Mamasang Peredam Panas di Suzuki Ertiga

4:25:00 PM


Kali ini saya ingin berbagi mengenai pemasangan peredam panas di kendaraan Suzuki Ertiga Doble Blower. Tujuan pemasangan peredamam ini adalah untuk mengurangi panas pada cabin sewaktu mobil dijemur diterik matahari (siang bolong).

Sebenarnya ertiga sendiri sudah dilengkapi dengan peredam panas tapi hanya terpasang dibeberapa tempat. Untuk itu saya ingin memasang peredam panas tambahan di plafon mobil kami sekeluarga.
Peredam panas yang dijual sangat bermacam material dan beragam harganya. Dari yang murah sampai yang mahal. Sedangkan materialnya ada yang Busa ditambah alumunium foil dan aja juga aspal plus alumunium foil, bahkan ada yang tiga bahan digabungkan sekaligus (aspal busa dan alumunium foil). Sebenarnya aspal cenderung kepada peredaman suara sedangkan busa dan alumunium foil ke peredaman panas. Saya sendiri disini hanya memilih peredam panas busa dan alumunium foil saja. Entah kenapa saya lebih cenderung memilih bahan ini. Ini sebenarnya tergantung kebutuhan saja. Bisa dipakai yang aspal.

Bahan peredam saya beli di toko karet mobil didaerah sawah besar. Tepatnya di gedung muzatek. Perlembarnya saya beli 50k dengan ukuran 100 cm x 120 cm.

Adapun perlengkapan yang dibutuhkan dalam memasang peredam panas ini adalah, sebagai berikut :
  • Busa peredam panas  (2 lembar)
  • Alumunium tape
    Alumunium Tape (Rp. 35.000)
  • Obeng (screwdriver) +/ Plus
  •  Cutter
Cutter

  •  Ornament remover
Ornament Remover

  • Obeng (screwdriver) – kecil

Obeng kecil

  • Obeng getok (shock driver) kalau dibutuhkan)
Shock Driver

  • Kunci socket 14
Kunci 14


Untuk langkah pemasangan peredam panas ini sebenarnya susah-susah gampang. Yang perlu diperhatikan adalah kebersihan tangan melepaskan atau mengeluarkan plafon (kalau sudah dilepas). Langkahnya adalah:
  • Untuk pelepasan dibagi dalam beberapa langkah:

-          Kita memulai dari bangku paling depan, Yang perlu dilepaskan adalah:
a.       Lepaskan karet pintu hanya setengah bagian saja tidak perlu sampai bawah.
b.     Sunvisor sisi pengemudi dan sisi penumpang. Untuk melepaskan sunvisor ini lepaskan baut penahan kemudian dorong kearah belakang untuk melepaskan dan tarik keluar. Sedangkan untuk holder bagian tengah cukup di putar kekiri sedikit dan ditarik keluar.
Sunvisor sebelum dilepas

Sunvisor sesudah dilepaskan
c.       Kaca spion tengah. Dilepaskan dengan cara melepas cover penutup baut dan kemudian lepaskan duat baut penahan diplafon.

Lepas penutup baut dan lepaskan kaca spion
d.      Handle disisi penumpang. Dilepaskan dengan cara menggunakan obeng (-) kecil untuk mencongkel pengunci, kalau pengunci sudah keluar tarik keluar dibagian kiri dan kanan.
Handle
e.      Safety belt kiri dan kanan. Dilepas dengan cara menarik keluar covernya dan kemudian melepas baaut dengan kuncisocket 14.
Seatbelt
f.        Melepaskakan rumah lampu depan dengan cara menarik kebawah.
Lampu cabin
g.       Lepaskan karet pintu hanya setengah bagian saja tidak perlu sampai bawah.
h.      Lepaskan Pilar A dengan cara menarik.
Pilar A LH

Pilar A RH
i.         Lepaskan Pilar B bagian atas dengan cara menarik.

Pilar B 
-          Bangku Tengah, Yang perlu dilepaskan adalah:
a.       Lepaskan karet Pintu hanya setengah bagian saja.
b.      Kisi-kisi ac. Delepas dengan cara ditarik keluar.
Sebelum dilepas
Sesudah dilepas
c.      Handle kiri dan kanan. Cara membuka sama dengan Handle sisi depan dan kemudian lepas socketnya.
d.   Klip (2 buah). Berada disisi plafon. Dilepas dengan cara dicongkel menggunakan ornament removal dan kemudian ditarik kebawah.
e.  Safety belt kiri dan kanan. Dilepas dengan membuka cover penutup kemudian membuka baut dengan kunci socket 14.
f.        Lepaskan Pilar C sampai kebelakang.

-          Bangku Belakang, yang dilepas adalah:
g.   Handle kiri dan kanan. Dilepas dengan cara, melepaskan 2 buah baut. Jika keras gunakan shock driver (obeng ketok)
Handle belakang
h.   Klip (2 buah). Berada disisi plafon. Dilepas dengan cara dicongkel menggunakan ornament removal dan kemudian ditarik kebawah.
i.   Safety belt kiri dan kanan. Dilepas dengan membuka cover penutup kemudian membuka baut dengan kunci socket 14.
Seatbelt terlepas  
j.   Melepaskan rumah lampu belakang dengan cara menarik kebawah menggunakan ornament remover.
  •     Keluarkan plafon dengan berhati-hati kearah belakang mobil. Semua bangku di tidurkan terlebih dahulu, sehingga memudahkan pengeluaran plafon. Sebelum mengeluarkan plafon sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu supaya tidak mengotori plafon

    Keluarkan plafon
  •  Pasang peredam di plafond kemudian berikan alumunium tape pada bagian yang tidak bisa dilapisi dengan peredam. Pasanglah peredam serapi mungkin
Memasang didepna

Masih didepan

Hasil pemasangan setelah selsesai

  • Masukkan kembali plafon kedalam mobil. Sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu supaya tidak mengotori plafon.
  •  Memasang kembali komponen yang telah dilepas tadi pada urutan no.1.
  • Semoga berhasil
  • Untuk mengetahui kalau peredam panas bekerja, sebaiknya pada saat mobil belum dipasang peredam diukur temperaturnya pada saat dijemur panas terik dan kemudian dibandingkan dengan setelah dipasang peredam dan rasakan bedanya.

Semoga tulisan saya ini berguna.

You Might Also Like

12 komentar

  1. waahh.. lama ga posting,sekali posting ilmu banget...ne sepertinya utk persiapan touring lebaran tahun ini ya om sony..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah om. Masih ada beberapa yang belum saya posting. Lagi males nulis hehehe.... Seperti memasang sen spion, auto up modul dan liburan ke jogya....

      Hapus
  2. wahhh... udh numpuk bahannya,siap ditunggu tulisannya om...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap om mudah-mudahan bisa kelar sebelum lebaran soalnya sudah lebaran bakalan nambah lagi ceritanya hehehe...... apalagi mudik.

      Hapus
  3. Makasih om tips nya
    Sangat detail
    Saya rencana mau pasang peredam panas juga
    Untung ketemu tulisan om ini
    Bisa dikerjakan sendiri nggak harus ke bengkel
    Ditunggu tulisan yg lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih om Yuddy.... Paling keringet dikit kok om. tapi kalau dikerjakan sendiri hasilnya sangat puas. Terutama disisi kerapian. Juga harga lebih murah. Untuk pemasagan ini saya hanya mengeluarkan uang sekitar 150rb saja.
      Tulisan saya yang lain bisa dilihat dipostingan saya sebelumnya. mulai dari pemasangan sen spion, penambahan charger socket, Modifikasi DVB. Semua dipasang di unit Ertiga yah... Semoga berhasil. Kalau perlu bantuan saya siap membantu kalau deket rumah kita mah....

      Hapus
  4. Salam kenal pak Sony Irawan
    Mobil saya juga Ertiga GX, tahun 2013.
    Ketika diukur suhu kabin sebelum dan sesudah dipasangi peredam panas di plafon ini berapa pak?

    BalasHapus
  5. Perbedaan suhunya bagaimana pak, sebelum dengan setelah pemasangan...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ini saya hanya pakai perasaan pak mengukurnya soalnya themometernya tidak punya. Tapi setelah dijemur lama sekarang sumber panasnya hanya bersumber dari kada depan sebagian besar.

      Hapus
  6. beli peredam panas nya dimana om

    BalasHapus
  7. Kalau untuk pemasangan atap/plafon mobil all new ertiga kira kira butuh berapa lembar alumunium foil ya om, saya niat mau pasang tp rencana mau beli bahan nya dulu alias ngecer, rencana lantai mau saya kasih peredam automat dan kira2 butuh berapa lembar juga ya om automatnya, semoga di jawab pertanyaan saya ini, terima kasih sebelumnya 🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau lantai saya belum tambah automat om. cuma plafon aja. kalau berapanya itu tergantung luasan yang tersedia. diitung aja dulu luasan atapnya dan cari deh foilnya.... kalau saya dl lupa hehehe

      Hapus

Like us on Facebook

Flickr Images