Mutasi kendaraan bermotor dari Jakarta ke Bekasi Kota & Perpanjangan STNK di Samsat Bekasi.
1:35:00 PM
Sebenarnya cerita ini sudah saya buat setahun lalu saya buat
tapi berhubung ketikan saya baru ketemu sekarang baru sekaranglah cerita ini
tayang di blog saya. Jadi baru sekaranglah saya bisa berbagi cerita dengan
pembaca semua. Besar harapan saya kalau tulisan saya ini dapat bermanfaat
dengan pembaca semua. Bahkan saya membuat tulisan ini jauh sebelum saya membuat perpanjangan STNK di Gerai Samsat Pondok Gede.
Akhir-akhir ini semakin gencar dilaksanakannya
proyek Mendagri tentang E-KTP, maka setiap wargan Negara hanya akan mempunyai
satu KTP dan katanya tidak bisa lagi punya dobel KTP. Saya sendiri sebenarnya
mendukung program ini, akan tetapi karena waktu itu akan ditugaskan ke Jepang
oleh Kantor untuk training (hehehe). Maka dengan sendirinya saya diharuskan
untuk membuat paspor akan tetapi KTP saya masih KTP daerah. Dengan terpaksa
saya membuat KTP nembak di Jakarta ,
untuk membuat paspor. KTP ini juga yang saya gunakan untuk membeli motor di
Jakarta.
Setelah bekeluarga saya dan keluarga pindah ke
Bekasi. Awalnya saya tidak ada kepikiran untuk melakukan mutasi alamat untuk “Chelsea ” motor kesayangan
saya. Tapi dengan adanya proyek E-KTP ini, maka dengan ini tidak ada lagi warga
negara yang akan punya dobel KTP. Saya berpikir harus untuk memindahkan alamat
yang tertera di BPKB dan STNK motor.
Awalnya ngeri juga mau memutasikan motor soalnya
saya punya dua KTP. Tapi berhubung sudah mau dekatnya perpanjangan STNK dan mau
diaktifkannya E-KTP maka, mulai saya browsing mencari harga mutasi motor dan
juga bertanya kepada temen. Dari teman didapat harga Rp. 1.500.000,- (Wowwwww
keren bangt nih nominalnya). Ini bukan harga yang murah, secara saya masih
punya hutang disana sini (hehehe). Mulailah saya browsing-browsing lagi untuk
mendapatkan informasi cara melakukan mutasi alamat untuk kendaraan bermotor.
Lumayan banyak sih saya mendapatkan informasi, tapi sedikit yang mutasi dari Jakarta ke Bekasi. Ada kadang tidak lengkap
informasi.
Akhirnya saya mendapatkan informasi lengkap di
sebuah situs komunitas di Indonesia .
Disana dijelaskan juga caranya, biaya dan lokasinya. Semua jelas banget
diterangkan disana. Bemodal dengan informasi dari website tersebut dan mencoba
menguatkan mental, saya akan mencoba untuk melakukan proses mutasi pada BPKB
dan STNK.
Untuk proses pertama saya harus melakukan penarikan
berkas dahulu dari Samsat Jakarta Timur yang berada di Kebun Nanas, Jakarta
Timur, karena KTP saya berada diJakarta Timur.
Maka saya merencakan untuk memulai mutasi BPKB ini
seperti saya ceritakan secara bertahap sebagai berikut :
Hari
Pertama (+ 1 Jam), Start 09.30
Kamis, 01
Maret 2012
Pada tanggal 01 Maret 2012 dengan meminta ijin dari
kantor saya berangkat ke kantor Samsat Jakarta Timur yang beralamat di :
Jl. D I Panjaitan No.22 By Pass Kebon Nanas Jaktim Tlp/Fax 8199851
Peta Samsat dan koordinat Gogle maps -6.233803,106.877537 |
Dokumen
yang perlu dipersiapkan :
·
BPKB asli
·
STNK asli
·
KTP asli (jika
diminta)
·
Fotokopi BPKB
1 lembar
·
Fotokopi STNK
1 lembar
·
Fotokopi KTP
Berikut saya ceritakan urutan proses penarikan
berkas di Kantor Samsat asal yang mana untuk kasus saya berada pada Kantor
Samsat Jakarta Timur :
1.
Pemeriksaan
Fisik Kendaraan
Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan
pemeriksaan fisik kendaraan. Lokasi pemeriksaan fisik kendaraan ada disebelah
kiri gedung utama kantor samsat. Masuk
kedalam area kantor Samsat Jakarta Timur dan terus saja mengelilingi area
perkantoran tersebut, disana sudah dipasang petunjuk arah disediakan.
Untuk motor dan mobil cek fisiknya dipisahkan. Juga
disediakan orang yang akan melakukan cek fisik. Sebenarnya saya tengsin juga
bawa motor ke sana
soalnya, kondisi motor buluk banget, karena habis hujan jadi penuh kotoran
tanah. Pas saya datang ada dua orang disana dengan bahasa Jawa, tertawa melihat
motor saya. Sepertinya mereka mengatakan kalau ongkosnya beda kalau memeriksa
fisik motor saya (hahaha ini hanya
feeling saja soalnya saya ga ngerti bahasanya, tapi sensi juga.). Tapi cuek
saja ah.
Tidak sampai 5 menit kendaraan saya sudah selesai
dilakukan pemeriksaan cek fisik. Hasil esek-esek nomor rangka dan mesin di
tempel diselembar form yang sudah disediakan disana. Dan sepertinya sudah
menjadi kebiasaaan untuk memberikan uang rokok. Disini saya memberikan uang
rokok Rp. 10.000,-. Kepada petugas tersebut, dengan senang hati beliau
memberikan hasil pemeriksaan cek fisik dan seraya mengatakan “Pak, kalau ada calo di parkiran nawarin
bantuan buat membantu cuekin aja”
Saya “ Iya
pak, terima kasih”.
2.
Legalisir
Pemeriksaan Fisik Kendaraan
Dokomen
yang disediakan :
- Hasil pemeriksaan fisik
kendaraan
- STNK asli
Selesai melakukan pemeriksaan fisik, saya memarkir
kendaraan dilokasi parkiran yang telah disediakan (lokasi tidak jauh dari
lokasi pemeriksaan fisik kendaraan). Kemudian saya bergerak ke tempat legalisir
yang lokasi berada di disamping lokasi pemeriksaan fisik kendaraan.
Pada tempat tersebut ada 5 loket yang disediakan.
Loket 1 untuk balik nama (kalau tidak salah), Loket 2 untuk mutasi (Insya Allah
ini belom berubah), Loket 4 untuk perpanjang STNK dan Loket 5 untuk mengambil
hasil legalisir.
Saya menyerahkan form hasil pemeriksaan tadi kepada
petugas yang ada didalam loket 2 (ingat ya loket dua, baca aja petunjuk yang
ada di loket) dan mengatakan mau
melakukan “MUTASI”. Dokumen tadi akan diserahkan dan diminta untuk membayar Rp.
30.000,- ( saya sendiri tidak menerima kuitansi untuk apa uang ini, tapi ya
udah ikut aja). Kita akan di berikan nomor urut, yang nantinya kita dipanggil
hanya berdasarkan nomor (tapi tadi juga dipanggil nama sih, mungkin si Bapak
lagi baik hati). Silahkan menunggu sampe dipanggil ya…..
Tidak beberapa lama nomor urut saya dipanggil,
bergegas saya ke Loket 5 untuk mengambil hasil legalisir hasil pemeriksaan
tadi. Pada loket ini kita diberikan bundle (sudah disteples), Form legalisir
tambahan, STNK asli, dan hasil pemeriksaan fisik tadi. Hasil ini langsung
dibawa untuk proses selanjutnya.
3.
Mencabut Berkas
Dokumen
yang disediakan
·
Bundle dari loket legalisir tadi
·
BPKB asli
·
Fotokopi BPKB
·
Fotokopi KTP (Daerah tujuan)
Berdasarkan info yang saya dapat, setelah menerima berkas legalisir kita harus
menuju ke lantai dua dan cari loket 4. Dari pintu utama kantor Samsat Jakarta
Timur, disana ada petugas yang menjaga dan harus melepaskan jaket ketika akan
masuk kedalam kantor tersebut (coba aja kalau ga percaya hehehe). Kita juga
harus melewati metal detector (tau hidup atau tidak hehehehe).
Untuk mencapai lantai dua, dari pintu utama belok
kiri dan terus menuju tangga. Naik ketangga dan terus menuju ke atas. Disana
akan terlihat ada 5 loket disediakan disana. Loket 1-4 sepertinya untuk balik
nama kendaraan dan loket 5 untuk pendaftaran mutasi.
Awalnya saya langsung aja ke loket 4 seperti yang
diinformasikan diweb, eh ternyata sudah berubah. Didepan sana ada 5 loket yang disediakan. Loket 1
untuk pendaftaraan kendaraan balik nama, Loket 2 untuk… (saya lupa), loket 3
untuk kasir pembayaran balik nama sepertinya dan loket 4 untuk pengambilan STNK
sedangkan untuk Mutasi dilakukan di loket 5 (ternyata beda dengan informasi
yang saya dapat).
Kepada petugas saya menginformasikan kalau saya
ingin memutasikan kendaraan saya ke Bekasi. Semua dokumen yang saya sebut di
atas akan diminta, dan akan disteples. Saya diberikan form yang nantinya akan
diisi. Untuk cara pengisian bisa diiliat di meja pengisian form tapi ada
juga untuk datanya di STNK plus ada juga
contoh pengisian di meja yang disediakan (didepan loket 5).
Setelah mengisi formulir tersebut saya kembali ke
bapak petugas dan diminta membayar sebesar Rp.150.000,- dan diminta kembali
pada hari selasa.
Saya “ Pak
pajak motor saya habis hari sabtu pak”
Petugas “ Wah
kenapa tidak jau-jauh hari datangnya”
Saya “Gimana
dong pak?”
Petugas “Adek
maunya jadi hari apa?”
Saya hanya diem...
Petugas “Paling
hari sabtu jadinya sekitar jam 10, Sekarang pergi ke loket 7 yang ada di
belakang sana ”
seraya menyerahkan semua data yang saya berikan tadi. Saya ga tau mau ngapain
disana.
Saya sendiri bingung kok disuruh ke loket 7,
padahal di informasi yang saya dapat tidak ada ke loket 7. Loket 7 adalah loket
TU dan ...(Saya lupa). . Loket berada sekitar 3 meter disamping loket 5. Saya
menyerahkan semua dokumen tadi dan mengatakan kalau saya disuruh datang kesini.
Dokumen saya diambil dan dibawa kebelakang (gudang dokumen sepertinya). Petugas
memeriksa dan dan mungkin mencoret data saya di database mereka.
Setelah selesai dari loket 7. Saya tidak memberikan
uang tip kepada mereka, habis tidak diminta sih hehehe. Saya kembali ke loket 5
untuk kembali ke bapak petugas tadi. Saya kembali menyerahkan semua dokumen
tadi ke petugas tadi dan diminta untuk kembali hari sabtu untuk mengambil
berkas yang akan dibawa ke Bekasi. Ingat BPKB asli kita akan dikembalikan
kepada kita berikut tanda terima penyerahan dokumen kita tadi
Catatan:
Harap pasang telinga dengan baik saat menunggu nama anda dipanggil, soalnya
kadang pak petugas tidak menggunakan TOA dalam memanggil kita.
Saya balik lagi ke kantor untuk melanjutkan
pekerjaan. Let us see the result on Saturday.
Biaya yang harus
dikeluarkan hari pertama Rp. 192.000 dengan perincian :
o
Tips untuk petugas cek fisik 10rb
o
Biaya legalisir cek fisik 30rb
o
Biaya mutasi diloket 4 (empat) 150rb
o
Parkir 2rb
Hari
Kedua (+ 1 Jam), Start 09.30
Sabtu, 03
Maret 2012
1.
Pengambilan
Berkas
Dokumen
yang disiapkan:
·
Tanda terima berkas (yang kemaren yang diberikan
oleh petugas Samsat)
Sekitar jam 10 pagi hari saya sampai ke kantor
Samsat, Ternyata disana ramai sekali kaya mall, hari ini banyak yang ngurus
juga ya. Tapi jangan takut itu yang ngurus perpanjangan STNK saja sedangkan
yang mau BBN dan mutasi ga terlalu banyak. Untuk pembaca sekalian harap menjaga
BPKB dengan hati-hati, soalnya disini banyak orang kehilangan BPKB . Saya
menyerahkan tanda terima yang telah diberikan pada hari pertama.
Petugas “Wah
ini belum ada datanya paling cepat 5 hari kerja”
Saya “Saya
kalau tidak disuruh datang kesini hari ini saya juga ga akan kesini pak!”
(Ya iya orang disuruh datengnya hari ini kok bilang belum ada dokumennya).
Tanda terima saya kembali dibawa kedalam ama pak
petugas disana. Lumayan lama juga saya menunggu sekitar 15 menit kali ada (kalo
ga salah). Disini harus fokus ke loket dan telinga harus difokus ke petugas
juga soalnya yang dipanggil pakai TOA hanya yang mau BBN sedangkan yang mutasi
hanya pakai mulut memanggil kita.
Setelah dipanggil saya diberikan paket dokumen yang
sudah distreples (banyak amat dokumennya dan streplesnya boros banget. Saya
disuruh ke lantai 3 untuk mengambil Fiskal Antar Daerah.
2. Fiskal Antar Daerah
Dokumen
yang harus dipersiapkan :
·
Semua dokumen yang tadi diberikan oleh petugas
loket 5 dilantai 2
Untuk menuju lantai 3 ada tangga yang bias
mengantarkan kita menuju lantai3, letaknya sekitar 3 meter disamping loket 5
tempat mengurus cabut berkas tadi. Setelah kita sampai di lantai 3 kita terus
ada ke loket Fiskal Antar Daerah dan SKP (ada plangnya kok). Disini saya
menyerahkan semua data yang terima tadi ke petugas disana dan bilang mau bayar
fiskal antar daerah (sepertinya kok bukan bayar yah). Saya disuruh menunggu dan
lagi kita harus konsentrasi mata dan telinga. Disini cukup lama waktu saya
tersita. Dari orang rami kemudian mulai sepi dan rame lagi nama saya belum juga
dipanggil. Saya melihat orang-orang menanyakan apakah dokumen merak sudah
selesai atau belum. Cukup lama saya memperhatikan sampai suatu kesempatan saya
bertanya juga.
Saya “Pak
dokumen yang B xxxx TGI sudah selesai apa belum?”
Petugas “
Sebentar yah, dicari dulu”
Saya “Ok pak”
Setelah mencari dokumen saya beberapa saat. Petugas
“Nah ini dia” sambil menyerahkan dokumen
ke saya.
Saya”Biayanya
berapa pak?”
Petugas “Lima
ribu saja”
Saya menyerahkan Rp. 10.000,- kepada petuga tadi
soalnya dari yang saya baca dibutuhkan uang sepuluh ribu. Maka saya siapkan
ternyata Cuma lima
ribu ya udah rejekinya mereka.
Setelah saya menerima dokumen yang ada tambahan
Surat Ketetapan Pajaknya saya pun bergegas pulang, untuk mengurus ke Bekasinya
saya putuskan hari senin saja mengurusnya. Saya akan datang telat saja ke
kantor.
Biaya yang harus
dikeluarkan hari kedua Rp. 12.000 dengan perincian :
o
Tips untuk petugas Fiskal antar Daerah 10rb
o
Parkir 2rb
Hari
Ketiga (+ 1 Jam), Start 08.30
Senin, 05
Maret 2012
Senin pagi saya bersiap untuk pergi ke Samsat kota Bekasi dengan percaya
diri saya pergi kesana. Saya sekalian membawa Bunda soalnya dia mau berobat ke
Mitra Bekasi Barat. Setelah nge drop Bunda dan ambil uang di ATM di Mitra
Bekasi, saya langsung menuju ke Kantor Polres Metro
Kota Bekasi (Pede banget) deket alun-alun tuh. Soalnya itu yang saya baca di internet.
Pas sampe sana
masih ada upacar bendera dan saya memarkirkan kendaraan dahulu.
Setelah memarkir dan
membayar parkir 2rb. Saya mendapat tawaran mau membuat SIM. Saya tolak dengan
halus, soalnya mau ganti STNK kok. Setelah upacara selesai, orang masuk kedalam
kantor dan sayapun menuju pintu gerbang. Didepan pintu Gerbang saya bertanya
kepada pak Polisi “Pak kalau mau mutasi kendaraan disini ya?”
Pak Polisi “Bukan disini mas,
di Samsat didepan GOR sana !”
Wahhhhh salah informasi nih
saya.
Terus saya kembali untuk
mengambil motor, pas menyebrang ada pak Polisi yang baik hati ngasih petunjuk
tepatnya dimana. Setelah bilang terima kasih saya menuju ke Samsat kota Bekasi.
Sesamsai disana mau masuk
kedalam kantor aja parkir sudah penuh. Terpaksa saya parkir sekitar 100 meter
dari kantor Samsat.
Samsat kota Bekasi (-6.237256,106.993774) |
Pas masuk kedalam Kantor
SamSat nya ampun penuh banget nih orang.
Denah Samsat Bekasi Lantai 1 |
Denah Samsat Bekasi Lantai 2 |
1. Mengambil formulir Mutasi Masuk
Dokumen
yang harus dipersiapkan :
·
Ga ada…..
Saya langsung menukan loket
formulir yang berada di pintu masuk Samsat, Saya minta formulir. Petugas bertanya
apakah berkas sudah dicabut didaerah asal. Saya bilang sudah. Saya langsung
mengisi dahulu (seharusnya sih pas cek legalisir cek fisik aja dilakukan).
Tempat pengisian ada disediakan dibawah dilantai 1 tapi berhubung gedungnya
kurang besar (atau gw yang kegedean yah). Jadi senggol-senggol deh. Untuk
contoh tidak akan anda temui dibawah. Contoh pengisiian ada di lantai atas di
depan loket hehehehe (nyusahin kan ).
Jadi kalau bisa dan data ada di BPKB ya isi aja dulu.
2.
Legalisir cek fisik
Dokumen
yang harus dipersiapkan :
·
Semua dokumen yang tadi diberikan oleh Samsat
Jakarta Timur
·
BPKB asli
Sebelum Mendaftar berkas
kita harus melakukan legalisir berkas kita dahulu. Kendaraan tidak perlu dibawa
sih soalnya kan
udah dilegalisir oleh samsat Jakarta Timur.
Lokasi untuk melakukan legalisir cek fisik ini berada pada bagian
belakang kantor Samsat. Lokasi ini tempat pemeriksaan cek fisik untuk kendaraan
Bekasi.
Kita serahkan berkas kita
tadi kepada petugas didalam kantor dan bilang mau legalisir cek fisik, mau mutasi
masuk. Dokumen kita akan diperiksa oleh petugas. Setelah selesai pemeriksaan,
nama kita akan dipanggil melalui TOA dan harap konsentrasi yah hehehe. Begitu nama kita dipanggil masuk kedalam
pintu disebelah tempat kita memberikan berkas tadi. Didalamnya ada lagi loket
(loket dalam loket sih). Disana sya diminta untuk membayar 30rb. Selanjutkan berkas kita diberikan.
3.
Fotokopi legalisir cek fisik
Dokumen
yang harus dipersiapkan :
·
Berkas hasil cek fisik yang sudah dilegalisir
Setelah kita menerima berkas
tadi segera fotokopi hasil legalisir cek fisik ini. Lokasi fotokopi ada dua
yaitu disamping gedung utama dan disebelah loket cek fisik. Harga fotokopi
disina mantap banget seribu selembar. Nah kalau sudah difotokopi silahkan
menuju ke lantai 2 gedung utama untuk melakukan pendaftaran mutasi masuk. O iya
untuk fotokopi, kasih aja berkas yang mau di kopi jangan satu bundel soalnya
petugas sana
pasti bilang “dilepas dulu mas”.
4.
Pendaftaran Mutasi Masuk (loket BBN II)
Dokumen
yang harus dipersiapkan :
·
Semua dokumen yang tadi diberikan oleh Samsat
Jakarta Timur
·
BPKB asli
·
KTP asli
Lokasi pendaftaran mutasi
masuk atau BBN II ini berada di lantai 2 gedung utama, setelah anda naik tangga
langsung belok kiri. Disana ada 3 loket yang tersedia. Tapi yang melayani Cuma
satu orang. Didepan kaca tertulis waktu pelayan untuk BBN adalah 30 jam. Jadi
sudah pasti kalau tidak akan kelar hari ini.
Semua berkas saya berikan
kepada petugas dan diperiksa. Kita akan diberikan tanda terima yang akan di
streples pada BPKB dan saya diminta untuk datang besok hari dan langsung menuju
loket 3 (Pembayaran PKB/ Kasir). KTP asli akan ditahan dahulu dan akan
dikembalikan besok harinya. Juga jangan lupa Legalisir pemeriksaan cek fisik
juga akan distreples di BPKB. Hasil legalisir ini akan digunakan pada saat
perubahan alamat di Direktorat Lalu Lintas nantinya.
Alhamdulillah tidak ada
masalah yang berarti yang saya temui sekarang langsung balik lagi kekantor.
Biaya yang harus
dikeluarkan hari ketiga Rp. 33.000 dengan perincian :
o
Biaya legalisir cek fisik 30rb
o
Parkir 2rb
o
Fotokopi 1rb
Yang menjadi catatan penulis :
o
Jangan datang hari senin karena biasanya sedang
rame-ramenya.
o
Budaya antri masih kurang jadi kadang ya masih nyelak gitu
orang-orangnya
o
Parkir motor biasanya dapat diluar area Samsat (kalaupun
didalam rapet banget bos), hati-hati baret. Mending parkir diluar Samsat.
o
Untuk pembayaran STNK bekasi masih terpusat disana jadi
bayangkan aja kalau seBekasi orang kesana semua.
Hari Keempat
(+ 2,5 Jam), Start 13.00
Selasa, 06
Maret 2012
Hari ini dimulai dengan kerja
dulu kantor, seperti biasa dan sekitar jam 11.30 siang minta ijin untuk
mengambil STNK dan Plat nomor. Awalnya malas juga meliat teriknya siang itu,
tapi apa mau dikata harus juga pergi. Tapi selama perjalanan saya tidak merasakan
teriknya siang (aneh juga). Dari kantor – Pemuda – Pulogadung – Buaran – BKT –
Sumber Arta – Kalimalang – MM – Samsat dialui dengan nyaman.
Sesampai disana saya parkir di
sebelah Bank BCA yang belum operasi (ada parkiran juga disana). Setelah
memarkir Chelsea ,
saya langsung menuju gedung Samsat Bekasi dan masuk. Saya langsung menuju
lantai 2 ke loket 3 (Pembayaran PKB/ Kasir), ternyata masih tutup istirahat.
Saya melihat jam masih sekitar jam 12.30.
Sekitar jam 12.45 saya mendekat
ke loket 3, saya melihat ada orang yang memberikan tanda terima kepada petugas
saya juga ikutan juga. Moga-moga aja cepet kelar. Saya memperkirakan kalau
semua urusan bakalan cepet selesai dan jam 15.00, saya sudah berada kembali di
kantor.
Detik demi detik berlalu, menit
demi menit dan malah jam juga berlalu. Sudah hampir 1,5 jam berada disana dan
belum juga dipanggil. Orang dari tadi sudah hilir mudik silih berganti. Dari
yang tadi rame sampai mulai sepi. Saya mulai agak panik, soalnya kalau ga kelar
hari ini bisa-bisa saya harus kesini kembali besok. Bakalan ribet nih urusan.
Saya mulai berdiri didekat loket
3, kali aja saya tadi kelewatan. Saya juga bertanya kepada petugas loket
Saya “Pak, mutasi masuk atas
nama Sony udah ada belom”
Petugas “Belum pak” setelah mencari berkas yang
ternyata tidak ada nama saya disana.
Kepanikan saya bertambah setelah
beberapa loket sudah mulai tutup. Memang jam kerja di Samsat Sampai jam 15.00
sore.
Jam 14.45 nama saya belum juga
dipanggil. Saya terus berdiri didepan loket, dan sekitar
1. Membayar PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)
Dokumen
yang harus dipersiapkan :
·
Tanda terima yang diberikan kemaren
Sekitar jam 12.45 saya mendekat
ke loket 3, saya melihat ada orang yang memberikan tanda terima kepada petugas
saya juga ikutan juga. Moga-moga aja cepet kelar. Saya memperkirakan kalau
semua urusan bakalan cepet selesai dan jam 15.00, saya sudah berada kembali di
kantor.
Detik demi detik berlalu, menit
demi menit dan malah jam juga berlalu. Sudah hampir 1,5 jam berada disana dan
belum juga dipanggil. Orang dari tadi sudah hilir mudik silih berganti. Dari
yang tadi rame sampai mulai sepi. Saya mulai agak panik, soalnya kalau ga kelar
hari ini bisa-bisa saya harus kesini kembali besok. Bakalan ribet nih urusan.
Saya mulai berdiri didekat loket
3, kali aja saya tadi kelewatan. Saya juga bertanya kepada petugas loket
Saya “Pak, mutasi masuk atas
nama Sony udah ada belom”
Petugas “Belum pak” setelah mencari berkas yang
ternyata tidak ada nama saya disana.
Kepanikan saya bertambah setelah
beberapa loket sudah mulai tutup. Memang jam kerja di Samsat Sampai jam 15.00
sore.
Jam 14.45 nama saya belum juga
dipanggil melalui TOA. Saya terus berdiri didepan loket, dan sekitar jam 14.50
nama saya dipanggil oleh petugas. Saya harus membayar 383rb untuk perpanjangan
STNK dan Mutasi masuk. Saya dengan cepat membayar dan diberikan tanda terima
yang sudah distempel oleh petugas disana. Kemudian saya langsung menuju ke
loket disebelahnya untuk mengambil STNK saya.
2. Pengambilan STNK
Dokumen
yang harus dipersiapkan :
·
Tanda terima yang sudah distempel.
Saya langsung berdiri didepan loket 5 (Pengambilan
STNK). Disini nama kita juga akan dipanggil melalui TOA yang berbeda, jadi
kadang jadi saru 4 loket dengan 4 TOA yang berbeda memanggil nama orang yang
berbeda pula. Jadi disini kita harus kosen banget dengerinnya.
Disini proses untuk mengambil STNK tidak
membutuhkan waktu yang lama. Tidak sampai 10 menit STNK dengan nomor yang baru
telah selesai. Nama saya dipanggil, tolong diperhatikan semua ketikan yang ada
pada STNK soalnya kalau salah bisa langsung direvisi dilantai 3. Nah biasanya
pastik untuk menyimpan STNK disini habis mulu. Ibu-ibu yang didepan saya
menanyakan plastik dibilang petugas habis. Nah pas nama saya dipanggil saya
diberikan ama petugasnya plastik untuk STNK (wah terima kasih banget mas).
Sambil mengucapkan terima kasih saya langsung berlalu menuju lantai satu untuk
mengambil Plat nomor. Diloket ini saya tidak memberikan tips kepada petugasnya,
takut salah saya.
3. Pembuatan Plat Nomor yang Baru
Dokumen
yang harus dipersiapkan :
·
STNK asli
Saya bergegas menuju lantai
1 untuk menyerahkan STNK yang baru kepada petugas yang akan nantinya di catat
dan dibuatkan Plat Motor baru. Posisi loketnya persis dibelakang loket tempat
kita mengambil formulir kemaren.
Setelah menyerahkan STNK,
kita akan disuruh menunggu. Nama orang lain juga dipanggil untuk
menginformasikan kalau nomornya sudah jadi. Saya melihat kalau mereka tidak ada
yang memberikan uang tips. Saya beranggapan kalau tidak perlu memberikan uang
tips kepada petugasnya.
Tidak sampai 15 menit, nama
saya dipanggil juga oleh petugas. Saya mengambil plat nomor yang baru sambil
mengucapkan terima kasih. Saya pengen memberi uang tips tapi takut salah. Ya
udah lanjut aja pulang. Hati-hati cat pelat nomor kadang belum kering semua.
Pada jam 15.30 saya kembali
mengarungi padatnya jalur Bekasi-Jakarta untuk kembali ke kantor. Selanjutnya
akan dilanjutkan proses penggantian alamat pada BPKB yang dilakukan di
Direktorat Lalu Lintas di Gatsu Jakarta .
Nah ini nanti saja dilakukan. Mencari hari baik.
Catatan :
o
Kesabaran sangat dibutuhkan saat membayar STNK diloket
karena se kota
Bekasi tmplek disana semua.
o
Sebaiknya datang pagi hari, jadi selesai sore saat
kantor belum tutup.
o Konsentrasi mendengar nama
kita dipanggil.
Biaya yang harus dikeluarkan
hari keempat Rp. 385.000 dengan perincian :
o
Pembayaran PKB+SWDKLLJ+ADM. STNK+ADM. TNKB
sebesar 383rb
o
Parkir 2rb
Hari Kelima
(+ 1,5 Jam), Start 09.00
Sabtu, 10
Maret 2012
Pagi hari di sabtu yang cerah, saya mulai
mengarungi jalanan Jakarta
untuk menuju ke Direktorat Lalu Lintas untuk melakukan perubahan alamat pada
BPKB motor saya. Pada jam 09.00 saya sampai di parkiran Komdak. Untuk masuk
kedalam Komdak kita harus masuk dari sebelah kanan Komdak. Kalau dari Bekasi
atau Kota , kita
lewati dulu Komdak dan masuk kedalam area SBCD dan masuk kedalam Komdak dari
Pintu sebelah Kanan.
Setelah memarkirkan kendaraan saya langsung menuju
kantor Direktorat Lalu Lintas. Ada
pun kegiatan saya hari ini adalah :
1.
Ambil
Nomor antrian
Dokumen
yang harus dipersiapkan :
·
Modal ngomong aje
Setelah melewati pintu utama langsung ambil nomor
antrian. Soalnya bukan kita hanya yang
akan melakukan mutasi atau balik nama. Pas tadi saya datang saya ada cewek yang
jagain itu mesin nomor antrian dia yang akan memeriksa berkas kita dan
kelengkapan. Kalau kurang diberitahukan dari awal. Dia akan memberikan nomor antrian juga. Tapi
sayang ini cewek kurang ramah dan sibuk main hape saja.
Setelah saya menerima nomor antrian saya terkejut
juga menerima itu nomor. Saya mendapatkan nomor 1061 bayangkan, sekarang aja
masih nomor 921. Masih ada 100an orang lebih yang mesti ngantri. Tapi lumayan
ada 4 loket yang melayani kita. Kita mesti menyiapkan semua berkas-berkas
sebelum diserahkan ke petugas.
Awalnya saya meminta formulir dan melakukan
pembayaran kepada kasir Bank BRI yang seharusnya tidak perlu saya lakukan kalau
kita hanya untuk melakukan mutasi tapi nama pemilik sama, sedangkan kalau kita
mutasi dan ganti nama pemilik dan alamat maka kita harus mengisi formulir dan
membayar uang di BRI kalau untuk motor sebesar 80rb. Shit, goubbbbblok banget ane. Masak ga pake nanya-nanya lagi, uang
80rb melayang deh.
Untuk menunggu nomor antrian saya keluar masuk
geduang aja beberapa kali dan melihat pak brimob sedang latihan.
2.
Penyerahan
Berkas
Dokumen
yang harus dipersiapkan :
·
BPKB asli
·
Fotokopi legalisir cek fisik
·
Fotokopi KTP
·
Fotokopi STNK
·
Fotokopi BPKB
Akhirnya sekitar jam 10.00 nomor antrian saya
dipanggil dan dilayani oleh pak polisi yang kadang jutek dan kadang baek. Semua
berkas saya diperiksa.
Pak Polisi “Ini
tidak perlu” sambil memisahkan bukti pembayaran ke Bank BRI saya.
“Kalau
kamu mau balik nama baru bayar, soalnya harus ganti BPKB, sedangkan kalau ganti
alamat ya pake BPKB ini. Jelek ya pake ini , bagus ya pake yang ini juga “ sambil menunjukkan BPKB saya.
Pak Polisi melanjutkan lagi “Ini formulir juga tidak perlu. Fotokopi STNKnya mana?”
Saya “itu
pak” saya menujuk kertas.
Pak Polisi “Ini
bukan STNK tapi SKP, beda ama STNK”
Saya terkejut ternyata saya salah fotokopi “Ohhh tunggu sebentar ya pak”
Pak Polisi “Eiit
jangan pergi dulu, dijelasin dulu” seraya memeriksa berkas saya
“STNK
seperti ini, bukan yang in, main tinggal aai” sambil memperlihatkan kopi STNK berkas yang lain.
Pak Polisi melanjutkan lagi “Sekarang fotokopi dulu STNKnya dan balik lagi kesini dan ga perlu
ambil nomor antria” sambil menyerahkan berkas saya kembali.
Saya “terima
kasih pak”. Sambil saya menerima berkas saya.
Setelah saya memfotokopi STNK saya kembali ke loket
tersebut dan menyerahkan semua berkas tersebut. Faktur pembelian akan
dikembalikan kepada kita dan kita juga menpatkan sebuah tanda terima yang nanti
akan digunakan untuk mengambil BPKB kita yang sudah pindah alamat tadi. Saya
juga diberitahu tanggal berapa BPKB saya bisa diambil.
Setelah selesai saya langsung menuju parkiran.
Alhamdulillah selesai juga satu pekerjaan lagi. Tinggal satu pekerjaan lagi
yaitu mengambil BPKB yang sudah ganti alamat.
Biaya yang harus
dikeluarkan hari kelima Rp. 83.500 dengan perincian :
o
Uang yang disetor ke Bank BRI untuk balik
nama 80rb. (Kalau mau mutasi aja ga perlu bayar ini, kecuali ganti nama
pemilik)
o
Uang parkir 1rb
o
Uang parkir helm 2rb
o
Uang fotokopi STNK 500
Catatan :
- Bertanyalah dahulu tentang syarat-syarat mutasi setelah, kita
mendapatkan nomor antrian sehingga anda tidak rugi uang dan waktu seperti
saya.
- Bawa bahan bacaan untuk menunggu (kalau dapat nomor antri banyak).
- Datang pagi biar dapet antrian yang lebih kecil nomornya.
- Persiapkan semua berkas
Hari Keenam
(+ 0,5 Jam), Start 08.30
Senin, 19
Maret 2012
Dihari senin yang sendu (habis hujan) saya
berangkat dari rumah sekitar jam 6.10 pagi. Kemudian stelah absen dulu dikantor
saya kemudian mengantarkan bunda dulu ke kantornya dan kemudian langsung
berangkat menuju Komdak. Rute yang saya ambil Cikini-Imam Bonjol-
Kuningan-Sudirman. Alhamdulillah jalur yang saya ambil bener, kondisi jalan
tidak terlalu macet. Kalau saya melewati gatot subroto ampun deh bakalan macet.
Komdak dan Koordinat Gogle (-6.222998,106.813049) |
Hanya dibutuhkan 30 menit dari Cikini ke Komdak.
Setelah memarkirkan Chelsea
di area parker motor saya langsung menuju “Gedung Biru” alias Gedung Direktorat
Lalu Lintas yang gedungnya warna biru.
Denah Gedung Biru |
- Mengambil Nomor Antrian.
Dokumen
yang harus dipersiapkan :
·
Tidak ada (ambil nomor saja)
Setelah melewati pemeriksaan metal ditektor
langsung ambil ke kiri disana ada petugas yang berdiri didepan mesin nomor
antrian. Bilang saja mau ngambil BPKB. Kita nantinya akan diberikan nomor
antrian. Setelah menerima nomor antrian. Kemudian kita persiapkan dokumen yang
saya sebutkan diatas. Steples semua dokumen itu menjadi satu dengan nomor
antrian. Setelah itu kemudian pergilah ke loket yang berada disebelah kanan
dari pintu masuk.
2. Menyerahkan Berkas ke petugas loket pengambilan
BPKB
Dokumen
yang harus dipersiapkan :
·
Tanda terima pengambilan BPKB
·
Fotokopi KTP
·
Nomor antrian
Pada saat saya sampai diloket saya melihat orang
ngumpul aja didepan loket sedangkan petugasnya sibuk mencari BPKB untuk
diserahkan. Dokumen dan nomor antrian harap distreples supaya tidak tercerai
berai. Saat itu orang-orang langsung menyerahkan semua tanda terima bnerikut
antrian kepada petugas dan tidak berdasarkan nomor urut. Pesan saya ambil aja
nomor urut supaya tidak diomelin pak pulisi.
Setelah menyerahkan dokumen untuk mengambil BPKB
itu kemudian kita dipersilahkan untuk menunggu untuk dipanggil berdasarkan nama
yang tertera pada BPKB. Jadi pasang mata dan dan telinga supaya nama kita tidak
kelewat sewaktu dipanggil.
Tidak beberapa lama nama saya dipanggil dan saya
bergegas menuju loket. Di depan loket kita nanti ditanya beberapa pertanyaan
oleh petugas, mungkin mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Tapi semua
pertanyaan ya tentang isi BPKB itu hehehe. Setelah menjawab semuanya, pak
petugas menyerahkan BPKB kita dan kita akan disuruh mengisi buku serah terima.
Sebelum meninggalkan kantor tersbut disarankan
untuk memeriksa dengan teliti semua data yang telah dirubah, takutnya ada
kesalahan. Kalau ada kesalahan bisa langsung dikoreksi disana. Berhubung data
perubahan saya tidak ada yang salah, saya dengan napas lega menuju parker motor
untuk kembali ke kantor.
Alhamdulillah satu lagi pekerjaan yang didalam
pikiran rumit ternyata tidak.
Biaya yang harus
dikeluarkan hari keenam Rp. 1.000 dengan perincian :
o
Uang parkir 1rb
Jadi sekarang kita tinggal mentotal semua
pengeluaran yang telah saya keluarkan :
· Biaya yang harus
dikeluarkan hari pertama Rp. 192.000
· Biaya yang harus
dikeluarkan hari kedua Rp. 12.000
· Biaya yang harus
dikeluarkan hari ketiga Rp. 33.000
· Biaya yang harus
dikeluarkan hari keempat Rp. 385.000
· Biaya yang harus
dikeluarkan hari kelima Rp. 83.500
· Biaya yang harus
dikeluarkan hari keenam Rp. 1.000
Total keseluruhan biaya yang telah saya
keluarkan dalam pengurusan mutasi kendaraan bermotor saya adalah : Rp.
706.500,-
Sebenarnya biaya tersebut hanya Rp. 626.500,-, tapi
berhubung akibat kesoktahuan saya maka biayanya menjadi mebengkak.
Tapi biaya itu masih lebih murah disbanding dengan
menyerahkan kepada orang lain yang biayanya menjadi duakali lipat lebih. Jadi
tinggal pilih mana hemat tapi sibuk atau mahal tapi santai. Itu kembali kepada
anda semua…… saya hanya membagi cerita saja.
56 komentar
Makasih mas Infonya sangat berguna sekali, kebetulan saya juga mau mutasi sekalian balik nama.
BalasHapusTerima kasih kembali mas. Mudah-mudahan semua urusan cepat selesai.
HapusKalaU tinggal nulis alamat yang baru di bpkb itu dimana yha mas (alamat lengkapnya mas) 😄😄😊
BalasHapusMaksudnya gimana ya mas? Kalau yang nulis alamat di BPKB ya orang samsat bekasi mas. Karena saya KTP Bekasi kota. Nanti disesuaikan dengan alamat lengkap mas.
HapusKalau tinggal nulis alamat yang baru di bpkb itu dimana yha mas (skalian alamatnya yha)
BalasHapusMaaf kalau tadi pertanyaan belum muncul karena semua comment saya moderasi terlebih dahulu.
HapusKalau tinggal nulis alamat yang baru di bpkb itu dimana yha mas (skalian alamatnya yha)
BalasHapusSama dengan yang diatas kan?
Hapusklo mau mutasi bekasi ke jakarta gimana ya...tpi stnk ilang ada surat keilangan dari polisi...
BalasHapusProsesnya sama dengan yang saya ceritakan diatas bedanya ini kebalikan sedangkan kalau hilang. Mungkin bisa ditanyakan lebih lanjut dikantor samsatnya. Atau bisa juga buat STNK pengganti cuma kena 50rb kalau di bekasi....
Hapuskalo saya lebih memilih serahkan ke org lain yg penting tau beres tanpa ribet2 ngurusinnya,, ya sebandinglah tuk org tersebut kasih aja 150rb atau 200rb
BalasHapusKalau mutasi kayanya ga ada yang seharga itu deh. Silahkan cek. Semua tergantung orangnya. saya memang ingin tahu cara pengurusan mutasi sendiri... Karena moto saya, kalau bisa urus sendiri kenapa diurusin orang lain
HapusGood, Exprience is the teacher. thanks for the info, visit us also to http://jasapenyewaanpartisi.blogspot.com/ or http://moelyhadjati.blogspot.com/
BalasHapussaya salut dengan perjuangannya mas. Kebetulans aya mau mutasi dan BBN dari jakarta timur juga ke bekasi kab. kalo denger ribet kayak gini jadi ngeper juga ngadepinnya. tapi kalo ke biro mahalnya minta ampun. kalo sendiri ribet sama bingung.
BalasHapusyang penting mudah-mudahan dapet duit aja dulu deh. biar lancar baya sendiri atau lancar bayarin orang. hehhe
CATATAN PENDEK BLAZER HITAM
kalau mutasi biayanya besar baik ngurus sendiri atau diurusin. bener mas ngumpulin duit aja duu hehehe. Tapi prinsip saya sekarang kalau bisa diuurus sendiri kenapa orang lain yang ngurus kecuali ada hal yang mendesak.
HapusKarena lewat Biro Jasa mahal (mintanya 1 jt lebih) akhirnya Ane nekad Gan.
BalasHapusBerbekal Cek Fisik Bantuan dari Jawa, tanggal 12 Agustus 2015 saya meluncur ke Samsat Kebon Nanas sampai Jam 7.45 WIB (dari rumah kakak Bekasi habis Adzan Subuh naik KRL sampai Jatinegara {2 rb} turun terus naik angkot 06A {4 rb) turun pas depan Samsat Kebon Nanas), clingak-clinguk sebentar cari tempat cek fisik untuk legalisir nunggu 5 menit jadi {gratis} terus kelantai 2 loket no.5 masukin berkas diteliti sama petugas diberi tanda terima berkas diambil 1 bl. lagi, selesai sekitar jam 09.30 WIB, terus pulang kerumah kakak lagi ke Bekasi, sorenya kembali ke Jawa. Semoga urusan saya ini lancar Ya Allah..........
Kalau memang masih bisa diurus sendiri kenapa harus orang lain. Semoga lancar ya pak/ ibu urusannya.
HapusMakasih infonya om. Sebenernya ada yg kurang, akan lbh detail kalau ditulisin jenis motor & tunggakan pajak ( kl nunggak ). Tp oberall oke, tercerahkan. Jd semangat buat mutasi huehe
BalasHapusTerima kasih atas masukkannya. Disini saya hanya menceritakan pengalaman saya dalam mutasi. Untuk jenis motor saya pikir itu tidak terlalu penting, karena yang penting proses dalam melakukan mutasi itu yang menjadi poin utama.
HapusLah saya share buat STNK loh.......
BalasHapusWaduhh tdnya mau ngelempar ke orang dengan niatan terima beres. Tp harga bisa 2x lipat mending urus sendiri. Nentuin waktunya nih yg agak susah, nyelipin waktu smbil kerja. Mau nanya om, misalkan sudah ditentukan hari Rabu utk dateng lagi, gpp kah kl dateng hari Kamis atau Jumat? Ga sesuai dgn hari yg diminta.
BalasHapusTerima kasih
Klo mau urus bbn dr jakarta kebekasi kota skrng lah saatnya. Lg ada pemutihan. Saya kmrn tanggal 26 november 2016 cabut berkas disamsat jaktim hbs cuma 77rb, mutasi kebekasi kota. Pemutihannya berlaku sampai akhir bulan ini dibekasinya dan 24 desember disamsat jaktim. Yg kena denda dan yg mau mutasi biayanya administrasibpokok aja gabada embel2. Point utama prisedur diatas btl dan cerah sekali prosedurnya. Tpi untuk pengurusan mutasi dan bayar pjk atas nama sendiri ya. Klo namanya orang lain ga tau deh dibisnisin apa ga sama petugas samsatnya.
BalasHapusTerima kasih atas informasinya....
HapusBang mau nanya, habis kita nyerahin berkas ke loket mutasi pas di samsat jakarta timur, trus kan kita di kasih tanda bukti pengambilan setelah 5 hari kerja. Nah pas itu juga dibalikin lagi gx bpkb nya..
BalasHapusKlox saya cuma dikasih tanda bukti itu beserta fotocopi stnk ma bpkb berlegalisir aja. Asli nya gx
Ya iya mas. Kan proses terakhir ngambil BPKB. Kemaren tidak ditanya aslinya kemana?
HapusNggk bang.. Kirain emang gk dikasihdikasih. Soalnya baru pertama kali ke saWaduh.
HapusWaduh klox udh gitu gmn ya
Ini saya mau confirm lagi. Ini udah balik setelah 5 hari kan ya? Kalau kembali kedua saya diberikan BPKB yang asli. Tinggal serahkan bukti pengambilan saja.
HapusNyerahin bukti pengambilan di loket apa bang.. Trims
HapusDiatas kan Ardi bilang kalau dikasih tanda bukti untuk pengambilannya. Ya itu yang dipakai untuk mengambil BPKB-nya.
Hapusinfonya sangat buat yang mau mengurus sendiri berguna pak Sonny,.... sy sedang proses mutasi abis beli kendaraan dari Jakarta barat dan sudah selesai hingga ambil plat nomor di samsat kab Bekasi, selanjutnya mau ke poldametro untuk melakukan perubahan nama pemilik dan alamat pada BPKB, kalau gitu harus bayar yg BRI itu ya pak? prosesnya 9 harian? - dari hanif cikarang
BalasHapusMaaf baru bales. Bener pak harus bayar ke BRI
HapusSama ini dgn kasus sya..td sdh selesai semua trkahir dr samsat jakbar..
HapusSaat ini (besok) tinggal ke samsat kab.bekasi..
Setelah itu br ke komdak buat ubah nama di BPKB ya om sony..?
Thx penceranhannya...
Sama kasusnya. Seperti yg saya alami sekarang.
HapusPak saya mau mutasi motor bekasi kota ke jakarta timur. Nah plat depan kan sama2 B, untuk plat nomor belakangnya, apakah nanti berubah? Misal kalo motor bekasi "K", jakarta timur "T"
BalasHapusBukan belakangnya aja tapi nomornya juga berubah.
HapusMas Sony Irawan, kasusnya sama dengan yang saya alami Mas. Bedanya hanya dipersyaratan (E.KTP)saja. Saya menggunakan Surat Keterangan dari DUKCAPIL menerangkan bahwa saya sudah berdomisili di Bekasi. (Ada ttd pejabat daerah). Rencana besok pagi Senin, 1 Juli 2019 mau ngurus ke Samsat Jaksel (Komdak).STNK berakhir bulan ini tgl 7 juli 2019.mohon advisnya mas Sony barangkali bisa membantu saya ngurus besok.
HapusTerima kasih banyak ya mas.
Bila tidak merepotkan ini nmr WA saya 08129255 3224.
HapusBila tidak merepotkan ini nmr WA saya 08129255 3224.
HapusMas Sony Irawan, kasusnya sama dengan yang saya alami Mas. Bedanya hanya dipersyaratan (E.KTP)saja. Saya menggunakan Surat Keterangan dari DUKCAPIL menerangkan bahwa saya sudah berdomisili di Bekasi. (Ada ttd pejabat daerah). Rencana besok pagi Senin, 1 Juli 2019 mau ngurus ke Samsat Jaksel (Komdak).STNK berakhir bulan ini tgl 7 juli 2019.mohon advisnya mas Sony barangkali bisa membantu saya ngurus besok.
HapusTerima kasih banyak ya mas.
Mas Sony Irawan, kasusnya sama dengan yang saya alami Mas. Bedanya hanya dipersyaratan (E.KTP)saja. Saya menggunakan Surat Keterangan dari DUKCAPIL menerangkan bahwa saya sudah berdomisili di Bekasi. (Ada ttd pejabat daerah). Rencana besok pagi Senin, 1 Juli 2019 mau ngurus ke Samsat Jaksel (Komdak).STNK berakhir bulan ini tgl 7 juli 2019.mohon advisnya mas Sony barangkali bisa membantu saya ngurus besok.
HapusTerima kasih banyak ya mas.
Mas klo klo yg diceritain diatas cuma mutasi tanpa balik nama y?
BalasHapusKlo sy mao mutasi dari jakbar ke bekasi kota sekalian ganti nama apa biayanya jadi lebih besar? Kira2 berapa y mas
Mas klo klo yg diceritain diatas cuma mutasi tanpa balik nama y?
BalasHapusKlo sy mao mutasi dari jakbar ke bekasi kota sekalian ganti nama apa biayanya jadi lebih besar? Kira2 berapa y mas
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMas yg budiman, saya kan sedang memproses mutasi masuk motor dari Depok ke Bekasi. Nah, semua berkas sudah saya berikan ke bagian loket perubahan identitas utk motor dan setelahnya, saya diberikan secarik kertas yg distempel yg intinya saya harus kemari lagi lusa. Proses setelahnya apa ya mas?
BalasHapusTerima kasih sebelumnya mas
HapusKalau sudah diberikan secarik kertas itu kan tinggal melakukan pengambilan BPKBnya lagi saja...
HapusMantap
BalasHapusTerima kasih atas kunjungannya ke blog keluarga kami...
HapusSy beli motor second plat jakarta mau mutasi ke bekasi sekalian balik nama,apakah ktp yg punya motor aslinya di sertakan juga??
BalasHapusSaya mau mutasi dari kerawang ke cikarang tapi nama sendri kan sama2 jawa barat kira2 habis biyaya berapa ya? Cuma pindah alamat ...terima kasih mohon infonya
BalasHapusKurang lebih sama dengan diatas....
HapusHadeehh tujuan mutasikan biar kita mudah bayar pajak, knp jd ribet begini, kita mau mau ngasih uang ke negara loh bkn mau korupsi
BalasHapusNanya mas.. Di jaktim kan hasil cek pisik di legalisir,, nah lalu di bekasi di legalisir lagi mksdnya di surat yg sama dari jaktim atau form baru dari bekasi yg di legalisir?
BalasHapusKalau ga salah ini dokumen yang sama....
HapusSangaaaat bermanfaaat dan membantu sekali info nya pak....sy jd lebih ngerti,kebetulan td sy habis urus mutasi di samsat kbn nanas,tp blm selesai karna habis wktu,rencana mau pindah bekasi.oya pak blh minta no wa nya ada yg mau sy tny kan lagi karna masih bingung ,baru urus pertama kali
BalasHapusMau tanya, kalo motor yg saya beli sebelumnya terdaftar di jakpus apakah setelah balik nama ke jaktim akan terdaftar di jaktim atau tetap di pusat? Dan plat nya akan tetap pusat atau berubah menjadi plak jaktim?
BalasHapus