiri
    selam ampir 5 tahun ga pernah ada tagihan ke rumah, ga pernah ada rekening koran ,
    kenaikan bunga dan angsuran tidak di informasikan ( klu ga katif cari info mungkin sudah muncul tunggakan karna kebetulan sy ngisi tabungan mandiri sebesar angsuran yang akan di debet aja)
    sekarang mau pelunasan sebagian , susah tlp mandiri bapindo , harus datang langsung ke sana....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa memang begitu standarnya yah? dulu seinget saya pas akad semua akan dikirim by rekening koran. Tapi udah bertahun saya bayar malah tidak ada informasinya. Saya jadi mikir bukti saya bayar nanti apa? akhinya dengan sekuat tenaga kami melunasi hutang kami disana. Untuk melunasinya pun bukan perkara mudah butuh usaha yang keras dari kita.

      Hapus
  16. betul banget, saya telpon line 5267374 dan sudah memencet tanda bintang 20 kali (1x pencet 30 detik) gak nyambung juga....harusnya consumer loan di bank cabang di beri wewenang yang sama dengan di Bapindo sehingga nasabah tidak numpuk di Bapindo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau mencet apa juga bakalan susah. Entah apa itu penyebabnya. Mending diserang langsung aja itu kalau emang mau dilunasin. Ngabisin pulsa aja kalau nelpon kesana.

      Hapus
  17. Terimakasih atas postingannya Pak, saya ingin bertanya, saat ini saya menempati rumah (KPR Mandiri) punya saudara di karawang, dimana saudara saya tersebut sekarang sudah dpindah kerja di riau. tanggal 3 September 2015 saya bertanya ke mandiri cabang karawang status KPR, pihak bank menjawab bahwa KPR sudah selesai dan sudah lunas pada tanggal 3 agustus 2015 dan posisi dokumen kemungkinan ada di Mandiri plaza Bapindo dan dikasih no, telpon disana, saya sudah telpon berkali-kali tidak diangkat. Saya ingin menanyakan, Apakah pengambilan document di Mandiri plaza Bapindo harus orang yang bersangkutan (saudara saya dan istrinya pada saat akad kredit dulu) ataukah bisa menggunakan surat kuasa dari saudara ke saya? mengingat saudara saya saat ini ada di riau,
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih. Semoga diberkahi Allah......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti yang telah saya ceritakan diatas mending didatangi langsung kantornya daripada ngabisin pulsa telp bank Mandiri. Setahu saya yang bersangkutan yang harus mengambil. Tapi untuk lebih pastinya bapak datangi saja Plaza Bapindo itu pak. Apakah bisa diwakilkan atau tidak, soalnya ini menyangkut surat berharga mungkin peraturan bank juga kadang ketat. Semoga urusannya cepat selesai ya pak.

      Hapus
    2. Mau tanya kl mrlunasi sudah lewat pinalti....apa masih bayar bunga beberapa kali? Sy ambil 15 thn dan dah berjalan 5th lebih mo tak lunas. Kira2 byr sisa pokok atau hrs bayar bunga jg?

      Hapus
    3. Nah kalau itungannya saya kurang ngerti. Tapi kan awal pinjaman kita dikasih list angsuran dan bunga. Kalau dah 5 tahun ketahuan sisa pokok yang mesti kita bayar. Biasanya ga jauh dari perkiraaan kalau bunga bank ga berubah. Makanya untuk mastiin ditelp. ke mandirinya langsung. Yang pasti bunga berjalan lebih banyak masuk ke Bank dari pokok hutang. Selamat mencoba

      Hapus
  18. Nutuh saran niy,,, ;)

    saya kredit untuk KPR baru jalan 18bulan, mau pelunasan, di bank muamalat, awal kesepakatan dulu utk pelunasan tanpa pinalti, tapi begitu saya tanya ke marketingnya, menginformasikan sejak bulan maret 2015 pelunasan dibebankan pinalti 5x dari margin, mau melunasi kok sayang bayar pinaltinya, perubahan info tanpa ada pemberitahuan, tp kalau saya liat di webistenya KPR tdk pinalti utk pelunasan, jd bingung deh,,mohon saranya, trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang di perjanjian yang kita tanda tangani dulu banyak pasal yang susah kita mengerti yang mana kita awam. Mungkin Ibu bisa bawa lagi perjanjian ke bank muamalat lagi dan minta ditunjukkan pasal mana yang membuat peraturan bisa berlaku surut. Biasanya peraturan berubah kedepan bukan surut kebelakang. Coba saja minta bagian marketingnya menunjukkan pasalnya membuat ibu harus membayar pinalti. Semoga urusan ibu cepat terselesaikan

      Hapus
  19. ke mandiri cabang pembantu ternyata bisa tanya outstanding sisa kpr kita..selanjutnya sepertinya sama dengan yang bapak lakukan..harus segera menuju sudirman untuk head to head dg bagian consumer loannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melalui kantor cabang sudah seharusnya bis karena data kita sudah online. Tapi saya pilih melalui telpon karena tidak perlu ke luar kantor.

      Hapus
  20. Sekedar share pengalaman. Untuk cek sisa saldo hutang, lebih enak kalo kita punya/terdaftar fasilitas internetbanking mandiri. Di situ ada menu melihat sisa pinjaman kita. Tapi menu ini tidak otomatis aktif. Setelah punya internet banking, kita perlu mendaftarkan akun/rekening pinjaman kita biar link dengan internet banking kita. Untuk pendafataran akun pinjaman ini bisa melalui cabang terdekat saja. Jadi, kalo tiap bulan rajin memantau, kita bisa tau sebenarnya dari cicilan bulanan kita itu brp siy porsi pelunasan pokoknya (dari selisih saldo pinjaman antar bulan)

    Dengan internet banking kita juga tidak perlu print tabungan lagi, karena riwayat transaksi perbankan kita ada dan bisa di cetak, atau save ke PDF.

    Kalo khawatir internet bankingnya di hack orang jahat, saat mendaftar internet banking jangan mengaktifkan menu-menu untuk transaksi finansial (seperti transfer, dll) Jadi di internet banking kita ga bakalan bisa transfer, belanja, atau bayar. Cuma bisa melihat-lihat saja.

    Saya juga punya KPR di bank mandiri, sudah 2 kali melakukan pelunasan sebagian, dan lagi nabung semoga bisa segera melakukan pelunasan seluruhnya. Aamiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Internet banking mau aman ya tidka perlu dimbil tokennya jadi hanya bisa pasif saja.....Terima kasih informasinya....

      Hapus
    2. Mengenai saran bapak mendaftarkan rekening pinjaman kita ke bank biar link dengan internet banking, sudah saya coba beberapa kali, baik via telpon kantor cabang, via call centre dan via cs di 3 cabang berbeda, semua menyatakan bahwa kita tidak bisa mendaftarkan rekening pinjaman tersebut.. menurut saya sebenarnya kan proses tersebut dapat lebih memudahkan nasabah untuk memantau sisa pinjaman.. Namun sepertinya dipersulit oleh bank mandiri.. Kira2 saya harus mendatangi bagian mana lagi, agar bisa mendaftarkan rekening pinjaman saya, agar bisa link dengan internet banking nya ya pak?

      Hapus
    3. Barusan saya melihat Internet Banking Bank Mandiri dan saya melihat ada submenu Pinjaman dalam Menu Informasi Rekening. Seharusnya ini bisa digunakan sebagai informasi bagi para customer akan tetapi pihak bank menyatakan lain.

      Hapus
  21. bagus infonya gan...untuk mengetahui informasi seputar KPR, silakan kunjungi http://www.infotentangbank.com/2016/03/tentang-kredit-pemilikan-rumah-kpr.html?m=1

    terima kasih

    BalasHapus
  22. Wah ternyata di 2016 masih terjadi tuh yang namanya hotline susah ditelepon. saya berkali-kali ke 5266566 or 5267374... jam kerja saya telepon, selalu ... sibuk, sedang menjawab panggilan lain, sekali pernah tersambung cuma kayak orang kaget gitu, terus ditutup. aduh bank sebesar ini pelayanan hotlinenya aja meragukan. Mana juga rekening koran or email informasi, sama sekali tidak ada laporannya. Mau ambil dokumen harus menunggu berapa lama, sedangkan email konfirmasi bilang butuh waktu 7-10 hari, sedangkan ini sudah hampir 2 bulan blom ada informasi lagi. ckckk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin SOPnya udah gitu. No telp cuma pajangan. Mending datangin aja kesana biar pasti dan jelas. Yang penting siapin dulu dananya pelunasannya. Semoga cepet selesai yah...

      Hapus
  23. Untuk pelunasan sebagian lebih mudah lewat email drpd telp...email saja ke Bank Mandiri CLBC Jakarta - MIS 1 [clbc_jakarta.mis1@bankmandiri.co.id] bisa nanya outstanding hutang dan sisa serta estimasi kalau dilunasi sebagian dengan mengurangi cicilan atau mengurangi lama waktu hutang. kalau telpon memang susah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sdh datang ke mandiri bapindo dan sudah mengisi form untuk meminta fotocopy sertifikat dan sudah 1 minggu ini dijanjikan akan di kirim ke email, tapi belum dikirim juga. Saya juga telah mengirim email reminder dg alamat di atas dan berharap mendapat info penyebab belum dikirimkan copy sertifikat rumah saya, tapi tdk ada jawaban atau response apapun, saya merasa bertepuk sebelah tangan dan tidak tahu harus berbuat apa, pusiiinnngggg, padahal itukan hak saya sbg customer utk memiliki copy serifikat rumah, ada yg bisa membantu atau ada yg punya pengalaman serupa ?

      Hapus
    2. Saya sih mengambil langsung kesana deh mbak/mas. Soalnya itu kan termasuk barang berharga jadi tidak mungkin akan dikirim. Mending datangi lagi saja lagi Bank nya minta kepastian. Seingat saya sewaktu saya melunasi, proses pengembalian sertifikannya cepat kok.

      Hapus
  24. Untuk pelunasan sebagian lebih mudah lewat email drpd telp...email saja ke Bank Mandiri CLBC Jakarta - MIS 1 [clbc_jakarta.mis1@bankmandiri.co.id] bisa nanya outstanding hutang dan sisa serta estimasi kalau dilunasi sebagian dengan mengurangi cicilan atau mengurangi lama waktu hutang. kalau telpon memang susah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukanlah bank yang baik kalau mempersulit orang. Anyway, terima kasih atas informasinya. Semoga pembaca yang lain bisa menggunakannya dengan baik.

      Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  26. itu sertifikatnya msh HGB / HAK MILIK Y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah Hak Milik pak/ Ibu.... Emang kalau HGB bisa di jaminkan juga ya?

      Hapus
  27. Membantu bgt infonya. Mo tny ni pak gmn klo yg mo qt lunasin itu adalah rumah take over. Apakah yg bs menanyakany hny orng prtma saja,, ato sy sbgi pmlik ke 2 bs bertnya sendri. Sedangkan rekening n atm pihak prtma sudah dserahkan kpd saya. Semoga da yg bisa membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya orang pertama, soalnya data yang ada di bank adalah data orang yang pertama. Sedangkan Bapak atau Ibu adalah pemilik yang belum resmi atau di bawah tangan, karena ada datanya di bank. Untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan ke bank yang bersangkutan.

      Hapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  30. Jadi, pinjaman yang dilunasi hanya sisa pinjaman pokok yg 65 juta ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya yang dilunasi pokoknya saja selama kita udah lewat setahun kalau tidak salah. Soalnya si Bank akan mengambil bunga dengan komposisi bunga persentasi besar dahulu sedangkan angsuran kita kecil.

      Hapus
  31. Dulu saya sempet kesal, di BNI Syariah proses pelunasan memakan waktu satu jam... Setelah membaca posting di sini, ternyata BNI Syariah lebih baik, nelponnya mudah (saya dibantu oleh bagian marketing BNI Syariah yang mengurus akad)... Saya datang ke BNI Syariah hanya satu kali datang, buku tabungan berisi uang diminta untuk diproses kemudian tunggu sekitar satu jam, lalu serah terima dokumen, selesai....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kitanya saja yang kurang sabar. Tapi kesabaran sih ada batasnya. Saya perhatikan kalau kita mau melunasi sepertinya hampir semua Bank akan mempersulit bahkan ada yang menawarkan ranjau hutang selanjutnya. Lebih baik hindari.
      Selamat ya sudah selesai dari perkreditan Bank.

      Hapus
  32. Mau bertanya donk kalau seandainya melakukan KPR di Mandiri, kita bisa gk sih misalnya lagi ada pemasukan lebih mau bayar 2-3 bulan cicilan sekaligus (supaya lebih cepat) bisa gk ya? Lalu pertanyaan yang ke 2 kalau seandainya bisa membayar 2-3 bulan sekaligus bunga yang dibayarkan itu sama atau bisa berbeda hitungannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari pengalaman yang saya dengar sih bisa. Ini nantinya mengurahi pokok hutang kita di Bank. Tentu saja angsuran kita akan berubah dengan sendirinya.

      Hapus
  33. mas, itu pelunasan sisa KPR Bank Mandiri ga kena penalty ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pelunasan tidak kena pak karena biasanya kalau kena pinalti itu kurang dari 1 tahun. Pihak bank belum puas ambil dana kita. Misal kita bayar 2juta palingan untuk tahun pertama 300rb buat bayar angsuran...

      Hapus
  34. memabantu sekali info nya trima kasih

    BalasHapus
  35. Maaf mau bertanya, di surat lunasnya tanggal yang tertera apakah sama dengan tanggal saat dana bapak didebit dari rekening pak? Mengingat suratnya bapak terima seminggu kemudian setelah dana terdebit dari rekening.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dananya emang didebit terlebih dahulu dan kemudian kita datang untuk menyelesaikan administrasi dan mengambil akte tanah di bank. Jadi memang ada jeda hari.

      Hapus
  36. Terimakasih atas masukan di blog ini.
    Setelah membaca kesulitan teman-teman tentang menelepon CS, saya dan istri memutuskan langsung datang ke Bapindo plaza.
    Jam 7 kurang kami sampai, lalu menunggu staf Mandiri datang.
    Jam 8 kami ditemui ibu Eva, dan setelah mengisi sedikit form, kami ditunjukkan sisa kekurangan dan surat pengantar pelunasan, yang kemudian kami bawa dan disebut rekening di KC lantai 1.
    Setelah itu kirim WA ke CS dinomor yang diberikan untuk. Sejam kemudian diinfokan bahwa sertifikat akan diambil di bagian Legal, dan normalnya bisa diberikan ke kami dalam 7-10 hari kerja.

    Jadi sepertinya memang lebih praktis langsung datang ke Bapindo.
    Terimakasih atas masukan di blog ini, sangat mencerahkan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang tenyata lebih baik datang langsung... Selamat mas sudah wisuda sertifikatnya.

      Hapus
  37. Maaf mau tanya, utk refund Asuransi nya cair tdk, dan kl cair brp lama..? Karena infonya lama banget yah hehee. Kl mau konfirmasi ke mana yah..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh.... saya ga diinformasikan kalau yang itu mas. Jadi saya ga ada refund asuransi....

      Hapus
  38. Terimakasih sudah membagikan pengalaman dlm pelunasan KPR, alhamdulillah berguna sekali bagi kami yg mau melakukannya.

    Setelah membaca blog ini, saya akhirnya menempuh jalan lgsg ke mandiri tower. Sebelumnya saya sudah mengirimkan email ke clbc_jakarta.mis1@bankmandiri.co.id ternyata balasannya lama sekali. Akhirnya lgsg ke mandiri tower dan Diarahkan ke lantai 2. Kemudian mendapatkan informasi ttg brp sisa pokok hutang, bunga berjalan dll. Lalu untuk pembayaran pelunasan di kantor bank mandiri di lantai 1. Simple. Lalu konfirmasi via email kl sudah melakukan pelunasan dgn menyertakan bukti transfer dan order sertifikat. Untuk pengambilan sertifikat dilakukan pada 7-10 hari kerja. Semoga semua bisa segera lunas dr pinjaman .

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Like us on Facebook

Flickr Images