Balik Nama Rekening PLN, Telepon dan PBB

4:09:00 PM

Sebenarnya sudah lama saya ingin menuliskan cerita ini murni untu berbagi informasi buat yang beli rumah seken seperti saya. Setelah membeli rumah seken tentu rekening listrik, PBB dan telepon masih atas nama pemilik lama. Sebagai pembeli dan pemilik yang baru tentu saja kita yang lebih berhak nama dicetak pada rekening tersebut.

Untuk melakukan balik nama pada rekening listrik, telepon dan PBB, saya harus mengambil cuti khusus, soalnya saya harus mengurus ke tiga tempat sekaligus.

Balik Nama Rekening PLN
Pertama datangi kantor PLN terdekat, dimana untuk rumah saya kantor PLN terdekat yaitu di daerah

Lokasi Kantor Pelayan PLN


Kantor Layanan Pondok Gede
Alamat          :    Jl. Raya Jatimakmur No.150, Jakarta 17400
Telepon        :    (021) 8488385, 8488386 / Fax. (021) 8488387
E-mail           :    http://pondokgede@plnjaya.co.id
Untuk balik nama ini yang dibutuhkan adalah (kalau tidak salah):
  1. Rekening Bulan sebelumnya (asli)
  2. Akte Jual Beli rumah
  3. KTP asli & copy
  4. KK & KTP copy (jika rumah atas nama istri)
  5. Uang (kalau daya dirumah saya 1300 watt dibutuhkan uang sekitar 50rb-100rb, kira-kira segitu,saya lupa)

Langkahnya, pertama kita datangi counter untuk balik nama dan oleh karyawan atau karyawati kita akan disuruh untuk mengisi formulir (kadang mereka yang nolongin isi).
Selanjutkan kita akan disuruh bayar uang administrasinya ke Bank (disebelah PLN ada Bank Bukupin). Setelah selesai kita kembali lagi ke counter tadi untuk menyerahkan bukti bayar.

Setelah itu kita akan diinformasikan dalam jangka waktu 1-2 bulan nama pada rekening listrik akan menjadi atas nama kita.

Kalau rumaha atas nama istri maka rekening listrik akan diubah jadi atas nama istri.
Untuk proses ini dibutuhkan sekitar 30-60 menit (berdasarkan pengalaman saya).

Balik Nama Rekening Telepon
Untuk proses balik nama rekening telepon ini lebih cepat dari PLN tapi antrinya lebih banyak. Jadi nunggu lebih lama. Walau saya tinggal diaerah Bekasi tapi telpon terdaftar di Jakarta Timur.

Lokasi Plaza Telkom Jakarta Timur
Plasa Telkom
Jl. DI. Panjaitan Kav. 42 Prumpung, Jakarta Timur
Jakarta Timur 13350
Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Terpaksa saya membalik ama di Prumpung (Kantor telepon Jakarta Timur). Untuk Sayaratnya kurang lebih hampir sama dengan balik nama rekening PLN.
(kalau tidak salah):
1.      Rekening Bulan sebelumnya (asli)
2.      Akte Jual beli rumah
3.      KTP asli & copy
4.      KK & KTP copy (jika rumah atas nama istri)
5.      Uang untuk balik nama (ga mahal kok, tapi saya lupa jumlahnya)

Untuk urutan proses balik namanya kita harus antri di counter sambil menunggu nomor antrian kita dipanggil. Kalau prosesnya sendiri hanya dicounter ini sama termasuk pembayaran. Nanti juga kita bisa minta ganti nomor (kalau tersedia bisa dipasangkan). Nah untuk pembayarannya nantinya bisa jadi ada dua nama yang keluar dengan satu nomor. Nama yang lama atas nama pemilik lama dan baru. Kita nantinya akan diminta membayar langsung ke kantor telepon.

Untuk rekening telepon bisa atas nama suami walaupun rumah atas nama istri.
Untuk proses ini dibutuhkan sekitar 30-60 menit (berdasarkan pengalaman saya).

Balik Nama PBB
Balik nama PBB kita harus datang kekantor Pajak dimana rumah kita tercakup. Untuk rumah saya berada di Kantor Pajak Bekasi Selatan.

Lokasi KPP Pratama Bekasi Selatan 
KPP Pratama Bekasi Selatan
Jl. Cut Mutia No. 125
Telp. (021) 88346418, 88346441

Persyaratanya juga hampir sama dengan yang lainnya:

1.     Bukti bayar PBB (asli)
2.     Akte Jual beli rumah
3.     KTP asli & copy
4.     KK & KTP copy (jika rumah atas nama istri)
5.     Tidak ditarik uang untuk balik nama.

Kita tinggal antri pada counter yang mengurus PBB dan kemudian menyerahkan semua dokumen yang diminta. Biasanya ada fotokopi yang diminta, disini kita harus keluar kantor buat fotokopi soalnya fotokopi dikoperasi pajak rusak.

Biasanya kita disuruh datang lagi untuk mengambil dokumen yang mana tanggalnya ditentukan oleh petugas pajak.
Untuk proses ini dibutuhkan sekitar 30-60 menit (berdasarkan pengalaman saya).

Semoga Berguna

You Might Also Like

33 komentar

  1. thx ya pak Azra dan Keluarga...sangat ngebantu sekali informasinya..

    salam Anna

    BalasHapus
  2. Sama-sama pak. Ini posting udah lama pengen saya publish tapi karena satu lain hal lupa hehehe. Isi kurang lebih sama dengan pengalaman saya.

    BalasHapus
  3. informasi tentang balik nama sangat kompleks,,
    dan memudahkan saat terjadi balik nama,,
    makasih infonya,,

    BalasHapus
  4. Emang ternyata balik nama PBB, Listrik dan telkom tidak sesulit yang dibayangkan.

    BalasHapus
  5. Informasinya bermanfaat sekali, mulai dari pelunasan kpr hingga bbn PBB... komplit... mudah2an blognya terus diupdate... tetap semangat ya! :)

    BalasHapus
  6. Aduh maaf baru ketemu ini passwordblognya jadi baru bisaupdate, Lagi terima kasih sudah berkunjung mudah-mudah saya bisa nambahin posting

    BalasHapus
  7. terima kasih banyak buat infonya...

    BalasHapus
  8. Trims infonya mas Azra, info terakhir dari layanan 123 PLN untuk proses balik nama rekening PLN tidak dipungut biaya, disampng itu operatornya berpesan agar tercipta PLN bersih mohon tidak memberi tip kepada petugas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga ga diminta tip kok cuma biaya apa gitu tapi ada kuitansinya kok... ga tau kalau sekarang.

      Hapus
    2. syukron jiddan, alhamdulillah KOMPLIT.......!!!

      Hapus
    3. Saya tadi 30Okt-2019, mau ganti nm rekng PLN, setelah 31 thn seblmnya a/n pemilik lama.
      Tetapi setlh berkas lengkap, sy disodori surat dan ada biaya UJL, Uang Jaminan Langganan, 231Ribu rph, SAYA PROTEST.!!Ini uang utk apa, sy debat, petugas tdk bisa jelaskan dg jernih, clear, dan masuk akal?.. Akhirnya dia akan teruskan protes saya ke Boss nya..dicatat no.HP+Nomor tlp rmh, saya plg dg minta kembali berkas surat2 saya.. Ktnya mau dihub.lagi???

      Hapus
  9. Thanks info nya sangat membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mudah-mudahan bisa cepat selesai urusannya.

      Hapus
  10. idem..... yah dengan yang diatas

    BalasHapus
  11. mau nanya donk, kalau untuk balik nama pbb. apakah harus menunggu rumah lunas dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga perlu mbak kan ada akte Jual Beli dari Bank. Itu bisa dipakai sebagai dasar kalau rumah itu sudah milik kita. Diatas saya menuliskan Sertipkat jual beli bukan sertipikat rumah. Semoga jawaban saya bisa membantu.

      Hapus
  12. sangat bermanfaat... thank u..

    BalasHapus
  13. Hello mbak, apakah harus bawa akte jual beli yang asli atau photocopy saja? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawa yang asli mbak. dan jangan lupa diphotokopi.

      Hapus
  14. PAK MAU TANYA KALAU ALAMAT RUAMH DI SEKIAR BEKASI... KPP PRATAMA NYA DI KPP CUTR MEUTIA YA PAK... INI PERUHAL BALIK NAMA PBB PAK.. MAKASIH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sekali pak... di Cut Mutia... kalau Balik Namanya...

      Hapus
  15. Terimakasih atas informasinya Azra 🙏
    Kalau balik nama listrik dimana yaa lokasi rumah ada di perumahan griya asri 1 sumberjaya,tambun selatan ...

    BalasHapus
  16. Saya mau tanya pak,jika pedo listrik saya,dulu atas nama saya tp saya balik nama atas nama istri saya kira,,bisa ga pak,mohon penjelasanya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau itu mah ga usah pak... ngapain juga dibalik nama. Masih satu keluarga ini...

      Hapus
  17. Kami sarankan kepada PLN supaya cara pergantian nama pemilik rekening listrik atau pergantian nama pemilik kilometer listrik kepada nama pemilik sebenarnya,agar dibuat aja secara online supaya lebih mudah kepada masyarakat terutama yang tinggal jauh dari kota

    BalasHapus
    Balasan
    1. PLN sudah ada aplikasinya tapi mungkin belum lengkap. atau saya belum tahu. Sebaiknya hubungi 123 apabila ingin mengetahui informasi lengkapnya

      Hapus
  18. Kami punya kilometer listrik juga didaftar dengan nama orang lain dan kami rancang untuk menukar kepada nama saya atau nama istri saya supaya nantinya tak menjadi beban dimasa hadapan,tapi itulah klau bisa ganti secara online kan lebih gampang diurus gitu tinggal klik aja hp atau laptop/computer,sdah selesai,sekarang zaman digital,harus pakai sistim modern semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak pertimbangan PLN kali pak.... salah satunya biaya

      Hapus

Like us on Facebook

Flickr Images