Bunyi gesekan yang cukup keras
mulai terdengar pada bagian depan motor pada saat melakukan pengereman di motor Nmax.
Saya berpikir itu hanya batu yang terselip di kampas rem depan dan akan hilang
dengan sendirinya. Akan tetapi bunyi ini malah makin sering intensitasnya dan
mulai bertambah keras. Saya mulai berpikir ini bukan karena batu terselip, akan
tetapi disebabkan oleh brake pad
(kampas rem) depan motor saya yang sudah habis. Akibatnya yang bergesek
sekarang adalah antara besi dari piringan rem (brake disc) dengan kampas rem (brake
pad).
Dengan berbekal pengalaman
mengganti sendiri kampas rem si Chelsea
(motor saya terdahulu). Saya membeli kampas rem buat motor kami sekarang ini
(Nmax Non ABS). Di sebuah toko spare part motor langganan saya di daerah
Malaka, Jakarta Timur. Disana untuk
kampas rem original Spare Part YAMAHA
harga 52rb rupiah dan 17rb untuk yang non original. Saya memilih kampas rem yang original.
Sebagai bahan perbandingan untuk
mengganti di bengkel resmi Yamaha, harga komponen dari kampas rem adalah 75rb
dan belum termasuk ongkos pasang.
Biasanya kalau saya membeli komponen di bengkel resmi YAMAHA (Flag Ship Cempaka Putih) pasti
diberikan harga HET (Harga Eceran
Tertinggi) tidak pernah didiskon. Berhubung untuk menghemat (hehe) dan juga
sekalian menambah ilmu maka saya memutuskan untuk melakukan penggantian kampas
rem ini sendiri.
Untuk proses penggantian kampas
re mini dibutuhkan peralatan sebagai berikut:
- Kunci
T-50 (alias kunci berbentuk bintang) beserta handlenya
|
T-50 |
- Long nose plier alias tang lancip alias
berhidung
|
Long Nose Plier |
- Kain
untuk membersihkan kotoran caliper
Sedangkan untuk proses penggantiannya kampas rem depan Yamaha Nmax adalah:
|
Gambar komponen rem (Sumber Yamaha Spare Part) |
- Lepaskan
dua buah baut (no. 15) pada gambar diatas. Dan kemudian tarik kebelakang caliper assy (3) ke arah belakang motor
sehingga caliper assy (3) lepas dari brake disc (10).
|
Lepas dua baut ini |
- Lepaskan
dua buah pin ( 10) dengan menggunakan
obeng atau tang lancip kemudian pin (12) dengan cara menarik keluar.
- Kemudian
kampas rem (brake pad) (9) bisa
dilepaskan
- Setelah
kampas rem lama dilepaskan bersihkan semua kotoran yang ada di caliper assy (3) termasuk yang berada di
belakang pad support (11). Biasanya
dibelakang itu bersemayam banyak kotoran.
|
Posisi Pad Support |
- Sebelum
pemasangan kampas tekan kebelakang piston
caliper assy (4) sehingga bisa
menyelipkan diantara cakram rem nantinya .
|
Piston Caliper |
- Pasang
kampas rem satu persatu, dimulai dengan yang berlubang satu dan kemudian
dilanjutkan dengan yang berbang dua pada caliper
assy (1).
|
Pad satu lubang |
|
Pad dua lubang |
- Kemudian
pasangkan pin (12), jangan lupa pin
ini harus melewati kedua lobang dari kampas rem dan kemudian pasang kembali clip (10).
|
Pasang Pin |
|
Pasang kembali clip |
Setelah
terpasang kemudian pasangkan kembali caliper assy (1) yang sudah diganti kampas
remnya dan kemudian pasang kembali baut (15) dan pekerjaanpun selesai.
Pada saat pelepasan pertama kali
bagi yang belum biasa membongkar dan memasang kampas rem, tolong perhatikan
dengan saksama posisi dari komponen. Soalnya kadang lupa dimana posisi awal
komponen tersebut. Semoga berhasil dengan penggantian kampas remnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar